Jurusan di UGM termasuk unggulan dan banyak lulusan SMA yang berharap bisa kuliah di kampus biru tersebut. Apalagi Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terbaik dan tersohor di tanah air. Kampus ini seakan mewakili predikat Jogja sebagai kota pendidikan yang menjadi buruan utama para pelajar di Indonesia.

Siapa tak kenal dengan nama besar Universitas Gadjah Mada. Kampus ini tak kalah populernya ketimbang ITB, UI, IPB, atau Unair. Universitas Gadjah Mada yang popular dengan sebutan UGM juga termasuk salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang menjadi incaran dan pilihan pertama para peserta SBMPTN dan SNMPTN.

Jika anda berminat untuk kuliah di perguruan tinggi maka UGM bisa menjadi salah satu tempat untuk menimba ilmu pendidikan tinggi terbaik di Indonesia. Banyak lulusan SMA yang menginginkan bisa kuliah di UGM karena universitas ini telah menghasilkan banyak lulusan terbaiknya yang mampu berkiprah dalam level nasional dan internasional.

info kuliah di ugm jogja

Tak sedikit tokoh-tokoh besar Indonesia lahir dari kampus tertua di Indonesia ini. Salah satunya Bapak Ir Joko Widodo. Ya, Presiden Republik Indonesia ini yang akrab dengan panggilan Pak Jokowi merupakan lulusan UGM. Prestasi Pak Jokowi semakin cemerlang sejak utamanya menjadi Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta, sampai menjadi Presiden RI sekarang ini.

Ragam Jurusan di UGM

Banyak kota besar di Indonesia yang mempunyai perguruan tinggi terbaik yang menjadi ciri khasnya. Seperti di Bandung terdapat Institut Teknologi Bandung (ITB), Depok dengan Universitas Indonesia (UI), hingga Yogyakarta dengan Universitas Gadjah Mada.

Meskipun nama besar UGM sudah demikian popular, namun banyak siswa SMA atau sederajat yang belum mengenal apa saja jurusan di UGM beserta informasi akademis lainnya..

Untuk informasi, saat ini tak kurang ada 69 program studi dan 18 fakultas di Univesitas Gadjah Mada (UGM). Sedangkan jurusannya jumlahnya terhitung mencapai lebih dari 260 jurusan. Baik yang masuk kategori soshum atau IPS dan ada yang masuk kategori saintek atau jurusan IPA di UGM.

Sama seperti halnya jurusan di UI Depok, Unpad atau ITB, pemilihan jurusan atau program studi di Universitas Gadjah Mada ada yang sepi peminat dan ada pula yang tinggi peminatnya.

Kelebihan Kuliah di UGM

Daerah Istimewa Yogyakarta sudah sejak dulu sampai sekarang ini benar-benar menyajikan sejumlah keunikan dan keindahan panorama alam yang tiada bandingannya. Di Jogja, anda akan mendapatkan beraneka macam adat istiadat dan budaya yang unik dan menarik yang mampu memikat para wisatawan lokal dan mancanegara.

Kampus yang sering menjadi pilihan bagi lulusan SMA atau sederajat lainnya untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi adalah Universitas Gadjah Mada. Berikut ini beragam kelebihan kuliah di UGM yang berada di Yogyakarta ini.

1.Jogja Istimewa

Pemimpin Yogyakarta adalah seorang Raja yakni Sultan Hamengkubuwono. Sistem yang dijalankan adalah kerajaan. Raja Yogyakarta sekaligus Gubernur Yogyakarta yang menjadikan daerah ini disebut daerah istimewa Yogyakarta.

info jurusan di ugm jogja

2.Tempat Wisata

Di Jogya juga terdapat beberapa tempat wisata favorit yang eksotik dan menarik. Seperti wisata lesehan, budaya maupun wisata alam. Secara rutin, beberapa orang di berbagai daerah di tanah air mengunjungi Yogyakarta untuk sekedar berwisata atau jalan-jalan bersama keluarga tercinta untuk melepaskan rasa penat.

