Rangkuman pelajaran IPS kelas 6 SD bisa kita sarikan dari berbagai sumber. Terutama dari buku utama maupun LKS yang ada. Ilmu Pengetahuan Sosiasl (IPS) adalah salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan sejak peserta didik masuk sekolah dasar (SD). Materi pelajaran ini akan diajarkan dari kelas 1 hingga kelas 6 dengan materu yang semakin meluas.

Yang menjadi mata pelajaran pendamping IPS adalah IPA. Keduanya memiliki perbedaan terhadap objek yang dipelajari. Kalau mata pelajaran IPA mempelajari objek alam seperti binatang, makhluk hidup dan luar angkasa serta bumi dan segala isinya. Sedangkan ilmu pengetahuan sosial (IPS) mempelajari yang sifatnya sosial atau interaksi mausia di muka bumi.

Jika dibandingkan antara mata pelajaran IPA dan IPS manakah yang paling mudah? Umumnya kita akan menjawabnya bahwa yang paling mudah adalah mata pelajaran IPS. Hal ini karena sifatnya yang lebih pada hafalan.

Namun mata pelajaran yang paling seru dan menantang serta bergengsi  adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Kebanyakan materinya bersifat rasio dan penelitian ilmiah. Setelah uraian materi biasanya ditugaskan untuk melakukan percobaan dan penelitian.

materi ips kelas 6 sd

Bagi anda yang menyukai mata pelajaran IPA di SD dan SMP, nanti setelah duduk di bangku SMA maka  anda bisa memilih jurusan IPA SMA. Sedangkan bagi mereka yang menyukai IPS maka setelah masuk SMA maka anda bisa mengambil jurusan IPS SMA.

Materi mata pelajaran IPS di sekolah dasar (SD) khususnya dari kelas 1 sampai kelas 6 sangat luas. Apalagi mereka harus mempersiapkan diri dalam menghadapi UN. Untuk itulah, guna memudahkan dalam belajar IPS di kelas 6 SD diperlukan rangkuman pelajaran IPS kelas 6 SD yang memuat intisari singkat apa saja materi yang diajarkan pada mata pelajaran tersebut.

Rangkuman Pelajaran IPS Kelas 6

Mata pelajaran IPS adalah salah satu mata pelajaran yang paling penting dan bidang keilmuan yang diujiankan pada UTS maupun UAS maupun UN. Mata pelajaran IPS tidak banyak perhitungan dan cocok bagi mereka yang tidak menyukai matematika.

Mata pelajaran IPS akan terus menjadi mata pelajaran pokok dari SD, SMP dan SMA sampai perguruan tinggi. Untuk tingkat universitas, mata pelajaran IPS lebih spesifik lagi. Ada IPS jurusan geografi,sejarah, sosial politik, ekonomi dll.

Baca juga Pengetahuan Dasar Geografi dan Rangkumannya

Sesuai kurikulum nasional, materi-materi mata pelajaran IPS untuk kelas satu SD sampai kelas enam SD seragam.  Namun materi IPS untuk kelas satu SD lebih mudah ketimbang materi pelajaran IPS untuk kelas enam SD.

materi ips kelas 6 sd

Bagi anak yang duduk di SD dan ingin mengetahui rangkuman IPS kelas 6 kurikulum 2013, maka anda dapat mengetahuinya dari LKS maupun kurikulum nasional. Untuk mempelajari mata pelajaran IPS tidak begitu susah. Anda bisa menguasai mata pelajaran IPS dalam waktu singkat. Dalam menguasai materi IPS kelas enam sekolah dasar untuk mempersiapkan dalam ujian nasional (UN SD) maka anda bisa mempelajari rangkuman materi pelajaran IPS kelas 6 SD.

Manfaat Membuat Rangkuman IPS SD

Membuat rangkuman pelajaran IPS kelas 6 dilakukan dengan pembuatan intisari atau ringkasan dari semua materi yang ada. Dalam arti yang diambil adalah intisari materi yang memiliki banyak kegunaan. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini manfaat atau kegunaan rangkuman materi IPS kelas 6 SD untuk siswa siswi sd/MI kelas 6, antara lain:

  1. Memudahkan dalam penguasaan materi IPS kelas 6 secara efektif dan efisien.
  2. Membantu siswa kelas 6 SD untuk belajar aktif dan mandiri

Materi IPS Kelas 6 SD Semester 2

Bagi anda yang duduk di bangku sekolah dasar (SD)/MI Kelas 6 Semester 2, berikut ini ringkasan materi secara lengkap untuk mata pelajaran IPS untuk kelas 6 SD semester 2, antara lain:

1.Penampakan Alam

Penampakan alam utamanya yang terdapat di tanah air. Dengan demikian siswa dapat memahami penampakan-penampakan alam yang terjadi di Indonesia.

