Hukum Hardy Weinberg merupakan suatu konsep persamaan yang mendeskripsikan adanya kesetimbangan faktor keturunan pada jumlah populasi. Ada sejumlah syarat yang mesti terpenuhi agar hukum ini berlaku dengan baik. Beberapa diantaranya seperti tak berlangsung mutasi, tak berlangsung  perkawinan acak, dan jumlah populasi yang besar dan lain-lain.

Bagi anda yang belum paham terhadap teori dan konsep hukum Hardy  Weinberg maka membaca atikel ini, anda sudah berada di zona yang tepat. Karena pada artikel kali ini akan dijelaskan secara lengkap tentang bagaimana bunyi hukum hasil temuan Hardy Weinberg beserta penerapannya.

Mengenal Hukum Hardy Weinberg

Hukum Hardy Weinberg adalah salah satu pokok bahasan yang akan dipelajari oleh siswa siswi di sekolah yang tengah duduk di bangku SMA kelas 12 pada mata pelajaran IPA Biologi. Hal itu sesuai dengan kurikulum pendidikan yang digunakannya pada kurikulum nasional.

mekanisme evolusi hukum Hardy Weinberg

Penamaan hukum ini berdasarkan nama penemunya bernama Wilhelm Weinberg yang merupakan seorang dokter ahli yang berasal dari Jerman. Penemuan hukum ini pertama kali dicetuskan pada tahun 1908. Beliau tidak sendirian, namun didukung dan dibantu oleh Godfrey Harold Hardy, seorang ahli matematika berkebangsaan Inggris dalam menemukan konsep hukum ini.

Penelitian dilakukan secara terpisah dalam menemukan fakta bahwa gen yang diwariskan tak mampu melakukan pengubahan terhadap struktur gen keturunan. Dari penemuan itulah, hukum Hardy Weinberg menjadi suatu model standar dalam pendeteksian dan perbandingan terhadap perubahan yang terjadi pada bagian proses evolusi.

Hukum Hardy Weinberg menyatakan bahwa syarat hukum ini akan berlaku dengan syarat terpenuhinya hal-hal berikut ini, antara lain : tidak terdapat seleksi alam, perkawinan yang bersifat acak, tidak berlangsungnya proses mutasi, munculnya peristiwa terisolasi oleh populasi yang lain dan terakhir karena faktor ukuran populasi yang besar.

Adapun yang menjadi hubungan antara hukum ini sangat jelas untuk proses terjadinya evolusi.  Suatu evolusi akan berlangsung jika persyaratan hukum ini tak bisa dipenuhi secara baik salah satunya. Sebaliknya, proses evolusi akan berlangsung baik jika ada unsur dalam hukum ini yang tak dapat dipenuhi secara baik dan benar.

Apa Bunyi Hukum Hardy Weinberg ?

Setiap hukum pasti mempunyai bunyinya masing-masing. Seperti hukum Archimedes, hukum Kepler, hukum Newton dan juga Hardy Weinberg. Salah satu yang terkenal dalam bidang biologi adalah hukum Hardy Weinberg.

Lantas apa bunyi hukum Hardy Weinberg? Berikut bunyi hukum ini yang menyatakan:

Frekuensi gen dan alel pada sebuah populasi berlaku bersifat tetap pada generasi kepada generasi.

Adapun pengertian gen dan alel itu sendiri adalah gen yang mempunyai kondisi di kromosom sama, namun mempunyai karakteristik yang berbagai macam dikarenakan terjadi mutasi di gen yang asli.

Rumus Hukum Hardy Weinberg

Berikut ini rumus hukum Hardy Weinberg yaitu:

P + 1 = 1

P2 + pq + q2 = 1

Dengan catatan :

P = frekuensi gen dominan yaitu A, B, C, D.

q =frekuensi gen resesif yaitu a, b, d.

q2= frekuensi alal homozigot resesif aa, bb dan cc.

2pq = Frekuensi alal heterozigot aA, Bb.

P2 = Frekuensi alat homozigot dominan AA,BB, CC

Dengan penggunaan rumus hukum ini maka anda dapat melakukan penghitungan terhadap performa evolusi. Yang tentu saja bermanfaat bagi kehidupan manusia nantinya.

Mekanisme Evolusi Hukum Hardy Weinberg Menjelaskan Mengenai Apa?

Siapa yang tidak kenal dengan hukum Hardy Weinberg. Bagi anda yang sangat familiar dengan teori mekanisme evolusi pastinya minimal pernah mendengar hukum yang berkenaan dengan mekanisme evolusi ini.

hukum hardy weinberg

Adapun pencetus dan penemu hukum ini adalah dua orang ilmuwan berasal dari Inggris yakni G.H Hardy dan  W.Weinberg. W.Weinberg sendiri adalah ahli fisika. Sedangkan G.H.Hardy merupakan ahli matematika. Perpaduan keilmuan antara keduanya melahirkan konsep hukum dari Hardy dan Weinberg.

