Ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikologi harus diperhatikan oleh para calon mahasiswa mahasiswi yang hendak memilih jurusan kuliah psikologi. Hal tersebut mengingat tidak sembarang bagi seseorang bisa masuk jurusan psikologi. Ada berbagai karakteristik atau sifat yang sangat cocok untuk dimiliki bagi setiap mahasiswa mahasiswi yang ingin masuk jurusan psikologi.

Pendek kata, dengan mengetahui ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikologi akan bermanfaat. Hal ini terutama supaya selama proses perkuliahan pada jurusan psikologi berlangsung secara lancar. Yang ditandai dengan nilai ujian atau IPK yang baik dan lulus sesuai waktu yang ditentukan.

Kenapa Memilih Jurusan Psikologi

Ada banyak hal dan pertimbangan bagi seseorang memilih jurusan psikologi. Termasuk ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikologi. Untuk mengetahuinya, berikut ini alasan sejumlah orang kenapa memilih jurusan psikologi, antara lain :

1.Prospek kerja sangat cerah dan menjanjikan

Keunggulan jurusan psikologi ketimbang jurusan lainnya di kampus adalah karena mempunyai prospek kerja yang sangat cerah dan menjanjikan. Lulusannya sangat mudah mencari dan mendapatkan kerja dengan tawaran pekerjaan bergaji tinggi.

keuntungan mengambil jurusan psikologi

Beberapa pekerjaan ataupun profesi yang dapat dilakukan oleh lulusan psikologi pada dunia kerja yaitu sebagai konselor, HRD, ataupun psikolog pada berbagai perusahaan. Apakah kamu memiliki ciri ciri orang yang cocok masuk jurusan psikologi?

Namun demikian lulusan jurusan psikologi pun tidak terpaku pada pekerjaan tersebut.  Jurusan psikologi adalah jurusan kuliah yang banyak peluang kerja. Lulusannya bisa bekerja sebagai model, chef atau wirausahawan dan lain-lain.

2.Pandai dalam melakukan pengolahan data

Alasan berikutnya kenapa memilih jurusan psikologi adalah karena menjadi pandai dalam melakukan pengolahan data. Hal tersebut karena pada program studi psikologi, para mahasiswanya akan diberikan suatu pengajaran secara intensif membuat jurnal, laporan atau makalah.

Semua itu akan melath mahasiswanya dapat mengolah data. Sehingga mahasiswa jurusan psikologi sudah terbiasa belajar cara mengolah data secara baik dan benar serta akurat berdasarkan riset  kuantitatif.

3.Mempunyai skill analisa yang bagus

Alasan selanjutnya dalam memilih jurusan psikologi adalah jurusan psikologi akan membentuk pribadi-pribadi yang mempunyai kemampuan analisa yang baik. Sehingga lulusan jurusan psikologi akan mampu dengan mudah memecahkan setiap persoalan  dalam kehidupan sehari-hari yang rumit sekalipun dengan jalan keluar terbaiknya.

4.Tersedia beragam sumber informasi

Memilih jurusan psikologi sangat menantang dan menyenangkan. Hal tesebut berdasarkan beberapa faktor. Salah satunya adalah faktor ketersediaan referensi atau bahan informasi seputar psikologi yang dapat diperoleh secara offline maupun online.

Keuntungan Mengambil Jurusan Psikologi

Sebelum membahas tentang ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikologi, penting mengenal kelebihan prodi yang stau ini. Ada sejumlah keuntungan mengambil jurusan psikologi bagi siapa saja yang berminat, yaitu:

1.Membantu membentuk pribadinya yang lebih baik

Salah satu keuntungan utama dari seseorang mengambil jurusan psikologi adalah membantu dirinya sendiri menjadi pribadi yang lebih baik dan unggul. Karena hal tersebut berdasarkan ilmu yang diperoleh pada jenjang perguruan tinggi yang diterapkan pada kehidupannya sendiri. Sehingga setiap permasalahan psikologis atau kejiwaan dapat diatasi secara baik.

2.Memahami secara mudah orang lain dan diri sendiri

Keuntungan mengambil jurusan psikologi berikutnya adalah membuat seseorang lebih mudah memahami diri sendiri dan orang lain. Semua itu berguna dalam membantu orang lain dalam menyelesaikan permasalahan kehidupannya secara psikologis sampai ke akar-akarnya.

orang yang cocok masuk jurusan psikologi

3.Mampu berinteraksi dengan baik

Dengan mengambil jurusan psikologi maka kemampuan psikologis seseorang dapat berkembang lebih cepat dan baik. Seperti bisa memiliki rasa empati yang tinggi kepada orang lain. Disamping itu, ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikologi juga tidak akan mengalami kesulitan dalam menghadapi orang lain yang bermasalah sekalipun.

