Tahukah Anda apa pengertian auxiliary verb? Mungkin bagi mereka yang mempelajari bahasa inggris sudah mengenal betul tentang apa itu auxiliary verb.  Istilah kalimat dalam tata Bahasa Inggris tersebut merupakan imbuhan kata kerja  yang bermanfaat untuk mengaitkan 2 kata menjadi satu kalimat utuh. Kata kerja bantu bermanfaat dalam  memperjelas makna kata yang terdapat pada satu kalimat.

Kata imbuhan auxiliary verb dipakai dalam bahasa inggris pada kata kerja utama yang berguna dalam menampilkan penekanan, modal, aspek, tense dan lain-lain. Pendek kata, sebelum terdapat kata kerja utama pada sebuah kalimat maka terlebih dahulu timbul auxiliary verb.

Pengertian Auxiliary Verb

Pengertian auxiliary verb adalah kata bantu yang dipergunakan sebagai penjelas dan pelengkap dari kata kerja utama pada suatu kalimat berbahasa inggris. Dengan demikian, auxiliary verb tak dapat muncul dengan sendirinya. Tapi mesti ada kata kerja utama yang menyertai atau mendahuluinya.

apa itu auxiliary verb

Imbuhan “be”, “have” dan “do” merupakan imbuhan yang sangat familiar pemakaiannya dalam kalimat berbahasa inggris sehari-hari. Contoh apabila anda mau menjelaskan suatu kehendak dalam melaksanakan suatu hal umumnya anda akan melakukan penambahan imbuhan “do” sebagai penekanan kata kerja utama pada kalimat berbahasa inggris bersangkutan. Kata imbuhan itu dinamakan auxiliary verb.

Apa Itu Auxiliary Verb?

Pengertian auxiliary verb juga dikenal dengan sebutan helping verb. Lantas apa itu auxiliary verb? Ini adalah sebuah kata kerja bantu  yang dipakai bersamaan dengan kata kerja utama.

Sedangkan secara garis besar, pengertian auxiliary verb terdapat 2 macam kategori yang sebaiknya Anda tahu, yaitu :

1.Primary Auxiliary

Primary auxiliary mempunyai fungsi untuk pembentukan karakter pada kalimat. Akan tetapi tidak melakukan penambahan arti di dalam kata kerja utama. Contoh primary auxiliary yaitu to have, to do, dan to be.

2.Modals Auxiliary

Modals auxiliary merupakan elemen kata kerja bantu yang mempunyai fungsi utama dalam membentuk kata kerja utama secara utuh. Modals Auxiliary berlainan sekali dengan Primary Auxiliary. Modals Auxiliary melakukan penambahan arti dari suatu kalimat. Contoh kata dari Modals Auxiliary adalah Ought to, Must, May, Had to, Might, Could, Can, Should, Shall, Would, dan Will.

Jenis Jenis Auxiliary Verb

Salah satu pertanyaan yang kadang timbul di kalangan orang-orang  yang sedang belajar tata bahasa inggris adalah kapan menggunakan auxiliary verb dalam kalimat?

pengertian auxiliary verb

Pengertian auxiliary verb sebagai kata kerja bantu digunakan untuk membuat semakin jelas dan lengkap arti dari kata kerja utama. Adapun yang termasuk dalam auxiliary verb adalah modals, have, be dan do.

Sementara itu berdasarkan jenisnya, auxiliary verb terbagi ke dalam 4 jenis yang wajib Anda ketahui, yaitu:

1.Have

Jenis auxiliary verb pertama adalah Have. Pemakaian kata kerja bantu  yang satu ini dipakai hanya pada kalimat perfect tense. Semisal Had, Has dan Have. Sedangkan untuk Have dipakai untuk kalimat future perfect dan present. Adapun had dipakai bagi past perfect. Berikutnya has diperuntukkan bagi present perfect.

2.Do

“Do” merupakan salah satu auxiliary verb yang diperuntukan dalam menjelaskan verb. Mencakup do, done, did dan does. Did dipakai bagi past tense. Does atau do dipakai bagi present tense. Adapun done diperuntukkan bagi past perfect tense.

Namun penggunaan did, does dan do umumnya kerap tampil pada kalimat yang memiliki bentuk negatif. Sebagai contoh : Actually, they do not know about the real story, they just act as they know. Contoh lain : We don’t have time to do this useless task!