3.Kehadiran UGM

Yang menjadi ciri khas dan daya tarik lainnya dari Jogja adalah kehadiran perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia bernama UGM. Universitas Gadjah Mada ini menjadi pusat pendidikan tinggi bukan hanya bagi penduduk lokal tapi juga dari berbagai daerah di tanah air hingga luar negeri.

Banyaknya orang yang memilih UGM sebagai tempat belajar menuntut ilmu di perguruan tinggi negeri dikarenakan kualitas pendidikannya yang sangat bagus. Kampus ini juga telah melahirkan banyak lulusannya yang mampu berkiprah dalam skala lokal, nasional hingga internasional.

Fakultas dan Jurusan di UGM

Saat ini Universitas Gadjah Mada mempunyai 18 fakultas. Dari jumlah ini terbagi ke dalam 69 program studi untuk sarjana. Sedangkan untuk jurusannya terbagi ke dalam rumpun Soshum (IPS) dan Saintek (IPA). Untuk info jurusan kuliah di UGM Jogja yang lebih lengkap, anda dapat berkunjung ke website resminya di ugm.ac.id.

jurusan di ugm

Berikut ini informasi apa saja jurusan di UGM beserta fakultasnya yang penting dikenali para calon mahasiswa baru.

  1. Fakultas Biologi. Fakultas ini hanya terdapat satu jurusan yakni jurusan Biologi.
  2. Fakultas Farmasi. Unuk fakultas ini juga hanya mempunyai jurusan Farmasi.
  3. Fakultas Geografi. Ada dua jurusan untuk bisa kuliah di fakultas ini, yakni jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh serta jurusan Geografi Lingkungan.
  4. Fakultas Kedokteran Gigi. Fakultas ini memiliki dua jurusan yang bisa Anda pilh, yakni Kedokteran Gigi dan Higiene Gigi
  5. Fakultas Kedokteran Hewan. Untuk fakultas ini hanya memiliki 1 jurusan, yaitu Kedokteran Hewan
  6. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan. Pada fakultas ini terdiri-dari tiga jurusan. Masing-masing adalah jurusan Pendidikan Kedokteran, Ilmu Keperawatan, dan Gizi Kesehatan.
  7. Fakutas Kehutanan yang mempunyai jurusan hanya satu yakni jurusan kehutanan
  8. Fakultas MIPA yang terdiri-dari 8 jurusan, antara lain: Statistika, Matematika, Kimia, Ilmu Komputer, Ilmu Aktuaria, Geofisika, Fisika, dan Elektronika dan Instrumentasi.
  9. Fakultas Pertanian yang terdiri-dari 9 jurusan yakni Teknologi Hasil Perikanan, Proteksi Tanaman, Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Mikrobiologi Pertanian, Manajemen Sumberdaya Akuatik, Ilmu Tanah, Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, Akuakultur (Budidaya Perikanan) dan Agronomi.
  10. Fakultas Peternakan yang hanya mempunyai satu jurusan yaitu Ilmu dan Industri Peternakan
  11. Fakultas Teknik. Untuk fakultas Teknik di UGM mempunyai banyak jurusan, antara lain: arsitektur, teknik biomedis, teknologi informasi, teknik sipil, teknik nuklir, teknik mesin, teknik kimia, teknik industri, teknik geologi, teknik geodesi, teknik fisika, teknik elektro, dan teknik perencanaan wilayah dan kota.
  12. Fakultas Teknologi Pertanian. Universitas Gadjah Mada sangat fokus dalam mengembangkan hasil pertanian di tanah air. Karena Indonesia sudah sejak lama dikenal sebagai negara penghasil pertanian terbaik. Di beberapa pedesaan,  bertani menjadi mata pencaharian pokok penduduknya. Adapun fakultas teknologi Pertanian di UGM terdiri-dari tiga jurusan yakni jurusan Teknologi Industri Pertanian dan jurusan Teknik Pertanian serta jurusan Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian.
  13. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.  Yang terdiri-dari jurusan manajemen, ilmu ekonomi dan akuntansi.
  14. Fakultas Filsafat. Fakultas ini hanya mempunyai satu jurusan di UGM, yakni Filsafat saja
  15. Fakultas Hukum yang mempunyai satu  jurusan yakni jurusan hukum
  16. Fakultas Ilmu Budaya  yang mempunyai sejumlah jurusan antara lain: sejarah, sastra Perancis, Sastra Jepang, Sastra Jawa, Sastra Inggris, Sastra Arab, Pariwisata, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Kebudayaan Korea, Arkeologi, dan Antropologi Budaya.
  17. Fakultas ISIPOL yang terdapat sejumlah jurusan kuliah yakni Sosiologi, Politik dan Pemerintahan,Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan, Manajemen dan Kebijakan Publik, Ilmu Komunikasi, dan Ilmu Hubungan Internasional.
  18. Fakultas Psikologi yang hanya mempunyai satu jurusan yakni jurusan Psikologi.