Lantas dalam mekanisme evolusi hukum Hardy Weinberg menjelaskan mengenai apa? Hukum evolusi ini merupakan pokok materi yang terdapat pada mata pelajaran Biologi. Sehingga anda yang memyukai mata pelajaran Biologi wajib memahami  dan mengenal materi ini secara baik.

Adapun manfaat yang anda peroleh dengan memahami materi hukum ini adalah mengetahui dan mengerti  tentang proses mekanisme evolusi yang terjadi pada makhluk hidup di muka bumi.

Pada tahun 1908 merupakan tahun yang sangat penting bagi dunia biologi. Karena pada tahun ini pula dimulailah perkenalan kepada khalayak umum tentang hukum Hardy Weinberg yang berkaitan tentang teori  evolusi ke seluruh dunia.

Evolusi sendiri mengandung pengertian suatu  hal perubahan yang terjadi pada makhluk hidup pada sifat  dalam periode yang sangat lama menyesuaikan dengan terjadinya pada perubahan alam sekitarnya. Setiap makhluk hidup berevolusi dalam wujudnya asing-masing. Begitu juga yang dialami oleh manusia. Namun semua itu tidak terasa diakibatkan evolusi pada manusia memakan waktu yang sangat panjang.

Mekanisme terjadinya evolusi bisa disebabkan atau dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satunya seleksi alam yang disebut juga mutasi gen. Seleksi alam pastinya terjadi dan berjalan di muka bumi sebagai bagian dari proses alamiah. Seleksi alam akan berjalan sukses dalam menyaring manusia yang memiliki adaptasi yang lebih baik ketimbang manusia pada umumnya.

Kondisi alam yang sangat keras membuat manusia dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan atau beradaptasi secara baik. Tanpa memiliki kemampuan adaptasi yang baik maka manusia akan menjadi manusia yang akan musnah.

Berkaitan dengan evolusi tentu berkaitan dengan banyak hal. Salah satunya adalah seleksi alam. Makhluk hidup yang dapat beradaptasi maka akan mudah mengalami evolusi. Evolusi adalah perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dalam jangka waktu yang sangat lama. Hal tersebut berbanding terbalik dengan pengertian revolusi yakni perubahan yang terjadi pada manusia dalam waktu singkat.

Manusia tidak bisa hidup tanpa proses seleksi alam. Sebelum manusia lahir ke muka buni pun harus menghadapi seleksi alam mesti bersaing dengan ribuan sperma untuk menuju ovum. Dan andalah pemenangnya sampai lahir ke muka bumi.

Makhluk hidup yang terdapat di muka bumi ini dalam menghadapi tantangan di masa depannya dengan dua cara. Cara pertama adalah dengan cara beradaptasi secara baik dengan kondisi lingkungan sekitarnya. Dan manusia memiliki potensi untuk itu.

Hal ini karena manusia diberikan karunia berupa kemampuan berpikir yang baik dan anggota tubuh yang sempurna oleh Tuhan. Sedangkan cara yang kedua adalah makhluk hidup tidak mau beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Tentunya setiap pilihan mempunyai konsekuensi dan akibat masing-masing. Jika makhluk hidup tak bisa menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya akan membuat makhluk hidup tersebut akan punah.

Hal ini seperti pada perumpamaan di suatu wilayah terdapat kumpulan binatang rusa. Namun binatang rusa tersebut berada dalam ancaman besar disebabkan berdekatan sekali dengan kumpulan binatang pemangsa yakni chitah, singa, harimau dan macan.

Hukum seleksi alam berlaku pada kondisi ini. Rusa-rusa yang bisa berlari sangat kencang akan mampu bertahan hidup hingga berkembang biak. Sedangkan rusa-rusa yang tak bisa lari kencang, sakit atau kondisi lemah akan punah dimakan binatang predator.  Hal inilah yang menimbulkan lahirnya hukum Hardy Weinberg.

Apa Yang Dimaksud Dengan Kesetimbangan Hardy-Weinberg?

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan kesetimbangan Hardy-Weinberg? Kesetimbangan yang dimaksud oleh Hardy Weinberg adalah kesetimbangan yang berasal dan berdasarkan dari faktor-faktor tertentu. Seperti frekuensi alel dan frekuensi genotip, penyimpangan genetik acak, perkawinan tak acak, migrasi dan mutasi serta seleksi alam.

apa saja syarat syarat berlakunya hukum Hardy Weinberg

Adapun untuk contoh penerapan konsep kesetimbangan Hardy Weinberg adalah penghitungan yang dilakukan persentase pada komunitas manusia yang mengangkut alel bagi penyakit genetika.

