Cita-cita apa yang cocok untuk jurusan IPS? Pertanyaan semacam ini sering dilontarkan oleh mereka yang hendak mengambil jurusan ilmu pengetahuan sosial. Pada waktu kita duduk di kelas 1 SMA, maka sejak saat itulah dilakukan pembagian jurusan.

Ada siswa yang mengambil jurusan IPA,  Bahasa, atau IPS SMA. Pada waktu mereka meneruskan untuk kuliah maka kebanyakan jurusan kuliah yang dipilihnya sesuai jurusan yang dipilih saat SMA.

Untuk menentukan cita-cita tidaklah sembarangan. Seseorang harus melihat akan kemampuan serta sumber daya dan passionnya. Ada seseorang yang bakat menulis dan menyukai dunia menulis maka ia bisa bercita-cita menjadi penulis. Lalu ada pula anak yang hobi bernyanyi dengan suaranya yang merdu maka ia boleh bercita-cita menjadi penyanyi internasional. Begitu juga anda bisa memiliki cita-cita berdasar hobi dan minat anda.

Anda bisa mengetahui dengan mudah daftar cita-cita dan profesi yang cocok bagi kalangan anak IPS. Pekerjaannya relatif gampang dengan gaji yang lumayan tinggi. Bagi anda yang memilih jurusan IPS dan memiliki suatu cita-cita sesuai jurusan yang anda ambil langkah selanjutnya adalah berburu dengan waktu memujudkan cita-cita tersebut.

Cita-cita Apa yang Cocok Untuk Jurusan IPS

Setiap orang mempunyai cita-citanya sendiri. Sebuah cita-cita hanya sebatas impian jika tidak diwujudkan dengan usaha dan kerja keras. Untuk mewujudkan cita-cita membutuhkan jalur dan strategi tertentu. Bagi anda yang memilih jurusan IPS tentunya mempunyai cita-cita. Lalu cita-cita apa yang cocok untuk jurusan IPS?

cita-cita yang untuk jurusan IPS

Cita-cita bagi mereka yang memilih jurusan IPS tentunya tidak kalah keren dengan cita-cita kalangan IPA. Dalam beberapa kasus cita-cita anak IPS lebih menjanjikan dan lebih besar gajinya dari anak IPA. Berbagai jenis pekerjaan siap ditempati oleh mereka yang masuk dalam jurusan IPS.

Baca juga Rangkuman Pelajaran IPS Kelas 6 Kurikulum 2013

Setiap orang punya cita-cita. Kita ingat waktu kecil sering ditanyakan cita-cita mau menjadi apa? Ada banyak jenis profesi dan pekerjaan yang kita sebutkan dan dinilai bergengsi di masyarakat.

Yang paling umum adalah cita-cita menjadi guru, pilot, dokter, insinyur dan lain sebagainya. Diantara cita-cita itu mungkin ada banyak orang yang sudah bisa mewujudkannya dan masih banyak lagi orang yang mengejar cita-cita tersebut.

Alasan Memilih Jurusan IPS

Apa itu jurusan IPS SMA? Pada waktu anda telah lulus dari sekolah menengah pertama (SMP) dan hendak memasuki sekolah SMA maka yang perlu dipikirkan saat hendak masuk SMA adalah memilih jurusan yang hendak diambil. Apakah jurusan IPA, bahasa atau IPS SMA? Semua itu harus dipikirkan secara matang disesuaikan dengan bakat dan minat serta kemampuan yang anda miliki.

Pendek kata, pembagian jurusan akan dilakukan secara spesifik pada saat siswa duduk di bangku kelas satu SMA. Ia bisa memilih jurusan IPA SMA, bahasa, maupun IPS SMA. Diantara jurusan itu yang banyak diminati adalah jurusan IPS SMA.

Salah satu hal yang paling penting dalam bersekolah di tingkat SMA adalah menentukan jurusan yang hendak diambil. Kita harus memikirkan cita-cita apa yang cocok untuk jurusan IPS. Langkah ini sangat menentukan masa depan seseorang. Sungguh akan tersiksa dan rugi jika seseorang salah dalam mengambil jurusan.

cita-cita untuk jurusan IPS

Salah dalam mengambil jurusan akan membuat seseorang tersiksa penuh selama tiga tahun sekolah di SMA. Ia akan belajar terhadap suatu bidang studi yang ia tidak menyukainya sama sekali. Oleh sebab itu, anda harus memilih jurusan yang tepat bagi anda. Misalkan memilih jurusan IPS yang harus disertai alasan kuat untuk memilihnya.

Pertimbangan yang bagus dalam menentukan jurusan di SMA adalah memilih jurusan berdasarkan bakat dan minat atau passion anda. Ini yang paling baik. Karena dengan demikian anda akan mendalami ilmu lebih spesifik atas dasar suka. Sehingga anda merasa berbahagia ketika masuk dalam juruan tersebut dan mempelajari ilmu berdasarkan apa yang anda sukai dan minati.