4.Jurusan favorit

Keuntungan berikutnya mengambil jurusan psikologi adalah jurusan psikologi merupakan salah satu jurusan terfavorit di perguruan tinggi negeri dan swasta. Hal tersebut tak terlepas dari prospek kerja yang sangat cerah bagi lulusannya. Banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan psikologi untuk ditempatkan pada bidang yang dibutuhkannya.

Demikianlah beberapa alasan dan keuntungan mengambil jurusan psikologi di kampus negeri maupun swasta. Lalu bagaimanakah ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikologi?

Ciri Ciri Orang yang Cocok Masuk Jurusan Psikologi

Jurusan psikologi adalah jurusan yang sangat familiar di kampus. Setiap perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta umumnya membuka jurusan psikologi dengan penilaian akreditasi masing-masing.

Adapun yang dipelajari dari jurusan psikologi adalah sesuatu yang berkenaan manusia. Termasuk dalam segi mental, pikiran dan tingkah laku manusia. Jurusan psikologi bisa dimasukkan dalam rumpun kategori Soshum atau sosial dan humaniora. Sebagian kampus lainnya memasukkan jurusan psikologi ke dalam rumpun Saintek atau sains dan teknologi.

Dengan banyaknya kajian yang dipelajari oleh psikologi membuat terdapat beberapa kriteria khusus bagi orang yang cocok memilih jurusan psikologi.

Ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikologi perlu diketahui sebelum seseorang memilihnya. Hal ini sebagai alat ukur cocok tidaknya seseorang untuk masuk dan memilih kuliah pada jurusan psikologi atau tidaknya.

Di kampus tersedia berbagai macam jurusan kuliah. Yang paling terkenal diantara jurusan lainnya yang juga termasuk kategori jurusan favorit adalah jurusan psikologi. Jurusan psikologi termasuk jurusan kuliah yang sangat tinggi tingkat peminatnya. Baik di lingkungan perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.

ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikologi

Namun tidak sembarang orang bisa memilih jurusan psikologi. Karena ada beberapa ciri atau kriteria tertentu seseorang sangat cocok untuk mengambil jurusan psikologi. Berikut ini ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikologi, antara lain:

1.Memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik

Ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikologi banyak kriteria. Salah satunya orang tersebut mempunyai keterampilan dalam melakukan komunikasi secara baik dengan orang  di sekitarnya. Dengan memiliki keahlian dan keterampilan yang mumpuni dalam berkomunikasi dengan orang lain secara baik dan lancar merupakan modal besar bagi seseorang untuk memasuki jurusan kuliah psikologi.

Selama menjalani perkuliahan pada  jurusan psikologi di kampus negeri dan atau swasta, keterampilan berkomunikasi yang baik dengan orang lain akan selalu dibutuhkan. Misalkan dalam rangka penelitian atau mengerjakan tugas di kampus atau membuat makalah. Apalagi setelah terjun ke dalam dunia kerja yang sesungguhnya di dunia nyata. Seperti menjadi seorang psikolog atau HRD.

2.Mempunyai keterampilan dalam mendengarkan yang baik

Ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikologi berikutnya adalah mempunyai keterampilan mendengarkan yang baik. Karena profesi  psikolog ataupun profesi dari lulusan psikologi umumnya berkaitan dengan interaksi dengan sesama manusia.

Dalam hal ini, kemampuan mendengarkan yang baik dari orang lain sangat dibutuhkan. Misalkan saat seseorang menjadi psikolog untuk mendengarkan segala keluhan, gejala psikologis atau masalah psikologi yang dihadapi oleh klien.

Sebagai seorang psikolog yang profesional akan mendengarkan curhatan masalah psikologis yang dialami  oleh seseorang.  Adapun tugas psikolog adalah mendengarkan atau sebagai tempat untuk meluapkan segala emosi negatif klien. Kemudian memberikan beberapa saran jitu untuk mengatasi masalah kejiwaan klien atau seseorang.

kenapa memilih jurusan psikologi

3.Mempunyai rasa empati yang tinggi

Ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikologi selanjutnya adalah memiliki rasa empati yang tinggi. Apa itu empati? Empati adalah suatu situasi  yang bisa merasakan terhadap apa yang dirasakan, dan dipikirkan oleh orang lain. Sikap empati diperlukan sekali dalam rangka mengerti dan memahami atas situasi seseorang secara komprehensif.

4.Memiliki sikap penyabar

Kriteria selanjutnya dari ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikologi adalah orang tersebut sangat penyabar. Sikap sabar sangat dibutuhkan oleh mahasiswa mahasiswi jurusan psikologi yang akan berinteraksi dengan banyak orang dalam kegiatan penelitian ataupun sesudah menjadi psikolog.