Apa Saja Syarat Syarat Berlakunya Hukum Hardy Weinberg?

Tahukah kalian apa saja syarat syarat berlakunya hukum Hardy Weinberg? Adapun yang membuat hukum ini berlaku pada sejumlah situasi tertentu. Salah satunya pada kondisi populasi yang memiliki jumlah besar. Sehingga menyebabkan peluang lebih besar terhadap berlangsungnya proses level fertilitas yang lebih tinggi dan kawin yang acak.

Hal berikutnya faktor penyebab terjadinya hukum ini adalah tak berlangsungnya proses migrasi,  seleksi alam dan mutasi. Pada saat hukum ini berlangsung maka secara otomatis tak akan muncul yang namanya proses evolusi. Karena hukum ini hanya berlaku tatkala tak terjadinya evolusi.

Sebuah hukum baru bisa berjalan dengan baik apabila situasi dan kondisi yang mendukungnya. Berikut ini beberapa  persyaratan umum setidaknya lima syarat yang harus terpenuhi agar berlakunya hukum Hardy Weinberg:

  1. Berlangsungnya suatu perkawinan yang acak
  2. Tak berlangsungnya proses seleksi alam
  3. Tak berlangsungnya kejadian mutasi yang mengakibatkan jumlah mutasi pada gen dalam keadaan setimbang pada alel
  4. Tak berlangsungnya migrasi yang disebabkan populasi mengalami terisolir
  5. Populasi memiliki jumlah yang besar

Namun berdasarkan situs brainly terdapat tambahan persyaratan berlakunya hukum Hardy Weinberg didalam kehidupan manusia disamping yang lima tadi yaitu  viabilitas atau daya tahan hidup dan fertilitas atau berkaitan kekuatan reproduksi manusia.

apa bunyi hukum Hardy Weinberg

Berlakunya hukum ini berkaitan erat dengan evolusi. Adapun yang menjadi rumusnya : p + q = 1. Dengan ketentuan p adalah elel atau gen dominan. Sedangkan q adalah  elel atau gen resesif. Misalkan : AA + 2Aa+aa=1.

Hukum Hardy Weinberg menjadi sangat populer sejak dulu sampai sekarang. Sehingga para ahli membuat makalah tersendiri khusus hukum ini beserta jurnal serta aplikasinya. Namun dalam perjalanannya, hukum ini tidak berlaku sama sekali jika tidak terdapat salah satu hal persyaratan pada lima aspek di atas.

Untuk anda yang ingin mengenal lebih lengkap tentang hukum yang terkenal dan revolusioner ini anda bisa mempelajari kembali pada mata pelajaran Biologi pada kelas 12 terkait pokok bahasan hukum ini. Karena pada jenjang pendidikan tersebut tercantum materi tentang hukum ini beserta syarat-syarat berlakunya dan bunyi hukumnya.

Contoh Soal Materi Hukum Hardy Weinberg

Untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan wawasan anda tentang hukum Hardy Weinberg maka berikut ini diberikan contoh soal materi hukum ini dalam bentuk pilihan ganda yang harus dijawab secara benar.

Sebutkan salah satu faktor dan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi secara menyeluruh agar hukum ini dapat berlaku pada kehidupan manusia, terkecuali?

a.Tak berlangsung migrasi

b.Tak berlangsung mutasi

c.Adanya gamet mandul

d.Populasi individu anggota dengan jumlah besar

e.Perkawinan yang berlangsung sangat acak

Pembahasan:

Hukum Hardy Weinberg berlaku pada saat memenuhi sejumlah persyaratan berikut. Seperti reproduksi terjadinya lewat acak,  tidak munculnya kejadian seleksi alam dan mutasi serta tidak berlangsungnya suatu mutasi. Yang tak kalah penting hukum ini berlangsung manakala populasi memiliki jumlah yang sangat besar.

apa yang dimaksud dengan kesetimbangan Hardy-Weinberg

Adapun berdasarkan soal di atas bahwasanya persyaratan tak berlaku hukum ini terkecuali adalah terdapat gamet yang mandul. Sehingga jawaban yang benar adalah C.

Demikian ulasan tentang hukum Hardy Weinberg, baik tentang pengertian, mekanismenya hingga syarat berlakunya. Dalam artikel ini juga telah diberikan contoh soalnya yang sering keluar dalam berbagai ujian. Untuk memperdalam penguasaan pelajaran Biologi taka da salahnya kalian mengikuti les privat SMA terpercaya agar hasilnya lebih optimal.