Demikianlah beberapa jurusan di UGM yang sebagian jurusannya banyak sekali peminat dan sebagian lagi jurusan sepi peminat.

Jurusan IPA Di UGM

Nama besar Universitas Gadjah Mada sudah tak asing lagi di kalangan para mahasiswa dan dosen.  Universitas Gadjah Mada adalah universitas negeri terbaik yang namanya bisa disejajarkan dengan universitas negeri terbaik di Indonesia lainnya seperti Unpad, ITB, dan UI.

Setiap tahunnya, para lulusan SMA maupun SMK berbondong-bondong sampai ribuan peserta mendaftarkan diri mereka untuk menuntut ilmu di PTN yang berada di Yogyakarta ini melalui jalur seleksi mandiri, SBMPTN maupun SNMPTN.

Berdasarkan survey terbaru membuktikan Universitas Gadjah Mada (UGM) berada pada peringkat tiga besar dalam daftar universitas negeri yang paling banyak peminatnya pada gelaran seleksi SBMPTN dan SNMPTN.

jurusan ipa di ugm

Berikut ini beberapa jurusan IPA di UGM yang paling banyak peminatnya, antara lain:

  1. Teknik Biomedis
  2. Teknologi Informasi
  3. Statistika
  4. Ilmu Aktuaria
  5. Ilmu Komputer
  6. Kedokteran
  7. Teknik Industri
  8. Arsitektur
  9. Perencanaan Wilayah dan Kota
  10. Gizi Kesehatan

Jurusan IPS Di UGM

Pada waktu seseorang duduk dikelas 1 SMA sudah ditentukan jurusan yang mau dipilih yakni antara IPA, IPS dan bahasa. Begitu pula pada waktu seseorang akan kuliah S1 di universitas maka ia harus memilih jurusan lagi yang lebih spesifik. Terdapat ratusan jurusan di UGM yang bisa dipilih berdasarkan kategori IPA dan IPS.

Bagi anda yang sejak di SMA sudah mengambil jurusan IPA maka anda bisa melanjutkan kuliah di UGM berdasarkan jurusan IPA yang dipilih tersebut. Sebaliknya bagi mereka yang memilih jurusan IPS di SMA maka ia bisa mengambil jurusan IPS di Universitas Gasjah Mada (UGM).  Lalu pertanyaannya adalah apa saja jurusan IPS di UGM?

Sebagai lembaga perguruan tinggi negeri yang terbaik dan paling tua dibangun di Indonesia disamping UI tentu saja ada banyak jurusan kuliah di UGM. Seiring dengan bertambahnya usia Universitas Gadjah Mada terus membuka jurusan dan fakultas baru. Hal ini sesuai tuntutan dari masyarakat dan kebutuhan perkembangan jaman.

Berikut ini rincian lengkap program studi kelompok Soshum atau jurusan IPS di UGM yang sebaiknya Anda tahu.