Alasan seorang siswa dalam memilih jurusan berbeda-beda. Setiap orang akan berbeda alasannya. Ada yang memilih jurusan IPS karena prospek pekerjaan jurusan IPS yang gajinya lebih besar dan tugas pekerjaan relatif mudah. Kemudian ada lagi yang memilih jurusan IPS disebabkan setelah lulus SMA bisa melanjutkan ke jurusan kuliah IPS yang menjanjikan.

Kelebihan Jurusan IPS SMA

Setiap jurusan di SMA mempunyai kelebihan masing-masing. Namun dalam memilih jurusan, anda harus objektif dan jangan terjebak oleh stigma-stigma negatif. Misalkan ada anggapan bahwa anak-anak jurusan IPS umumnya bodoh dan nakal. Kemudian siswa jurusan IPS prospek kerjanya tidak menjanjikan.

Anggapan salah di masyarakat terus berkembang luas menimbulkan stigma negatif bahwa anak IPA lebih baik ketimbang anak IPS. Baik dari segi sifat maupun prospek pekerjaaan di masa depan. Padahal anak IPS juga tak kalah hebat dari anak IPA.

Baca juga Cita-cita Apa yang Cocok Untuk Jurusan IPA? 

Ada sejumlah karakter atau ciri yang menjadi kelebihan anak IPS. Seperti bisa membawa diri ke arah kebaikan, kreatif, dan jago berdebat dengan untaian kalimat yang tepat.

cita-cita apa yang cocok untuk jurusan IPS

Anda jangan terpengaruh oleh omongan orang yang sifatnya negatif. Kalau anda pasionnya dalam bidang IPS maka anda bisa mengambil jurusan IPS. Apalagi mata pelajaran IPS cenderung materi pelajarannya lebih mudah ketimbang materi mata pelajaran IPA.

Untuk SMA jurusan IPS bisa memilih karir sebagai manajemen perhotelan, akuntansi, administrasi fiskal, ekonomi pembangunan, psikolog, administrasi bisnis, ilmu komunikasi dan hubungan internasional. Semua itu merupakan bagian dari pekerjaan jurusan  IPS yang gajinya besar dan menjanjikan.

Sangat rugi rasanya jika anda salah mengambil jurusan. Hal ini berdasarkan pengalaman penulis dan teman-teman penulis. Pada saat anda salah mengambil jurusan maka anda akan malas untuk belajar. Anda akan merasa tersiksa untuk belajar di kelas. Karena anda akan mempelajari mata pelajaran yang tidak anda sukai.

Dari kesalahan mengambil jurusan, langkah yang biasanya diambil oleh siswa atau mahasiswa yaitu berpindah jurusan. Berpindah jurusan tidak semudah seperti yang dibayangkan. Karena seolah semuanya seperti memulai dari nol. Tentu saja ini membutuhkan biaya tambahan dan waktu yang terbuang sia-sia.

Jadi sebelum salah mengambil jurusan, alangkah lebih baik anda berpikir secara matang dalam mengambil jurusan yang tepat. Anda bisa memilihnya berdasarkan bakat, kemampuan, minat dan passion, ataupun prospek kerja di masa depan. Dengan mengambil jurusan IPS maka anda harus mengetahui terlebih dulu cita-cita apa yang cocok untuk jurusan IPS.

Pekerjaan Jurusan IPS Yang Gajinya Besar

Untuk menentukan cita-cita yang tepat bagi mereka yang mengambil jurusan ilmu pengetahuan sosial (IPS) maka selain mempertimbangkan bakat dan minat, juga harus mempertimbangkan potensi dan passion. Apa itu passion? Sesuatu cita-cita dan pekerjaan yang membuat anda bahagia melakukan pekerjaan tersebut.

Sekarang ini sudah hal lumrah didengar bahwa mereka yang mengambil jurusan IPS dikenal sebagai anak nakal dan tidak pintar. Anggapan itu sangat salah dan hanya stigma negatif dan tak selamanya benar. Sebab banyak sekali anak-anak jurusan IPS anak baik-baik dan sangat serius dalam belajar. Semua itu kembali kepada pribadi masing-masing.

cita-cita apa yang cocok untuk jurusan IPS

Anggapan di masyarakat luas terhadap anak jurusan  IPA cenderung dinilai anak baik, pintar dan disiplin. Semua itu hanya stigma. Yang benar adalah anak-anak jurusan IPS adalah mereka yang mempunyai kelebihan dalam bidang sosial yang bisa mengalahkan kecerdasan anak IPA.

Setiap jurusan memiliki karakteristik dan jenis pekerjaan yang bisa dilakoninya. Bahkan banyak siswa yang sejak jauh-jauh hari sudah menentukan jurusan di SMA yang akan dipilihnya untuk menggapai cita-citanya. Nanti selepas lulus SMA diharapkan dapat bekerja sesuai cita-citanya atau kuliah lagi di jurusan IPS.