3.Be

Untuk be sendiri mencakup to be, being, been, were, was, are, am, dan is. Be umumnya dipakai dalam menjelaskan present participle, noun, dan adjective. Pemakaian be mesti berdasarkan kesesuaian pada subjek yang sudah mengawalinya. Contoh Subjek I bisa diikuti oleh auxiliary verb berupa am atau was. Sedangkan subjek He, It atau She diikuti oleh Is. Berikutnya subjek you bisa diikuti oleh auxiliary verb “are” atau “were”.

4.Modals

Terakhir, jenis auxiliary verb adalah Modals. Pengertian auxiliary verb jenis ini merupakan bentuk atau jenis auxiliary verb yang dapat menampilkan segala kemungkinan atau kesanggupan yang memberikan ijin. Modals terbagi ke dalam berbagai macam bentuk rupa. Seperti would, will, have to, must, should, shall, might, may, be able to, could, dan can. Contoh kalimat auxiliary verb modals yaitu : I can tell the world that I Love you, forever love you.

Apa Fungsi Dari Auxiliary Verb?

Penggunaan auxiliary verb sangat dibutuhkan ketika sebuah kalimat harus diperjelas pada kata kerja utamanya. Adapun penempatannya sebelum kata kerja utama.

apa fungsi dari auxiliary verb

Dengan kepandaian dan kemampuan anda memahami pengertian auxiliary verb akan membuat anda bisa menyelesaikan sebuah tenses secara baik dan benar. Berikut ini penjelasan apa fungsi dari auxiliary verb.

1.Sebagai penghubung subjek dengan predikat

Contohnya pada kalimat berikut:

“I am a teacher atau we are happy”.

Dari kalimat di atas auxiliary verb berupa are dan am yang memiliki fungsi sebagai penghubung antara kata subjek dan predikat.

2.Pembentukan kalimat

Apa fungsi dari auxiliary verb lainnya? Fungsi yang kedua adalah sebagai pembentuk kalimat. Misalkan : He is reading newspaper now (Dia sedang membaca surat kabar sekarang ini). Dengan pengertian auxiliary verb, maka membuat sebuah kalimat menjadi utuh terhadap pengertian dan maknanya.

3.Pembentukan kalimat pasif

Fungsi Auxiliary verb selanjutnya adalah untuk pembentukan kalimat pasif.

4.Melakukan

Apa fungsi dari auxiliary verb berikutnya adalah kata kerja yang memberikan arti melakukan atau mengerjakan. Seperti done, did, does atau to do. Misalkan : He did the homework yesterday.

5.Pembentukan kalimat tanya

Fungsi auxiliary verb selanjutnya adalah sebagai pembentuk kalimat tanya. Contohnya :   Did you go to school?

apakah auxiliary verb bisa digabungkan dengan verb lain

6.Membentuk kalimat negatif

Fungsi dan pengertian auxiliary verb berikutnya adalah sebagai pembentuk kalimat negatif atau menyangkal.  Misalkan : He does not do her homework.

7.Pembentukan kalimat berupa jawaban singkat

Yang tak kalah penting dari fungsi auxiliary verb adalah membentuk kalimat dalam bentuk jawaban singkat. Seperti  : Did you see my sister? No, I didn’t.

8.Memiliki

Fungsi dari auxiliary verb berikut adalah memberi arti kata memiliki. Contohnya had, has dan have. Misalkan dalam bentuk kalimat : I have new car.

9.Kata kerja bantu pada past perfect tense, present perfect tenses dll

Misalkan : “He has bought a new book”.

Apakah Auxiliary Verb Bisa Digabungkan Dengan Verb Lain?

Kata kerja bantu atau auxiliary verb merupakan salah satu materi pada mata pelajaran bahasa inggris yang diajarkan pada siswa siswi di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pengertian auxiliary verb sangat menarik dan mudah untuk dipelajari. Dengan mempelajarinya maka akan membuat kemampuan bahasa inggris anda akan meningkat lebih baik lagi secara lisan maupun tulisan.

apakah auxiliary verb

Namun apakah auxiliary verb bisa digabungkan dengan verb lain? Untuk lebih memahami pengertian auxiliary verb, kata kerja utama atau main verb bisa digabungkan dengan verb lain. Namun dibatasi hingga sebanyak-banyaknya 3 auxiliary verb.