1.Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Bagi anak-anak IPS bisa melanjutkan kuliah di Universitas Gadjah Mada dengan mengambil jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM. Fakultas ini mempunyai jurusan IPS spesialis yang bisa dipilih, antara lain:

  • Manajemen
  • Ilmu Ekonomi
  • Akuntansi

2.Fakultas Filsafat

Jurusan IPS di UGM berikutnya adalah jurusan filsafat yang memiliki akreditasi A terdiri dari tiga kategori, antara lain:

  • Filsafat Timur
  • Filsafat Barat
  • Filsafat Agama

3.Jurusan Psikologi

4.Fakultas Hukum

Jurusan IPS SMA bisa mengambil jurusan hukum di UGM.  Pada tahun 2021, jurusan hukum di Universitas Gajah Mada yang sudah terakreditasi A memiliki daya tampung untuk mahasiswa dan mahasiswi sebesar 330 kursi.

jurusan ips di ugm

Adapun ilmu yang dipelajari di fakultas hukum UGM adalah semua aspek hukum meliputi hukum tata negara, hukum pidana, hukum perdata, hukum pajak, hukum lingkungan, hukum Islam, hukum internasional, hukum dagang, hukum agraria, hukum administrasi negara dan hukum adat.

5.Fakultas Ilmu Budaya

Jurusan di UGM selanjutnya yang masuk kelompok IPS adalah jurusan Ilmu Budaya yang terdiri dari jurusan sejarah, bahasa dan sastra, arkeologi, antropologi budaya, dan ilmu antar budaya.

6.Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Bagi anda yang bercita-cita menjadi ahli sosial atau ahli politik maka bisa memasuki jurusan IPS di UGM yakni pada fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Adapun jurusannya mencakup Manajamen dan Kebijakan Publik, Ilmu komunikasi, Ilmu hubungan internasional, sosiologi, politik dan pemerintahan serta Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan.

Info Jurusan Kuliah di UGM Jogja

Dalam skala internasional versi  The Times Higher Education, Universitas Gadjah Mada menempati ranking ke 301 sebagai perguruan tinggi terbaik di skala dunia. Universitas Gadjah Mada memiliki 18 fakultas dengan jumlah jurusan sebanyak 265 jurusan.

Untuk masuk ke UGM tak dikenakan biaya pendaftaran. Dalam arti, biaya pendaftaran kuliah di UGM gratis. Namun sesuai peraturan pemerintah, mereka yang mau masuk ke Universitas di Jogja ini harus melewati seleksi SNMPTN atau SBMPTN.

Alternatif lain, untuk bisa kuliah di UGM, anda bisa mengikuti jalur tes mandiri. Berikut ini info jurusan kuliah di UGM Jogja beserta daftar biayanya yang semoga bisa menjadi referensi Anda.

  1. Bahasa dan Sastra Indonesia biaya kuliah Rp 500 ribu sampai Rp 3,5 juta
  2. Bahasa dan Kebudayaan Korea Rp 500 ribu sampai Rp 3,5 juta
  3. Arsitektur biaya kuliah RP 500 ribu hingga Rp 6 juta
  4. Arkeologi biaya uang kuliah mencapai Rp 500 ribu sampai RP 3,5 juta
  5. Antropologi Budaya Rp 500 ribu sampai Rp 3,5 juta
  6. Akuntansi Rp 500.000 sampai RP 5 juta
  7. Akuakultur Rp 500 ribu sampai Rp 5,5 juta
  8. Agronomi biaya kuliah RP 500 ribu sampai Rp 5,5 juta
  9. Pendidikan Kedokteran Rp 500 ribu sampai Rp 10 juta
  10. Kedokteran Hewan
  11. Kedokteran Gigi
  12. Biologi
  13. Kehutanan
  14. Pariwisata
  15. Teknik Sipil
  16. Teknik Geodesi
  17. Filsafat
  18. Hukum
  19. Teknik Elektro
  20. Teknik Pertanian
  21. Farmasi
  22. Teknik Komputer
  23. Agribisnis dan ekonomi pertanian

Jurusan di UGM Yang Sepi Peminat

Bagi anda yang ingin kuliah di UGM mesti melihat jurusan dan program studi yang ada. Karena hal itu akan memudahkan dalam menentukan jurusan kuliah yang dipilih. Jurusan paling diminati di UGM biasanya menjadi pilihan pertama calon peserta. Namun agar lebih berpeluang besar bisa kuliah di UGM maka anda bisa memilih jurusan di UGM yang sepi peminat.

Pada dasarnya program studi kuliah terbagi dua kelompok, yakni jurusan IPA dan jurusan IPS di UGM. Dari kelompok ini juga terdapat dua kategori yakni jurusan yang banyak peminat dan jurusan yang kurang peminatnya.