Lihat juga Jurusan Kuliah IPS Yang Menjamin Masa Depan

Lantas cita-cita apa yang cocok untuk jurusan IPS setelah lulus? Berikut ini cita-cita yang cocok yang bisa Anda pilih.

1.Pengacara atau Lawyer

Salah satu cita-cita yang cocok untuk jurusan IPS adalah menjadi pengacara atau lawyer atau penasihat hukum.  Profesi ini menjanjikan penghasilan besar dan di tengah masyarakat banyak contoh pengacara yang meraih kesuksesan dan kaya raya bagaikan selebritis. Seperti Hotman Paris Hutapea. Untuk menjadi pengacara maka seseorang selepas lulus SMA IPS  mengambil jurusan hukum.

2.Akuntansi

Cita-cita yang cocok berikutnya untuk  jurusan IPS adalah menjadi seorang akuntan yang bekerja membuat laporan keuangan dan mengawasinya dalam soal keuangan perusahaan. Jika anda berminat menjadi akuntan di sebuah perusahaan atau lembaga swasta atau pemerintahan maka sejak lulus IPS SMA, anda bisa melanjutkan untuk kuliah di jurusan akuntansi.

3.Jurnalis

Bagi anak jurusan IPS juga bisa mengambil dan bercita-cita menjadi profesi ini sebagai pewarta. Lulusan IPS sangat tepat untuk memilih cita-cita sebagai jurnalis atau wartawan. Untuk menjadi jurnalis, ada banyak jurusan kuliah yang bisa dipilih bagi lulusan IPS SMA . Seperti fakultas ilmu komunikasi jurusan jurnalistik.

4.Psikolog

Selanjutnya cita-cita apa yang cocok untuk jurusan IPS adalah menjadi psikolog. Lulus dari IPS SMA langsung mengambil fakultas psikologi dan profesi psikolog. Psikolog adalah profesi terhormat bergaji tinggi yang akan membantu masyarakat dalam menyelesaikan sakit mental dan batinnya. Contoh yang paling umum adalah memberikan bantuan kesehatan mental bagi mereka yang mengalami depresi atau trauma.

jurusan IPS

5.Diplomat

Salah satu cita-cita yang sering dilontarkan oleh anak-anak kecil adalah menjadi diplomat. Profesi sebagai seorang diplomat terlihat keren dan dihormati sekali dengan gaji tinggi dan pekerjaan yang relatif mudah. Cita-cita ini sangat cocok diambil oleh anak-anak jurusan IPS yang lulus SMA yang kemudian kuliah mengambil jurusan Hubungan Internasional  untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

5.Guru Sekolah Dasar

Cita-cita bagi lulusan IPS selanjutnya adalah menjadi guru sekolah dasar. Menjadi seorang guru SD adalah cita—cita yang mulia yang ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan generasi muda.

Bagi anda yang ingin menjadi seorang guru SD maka selepas lulus IPS SMA maka bisa memilih kuliah di jurusan konsentrasi pendidikan guru. Keterampilan yang diperlukan dimiliki oleh seorang  guru SD adalah kemampuan mengajar yang baik dan benar pada peserta didik.

Pekerjaan Lepas (Freelance) Untuk Jurusan IPS

Jika anda mengambil jurusan IPS ketika duduk di bangku SMA dan bisa melanjutkan kuliah di jurusan IPS di perguruan tinggi. Cita-cita apa yang cocok untuk jurusan IPS ada banyak. Berbagai profesi dan pekerjaan tersedia dan bisa dilakukan oleh anak-anak jurusan IPS selepas lulus sekolah atau kuliah. Seperti menjadi advokat atau pengacara, akuntan publik, guru SD, diplomat, wartawan atau jurnalis, psikolog profesional, dan profesi lainnya.

Baca juga Tokoh Perempuan Inspiratif Indonesia dan Biografinya

Namun bagi anda anak IPS yang ingin melakukan pekerjaan secara lepas atau tidak terikat pada suatu institusi atau lembaga maka anda bisa mengambil profesi  freelance atau sebagai tenaga lepas dengan penghasilan yang lumayan tinggi ini.

1.Sebagai Penerjemah

Anda yang jurusan IPS jurusan bahasa asing sehingga pandai dalam menguasai bahasa asing secara tulisan atau percakapan bisa memilih bekerja sebagai tenaga penerjemah freelance dengan gaji yang menggiurkan. Ada banyak situs atau website yang bisa membantu anda dalam mencarikan pekerjaan sebagai penerjemah secara freelance.

cita-cita untuk anak IPS

2.Sales Marketing

Setiap perusahaan pastinya membutuhkan staf marketing. Bagi lulusan IPS bisa mengambil profesi ini dengan prospek yang cerah, pekerjaan bergaji tinggi dan lowongan kerja senantiasa ada dan terbuka lebar di setiap perusahaan.

Pendek kata, cita-cita apa yang cocok untuk jurusan IPS sama banyaknya dengan cita-cita untuk jurusan IPA. Anda bisa memilihnya sesuai bakat dan minat serta kemampuan dan passion.