Contohnya : “The guests should have gone home”.

Dalam hal ini, kata kerja bantu “Should” sebagai modal verb.  Primary Auxiliary verb yaitu Have.

Contoh Kalimat Tanya dengan Auxiliary Verb Do

Terkait apakah auxiliary verb bisa digabungkan dengan verb lain, bisa kita lihat contoh lainnya. Do adalah bagian dari Auxiliari Verb. Adapun rumus penggunaan dalam kalimat tanya mesti ditambahkan infinitive tanpa “to”. Seperti contoh kalimat tanya auxiliary verb Do : “Does he speak English? (Apakah dia memakai bahasa Ingggris?”

Kata “Do” juga tak diperbolehkan dipakai bersama-sama  auxiliary verb yang lain. Misalkan May, Will, Have, Can dll. Contohnya : “Can You swim?”. Pertanyaan ini baru dinyatakan benar. Sedangkan kalimat pertanyaan yang salah adalah : “ Do you can swim?”

Contoh lainnya : Have your drunk your milk?” (Apakah anda telah minum susu anda?”). Ini dapat dikatakan betul. Sedangkan pertanyaan menjadi salah jika kata “do” digabungkan dengan verb lain. Contoh : “Do you have drunk your water?”

Selanjutnya yang perlu diketahui dari rumus penggunaan kalimat pertanyaan dengan kata “Do” adalah tak dipakai pada kata tanya tertentu. Misalkan which, what, dan who. Contoh yang benar adalah “Who said that?” (Siapa yang berkata begitu?).

Kesimpulan

Dari penjelasan dan uraian di atas maka dapat ditariklah sebuah kesimpulan bahwa pengertian auxiliary verb merupakan kata kerja bantu yang mempunyai beberapa fungsi dan macam yang sangat penting pada tenses.

auxiliary verb

Setidaknya terdapat  4 macam auxiliary verb yang penting tersebut, antara lain:

1.Modals Verb

Jenis auxiliary verb modals verb penempatannya sebelum kata kerja utama yang mampu mengubah atau modifikasi arti dari kata kerja utama. Contoh : may dan might atau could dan can.

2.Have

Pengertian auxiliary verb bentuk have bermanfaat dalam pembentukan perfect tense. Yang mencakup had, has dan have. Contohnya : Elan has studied in Japan since Agustus. ( Elan sudah belajar di negara Jepang sejak bulan Agustus).

3.Be

Untuk jenis auxiliary verb bentuk be terdiri-dari to be, being, been, were, was, are, is dan am. Berikut ini salah satu contoh auxiliary verb be dalam bentuk kalimat: I am making a glass.

4.Do

Auxiliary verb do memiliki fungsi sebagai penekanan terhadap kata kerja utama. Yang meliputi done, did, does dan do. Contoh : I do finish my homework.

Demikianlah pengertian auxiliary verb yang dapat penulis sampaikan secara singkat. mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda sekalian yang sedang mempelajari bahasa inggris secara autodidak maupun lewat mentor. Namun perlu digarisbawahi bahwa mempelajari bahasa inggris tidak bisa hanya dengan bermodalkan belajar secara otodidak. Seseorang mesti mempunyai mentor. Minimal bergaul dan banyak berkonsultasi serta belajar dengan para jago bahasa inggris.

Salah satu cara belajar bahasa inggris yang tepat dan terbaik adalah mengikuti bimbel bahasa inggris terbaik dan terpercaya. Seperti di Edumaster Privat. Edumaster Privat menyediakan guru les privat datang ke rumah yang kompatibel dan profesional dengan biaya les privat bahasa inggris sangat terjangkau. Setiap peserta akan diberikan keterampilan dalam percakapan bahasa inggris maupun aturan tata bahasa inggris.

Edumaster Privat menyediakan kursus privat bahasa Inggris bagi pelajar SD, SMP, dan SMA atau sederajat menggunakan kurikulum nasional atau internasional. Peningkatan motivasi belajar bahasa Inggris dan prestasi akademik dalam mata pelajaran bahasa Inggris akan meningkat dengan mengikuti les privat bahasa Inggris di Edumaster Privat, termasuk dalam memahami pengertian auxiliary verb.