Menggali info jurusan kuliah di UGM Jogja tentunya juga bisa dengan melihat peminatnya. Nah berikut ini sejumlah jurusan di UGM yang sepi peminat dan bisa menjadi pertimbangan terbaik.

  1. Ilmu Arkeologi
  2. Sastra Perancis
  3. Sejarah
  4. Agronomi
  5. Ilmu tanah. Jurusan Ilmu Tanah hanya diminati 134 pendaftar di UGM pada tahun 2019. Padahal lulusannya bisa bekerja menjanjikan dengan mendapatkan gaji besar dengan bekerja di sektor pertambangan, konsultan pertanian, dan dosen di perguruan tinggi negeri dan swasta.
  6. Mikrobiologi Pertanian. Jurusan di UGM ini memiliki akreditasi A yang lulusannya dapat bekerja di perusahaan industri pangan, LIPI, Bappeda, dosen maupun sebagai peneliti di instansi pemerintah dan swasta.
  7. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian. Jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian adalah jurusan yang tak bisa dipandang sebelah mata. Walaupun jarang peminatnya tapi prospek kerjanya sangat cerah. Lulusannya bisa bekerja sebagai tenaga penyuluh pertanian di badan pemerintah, bekerja sebagai ahli di perusahaan perkebunan, dosen, atau bekerja di Bulog.

Dengan jumlah peminat sedikit sekali terhadap jurusan-jurusan di UGM itu membuat peluang anda lebih besar untuk bisa kuliah di Universitas Gadjah Mada Jogja pada jurusan-jurusan tersebut.

Cara Kuliah di Universitas Gadjah Mada

Untuk bisa kuliah di Universitas Gadjah Mada maka seorang siswa lulusan SMA atau sederajat mesti melalui jalur masuk yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Berikut ini jalur masuk untuk bisa kuliah di UGM, antara lain:

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri  (SNMPTN)
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
  3. Seleksi jalur mandiri

Pendek kata, untuk bisa masuk kuliah di Universitas Gadjah Mada tidak mudah. Ada nilai passing grade jurusan di UGM yang harus terpenuhi. Kemudian anda pun mesti lulus dalam proses seleksi yang ketat melalui serangkaian ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau SNMPTN. Alternatif lainnya adalah melalui daftar kuliah jalur mandiri yang setiap tahunnya rutin diadakan.

Program Beasiswa Kuliah di UGM

Yogyakarta terkenal sebagai kota wisata sekaligus pusat pendidikan di tanah air. Salah satunya karena adanya UGM. Lulusannya banyak menjadi tokoh besar di Indonesia. Namun univbersitas yang dulu terkenal sebagai kampus rakyat dengan biaya pendidikan yang murah sekarang telah berubah. Untuk mengenyam pendidikan di UGM tidak lagi murah.

info jurusan kuliah di ugm jogja

Meskipun begitu untuk kuliah program studi S1, S2 maupun S3 masih terbilang terjangkai dibandingkan kampus lainnya, khususnya perguruan tinggi negeri di Indonesia lainnya. Sebagai gambaran, rata-rata biaya kuliah di UGM per semester sekarang ini sekitar Rp 6 juta.

Untuk mendapatkan biaya kuliah gratis di Universitas Gadjah Mada  maka anda bisa mengajukan dan memilih macam-macam beasiswa kuliah yang terdapat di UGM. Seperti beasiswa Bidik Misi atau beberapa  jenis beasiswa dari perusahaan swasta, lembaga pemerintah, serta beasiswa dari internal kampus.

Jika Anda berminat untuk mengejar dan mendapatkan program beasiswa yang terdapat di Universitas Gajah Mada Jogja, berikut ini beberapa tawaran yang bisa Anda pilih.

  1. Beasiswa Bidik Misi
  2. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik
  3. Beasiswa Cendekia Baznas
  4. Beasiswa Mitsubishi Foundation

Demikianlah beragam fakultas dan jurusan di UGM Jogja beserta biaya dan beasiswanya. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi anda yang berniat untuk melanjutkan pendidikannya ke Yogyakarta.