Seorang psikolog tentu akan menghadapi berbagai klien dengan berbagai macam karakter. Seperti karakter bermasalah. Sehingga diperlukan sikap sabar dari seorang lulusan jurusan psikologi. Tanpa sikap yang sabar, seorang psikolog tidak akan bisa menuntaskan permasalahan klien secara baik dari segi kejiwaan.

5.Suka membaca buku

Yang tak kalah penting, ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikologi yang lainnya adalah orang tersebut sangat suka terhadap kegiatan membaca buku. Mengingat ilmu psikologi adalah ilmu yang mengalami perkembangan dan perubahan sangat cepat. Apalagi terhadap ilmu psikologi populer terkini. Sehingga dengan membaca buku akan diperoleh pengetahuan yang lebih luas terhadap ilmu psikologi terbaru.

Dengan rajin membaca buku bertemakan psikologi juga akan mampu menambah wawasan seseorang tentang faktor-faktor pemicu timbulnya problematika psikologi. Seperti kondisi dalam diri manusia,budaya, pergaulan, dan lingkungan tempat tinggal serta lain sebagainya. Ditambah pula mengetahui berbagai cara mengatasi masalah psikologis yang dihadapinya.

6.Menyukai kegiatan yang berkaitan dengan manusia

Ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikologi berikut yaitu menyukai aktifitas berhubungan dengan manusia. Psikologi adalah jurusan yang mempelajari mental dan tingkah laku manusia dalam tahapan normal atau tak normal. Dari mental manusia akan timbul pada sikap dan perbuatan. Hal tersebut dipelajari secara lengkap oleh jurusan ilmu psikologi.

Dengan demikian, jurusan psikologi sangat cocok dimasuki bagi mereka yang menyukai kegiatan yang berkaitan langsung dengan manusia.

Bagi lulusan SLTA dan sederajat yang hendak memilih jurusan kuliah psikologi hendaknya berpikir cermat. Salah satunya memastikan terlebih dulu dirinya sangat menyukai aktifitas dalam menelaah  kehidupan sehari-hari manusia.

7.Menyenangi interaksi langsung dengan orang lain

Yang sangat penting, ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikologi adalah orang tersebut menyenangi kegiatan yang langsung berinteraksi dengan manusia. Sehingga bagi orang yang tidak menyukai kegiatan berinteraksi dengan orang lain sangat tidak cocok dan tak dianjurkan masuk pada jurusan psikologi. Disebabkan jurusan psikologi di kampus akan menelaah secara dalam kegiatan manusia sehari-hari.

Disamping itu, sebagai jurusan psikologi yang berhubungan dengan manusia tentu interaksi dengan banyak manusia akan terbiasa dilakukan oleh mahasiswa jurusan psikologi. Begitupula selepas lulus kuliah, jurusan psikologi akan berhubungan dengan banyak orang. Seperti menjadi manajer HRD atau konselor maupun psikolog.

keuntungan jurusan psikologi

8.Menyenangi kegiatan berkomunikasi dengan orang lain

Terakhir, ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikologi adalah orang tersebut menyukai kegiatan berkomunikasi dengan orang lain secara lisan dan tulisan yang baik. Kegiatan berkomunikasi meliputi banyak hal. Seperti kemampuan berbicara atau bercakap-cakap secara baik dengan orang lain secara personal maupun banyak orang. Disamping itu juga, ia mampu mendengarkan orang lain secara baik. Hal ini sangat berguna untuk menjalani perkuliahan di kampus dan dunia kerja sebagai manager HRD atau psikolog.

Berkomunikasi yang baik dengan orang lain juga dibutuhkan saat ia lulus jadi seorang psikolog. Dimana profesi psikolog diharuskan untuk menggali informasi sebanyak mungkin terhadap gangguan psikologis yang dihadapi oleh klien atau seseorang. Setelah mendengar masalah dan curhatan dari klien, seorang psikolog mampu memberikannya jalan kekuar dari masalahnya tersebut.

Demikianlah ciri ciri atau ketrampilan orang yang cocok dan bisa masuk jurusan psikologi. Pada tahap  yang penting adalah memiliki kemampuan berkomunikasi yang sangat baik dengan orang lain. Kemudian dilanjutkan memiliki keterampilan dalam mendengarkan secara baik pula.

Dengan penjelasan di atas, anda bisa intropeksi diri apakah anda memiliki ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan psikologi yang demikian. Jika anda mempunyai sikap-sikap tersebut semuanya maka anda sangat cocok untuk memilih jurusan kuliah psikologi di perguruan tinggi. Anda juga perlu ikut les privat SMA untuk mewujudkannya.