2.Gejala Alam di Tanah Air dan Negara ASEAN

Pembahasan materi IPS kelas 6 SD berikutnya mengenai gejala-gejala alam yang sering terjadi di Indonesia seperti banjir, longsor, gunung meletus, dll. Sehingga siswa-siswi dapat memahami kondisi alam dan iklim di tanah air dan dilanjutkan dengan kondisi gejala alam di negara-negara tetangga seperti negara yang tergabung dalam ASEAN.

rangkuman pelajaran IPS kelas 6

3.Cara Menghadapi Gejala Alam

Setelah dijelaskan tentang kenampakan alam dan gejala alam di Indonesia berikutnya siswa siswi akan diberikan cara mengantisipasi atau menghadapi gejala alam tersebut yang bisa membahayakan jiwa manusia. Seperti bagaimana cara menghadapi gempa bumi, longsor, tsunami,  gunung meletus dan lain sebagainya.

4.Globalisasi

Materi IPS kelas 6 SD semester dua selanjutnya adalah materi pembahasan tentang globalisasi yang menguraikan dunia yang semakin sempit saja. Kemudian diuraikan juga apa saja dampak dari globalisasi yang terjadi sekarang ini di seluruh negara.

Lalu dijelaskan pula bagaimana cara menghadapi jaman globalisasi dan peran negara Indonesia dalam era globalisasi yang tak terelakkan lagi.

Lihat juga Pelajaran Sosiologi, Pengertian, dan Sejarahnya

Materi IPS kelas 6 semester 2 SD itu berlanjut ke topik pembahasan tantang materi pengertian ekspor dan impor, dan bagaimana angka dan kegiatan ekspor impor Indonesia dalam menunjang perekonomian nasional. Kemudian dilanjutkan dengan uraian manfaat apa saja yang didapat dari kegiatan ekspor impor.

Setelah memahami rangkuman pelajaran IPS kelas 6, maka bisa dilakukan tes uji coba berupa soal dan pertanyaan.

Isi Rangkuman Materi IPS Kelas 6 SD

Berdasarkan pengalaman, salah satu yang sering ditugaskan oleh guru kepada murid waktu kita duduk di sekolah dasar adalah melakukan ringkasan materi. Misalkan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, semua murid ditugaskan untuk meringkas materi.

Begitu pula pada mata pelajaran IPS semua murid ditugaskan melakukan peringkasan materi dari hal sekian terhadap LKS IPS. Pada mulanya banyak murid yang tidak mengetahui maksud guru itu. Tapi setelah diteliti, cara pengajaran meringkas materi pembelajaran itu ternyata sangat bermanfaat bagi siswa untuk memahami isi materi.

rangkuman pelajaran IPS kelas 6

Berikut ini rangkuman pelajaran IPS kelas 6 SD yang meliputi:

Materi mata pelajaran IPS kelas 6 SD dimulai dari pembahasan tentang profil Indonesia yang mencakup asal usul nama dan sistem administrasi di Indonesia. Diawali dengan nama lain Indonesia yakni negara kesatuan Indonesia yang berarti negara yang terdiri-dari beberapa ribu pulau yang bersatu padu dalam kekuatan negara Indonesia. Wilayah kekuasaan Indonesia dari pulau Sabang sampai Pulau Merauke.

Untuk nama Indonesia sendiri diambil dari bahasa Yunani yakni Indo yang artinya India. Sedangkan Nesos berarti pulau. Dengan demikian asal nama Indonesia berasal dari nama Pulau India atau pulau Jawa yangditemukan dan diberikan oleh JR Logan pada tahun 1850.

Nama Indonesia populer utamnya sejak tahun 1890 saat Adolf Bastian peneliti dari perguruan tinggi di Berlin memberikan nama Pulau Jawa atau Pulau India sebagai Indonesia.

Dengan demikian sangat jelas bahwa rangkuman mata pelajaran kelas 6 SD IPS meliputi profil Indonesia. Hal ini sebagai upaya pemerintah Indonesia untuk mengenalkan asal usul dan sejarah negara Indonesia sendiri sebelum mengenal negara lain.

Negara Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari berbagai suku, adat istiadat dan bahasa. Untu mempersatukan perbedaaan itu dibuatlah Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda suku, adat istiadat, bahasa dan budaya tapi tetap bersatu jua.Nama Indonesia semakin populer di dunia internasional setelah tokoh pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara menggunakan nama indonesia dalam pentas internasional.

Dari rangkuman pelajaran IPS kelas 6 ini setiap siswa akan lebih mudah mempelajari profil Indonesia di tengah banyak sumber referensi terpercaya yang bisa dipergunakan.

Materi selanjutnya adalah topik tentang negara Indonesia. Negara kita yang  asalnya terdiri dari 27 provinsi berubah menjadi 26 provinsi pasca kemerdekaan Timor Leste menjadi negara baru. Kemudian jumlah provinsi di Indoneisa bertambah banyak seiring kebijakan pemekaran wilayah dan otonomi daerah. Sehingga saat ini terdapat 33 provinsi di Indonesia.

rangkuman ips kelas 6 kurikulum 2013

Adapun provinsi terbaru di Indonesia adalah Bangka Belitung,  Papua, Papua Barat, Provinsi Banten, Kepulauan Riau,  Maluku Utara, dan Provinsi Gorontalo.

Jumlah provinsi di indonesia menjadi salah satu materi soal yang sering dipertanyakan dalam ujian tengah semester maupun UAS dan ujian nasional (UN ) yang termasuk mata pelajaran utama di samping mata pelajaran matematika, bahasa inggris, bahasa indonesia, dan IPA.

Lihat juga Jurusan Kuliah IPS Yang Menjamin Masa Depan

Selanjutnya materi pelajaran IPS untuk kelas 6 SD dilanjutkan tentang wilayah teritorial Indonesia. Wilayah teritorial Indonesia sekitar 3 mil laut. Keputusan itu dibuat berdasarkan deklarasi Juanda yang mampu menyelesaikan perbatasan wilayah laut teritorial Indonesia.

Settelah siswa siswi kelas 6 SD mengetahui profil dan batas laut teritorial Indonesia maka berlanjut dengan mengenal profil negara-negara di ASEAN dan sejarah ASEAN besserta tujuan dan anggota-anggotanya.

Rangkuman IPS Kelas 6 Kurikulum 2013

Rangkuman pelajaran IPS kelas 6 juga sesuai dengan kurikulum tahun 2013 yang berlaku. Sehingga menggunakan sumber rujukan yang resmi dan terpercaya. Berikut ini rangkuman IPS kelas 6 kurikulum 2013 yang akan bermanfaat bagi para siswa dan guru IPS di sekolah.

1.Perihal Sistem Administrasi Indonesia

Negara Indonesia menjadi sebuah negara merdeka yang memilih bentuk negara kesatuan. Dalam arti, penyerangan terhadap satu wilayah di Indonesia berarti menyerang negara Indonesia secara keseluruhan. Berdirinya negara Indonesia melalui sejarah sangat panjang.

Ini dimulai dari ditemukannya sebuah pulau  di daerah Jawa oleh George Earl. Pada mulanya pulau Jawa ini disebut pulau India yang kemudian disebut Indonesia yang memiliki penghuninya dengan budaya dan peradabannya tersendiri.

Dari sini menjadi jelas bahwa semua buku referensi mencantumkan materi rangkuman IPS kelas 6 kurikulum 2013 yang membahas profil Indonesia dalam soal sejarah dan asal muasalnya. Pelajaran IPS selanjutnya berusaha memperkenalkan profil Indonesia kepada setiap siswa. Yang kemudian dilanjutkan dengan mengenalkannya pada kondisi dan letak Indonesia yang berlokasi diantara dua benua yakni benua Australia dan Asia.

2.Lokasi dan Kondisi Indonesia

Untuk rangkuman IPS kelas 6 kurikulum 2013 selanjutnya adalah tentang lokasi dan kondisi Indonesia. Kondisi iklim Indonesia bersifat tropis yang berada dalam garis khatulistiwa sehingga dianugerahi tanah yang subur. Indonesia berada di daerah yang sangat strategis yakni berada diantara Samudera Pasifik dan samudera Hindia.

Indonesia mempunyai beberapa danau dan pegunungan. Untuk pegunungan tertigggi berada di Puncak Jaya Papua. Pada rangkuman pelajaran IPS kelas 6 ini juga dijelaskan Danau Toba yang berada di Sumatera sebagai danau terluas di Indonesia. Adapun sungai yang sangat besar di Indonesia kebanyakan berada di daerah Kalimantan yakni sungai Barito, Mahakam dan sungai Kapuas.

rangkuman ips kelas 6 kurikulum 2013

Gejala alam yang ditemui di Indonesia adalah letusan gunung berapi dan gempa tektonik yang bisa berpeluang tsunami. Karena Indonesia berada di lempengan bumi dan mempunyai beberapa gunung berapi yang masih aktif sampai saat ini.

Selain itu, Indonesia mudah sekali terjadi gempa bumi dan longsor. Sehingga setiap penduduk Indonesia mesti waspada terhadap gejala alam yang bisa terjadi di Indonesia ini. Seperti gempa bumi, tsunami, longsor, dan gunung meletus.

Selain mempunyai tanah yang subur dengan hasil pertanian, perkebunan dan hutan yang melimpah, Indonesia juga dikenal sebagai negara yang sangat kaya dengan barang tambang seperti emas, gas, batubara, bauksit, perak,tembaga, besi, nikel, dan barang tambang lainnya.

Indonesia juga dikenal sebagai negara kaya akan sumber daya hayati kedua setelah Brazil. Hutan-hutan di Indonesia masih alami dan termasuk paru-paru dunia.Pada materi kedua dilanjutkan dengan macam-macam hasil pertanian di Indonesia. Yang dibahas juga mengenai masalah sosial yang dihadapi oleh Indonesia.

Baca juga Sejarah Revolusi Indonesia dan Latar Belakangnya

Masalah sosial yang dihadapi oleh Indonesia adalah angka pengangguran dan kemiskinan yang sangat tinggi. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di Indonesia. Tapi sampai sekarang belum berhasil dengan baik.

Demikianlah materi rangkuman pelajaran IPS kelas 6 yang akan berguna bagi guru dan siswa dalam mempelajari IPS dengan lebih mudah. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semuanya.