Peran orang tua dalam mendidik anak sangatlah besar. Hal tersebut karena orang tua merupakan orang terdekat yang paling utama dari seorang anak. Bahkan orang tua adalah guru pertama dari anak dalam menjalani kehidupan. Apa yang dilakukan oleh orang tua akan ditiru oleh anak sebagai tempatnya belajar.

Orang tua dalam lingkungan keluarga memegang peranan penting bagi seorang anak. Seorang anak yang baik akan dihasilkan dari orang tuanya yang baik pula. Hal tersebut telah disinggung dan ditandaskan oleh agama apapun di dunia. Seperti pada agama Islam.

Dalam ajaran agama Islam  tidak hanya menuntut seorang anak untuk berbakti kepada kedua orang tuanya.  Namun orang tua wajib pula atau dituntut untuk mendidik anak secara baik sesuai panduan dalam Al Quran dan hadis.

Sebuah hadis masyhur dari Rasulullah SAW menyebutkan bahwasanya setiap bayi yang baru lahir dalam keadaan bersih. Yang mempengaruhi bayi adalah kedua orang tuanya. Jika orang tuanya mendidik anak secara baik maka anaknya akan menjadi baik. Begitu juga sebaliknya, jika orang tuanya mendidik anak secara jahat maka anaknya akan jadi anak jahat.

Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Peran orang tua terhadap anak sangat besar. Perannya bukan hanya pada segi ekonomi atau membiayai kebutuhan  anak sehari-hari. Tapi juga mencakup peran orang tua dalam mendidik anak dalam hidup kesehariannya. Misalkan dengan memberikan contoh teladan yang baik dalam bersikap maupun berpikir.

peran orang tua dalam mendidik anak menurut islam

Sebagai orang tua tentunya anda mempunyai tanggung jawab yang sangat besar terutama dalam mendidik anak. Setiap orang tua pastinya menginginkan anaknya dapat berlaku baik dan bersikap penurut.

Namun hal itu tak bisa dilakukan dengan orang tua hanya berpangku tangan. orang tua  harus memiliki niat dalam mendidik anak secara baik. Kemudian disertai tekad yang kuat dan menerapkan strategi yang harus dilakukan.

Pendek kata, ada beberapa hal atau cara yang perlu dilakukan oleh orang tua dalam mendidik anak secara baik. Salah satu peran orang tua dalam mendidik anak adalah dengan memberikan contoh keteladanan yang baik di hadapan anak-anaknya. Sehingga sang anak terpacu untuk melakukan hal baik seperti yang dilakukan oleh orang tuanya.

Sementara itu, setiap lelaki ataupun wanita yang telah dewasa dan masih lajang pastinya mempunyai keinginan yang sangat besar untuk mendapatkan pasangannya. Kemudian selepas memiliki pasangan yakni suami atau isteri maka cita-cita berikutnya adalah mempunyai anak keturunan.

Ada banyak manfaat dari melangsungkan pernikahan bagi mereka laki-laki atau perempuan dewasa yang sudah mampu. Salah satunya adalah untuk mengikuti sunnah Rasulullah SAW disamping untuk melangsungkan keturunan di muka bumi. Tentunya yang diharapkan adalah mempunyai keturunan yang baik. Seperti anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya.

Apa Saja Peran Orang Tua Terhadap Anak?

Sudah menjadi kewajiban seorang anak berbakti kepada kedua orang tuanya. Bahkan sang anak harus mengikuti sikap dan tindakan orang tuanya yang baik. Hal itu sudah umum dilakukan oleh seorang anak. Karena sang anak sangat menghormati sosok orang tuanya dan menganggapnya sebagai orang yang sangat serba tahu dan berpengalaman. Lantas apa saja peran orang tua terhadap anak?

Sudah menjadi sikap dan tabiat seorang anak adalah meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Sehingga setiap orang tua mesti menjaga sikap yang baik di hadapan anak jika menginginkan anaknya baik. Karena apa yang  dilakukan oleh orang tua akan dilakukan oleh anak pula. Sebab guru pertama  bagi seorang anak bukanlah guru di lingkungan sekolahnya. Tapi guru pertama bagi anak adalah orang tuanya di rumah. Hal tersebut diperkuat lagi dengan bukti bahwa waktu yang dihabiskan oleh seorang anak lebih banyak di rumah.

apa saja peran orang tua terhadap anak

Dalam cara atau metode mendidik anak pastinya setiap orang tua berbeda-beda. Hal tersebut berdasarkan keyakinan, pemikiran, dan pengalaman yang dimilikinya masing-masing. Tidak ada  ketentuan yang pasti dalam mendidik anak secara rinci, baik dan benar. Hal itu disesuaikan situasi dan kondisi pada anak. Akan tetapi semua orang tentu sepakat bahwa peran orang tua dalam mendidik anak sangat penting dan besar.

Nasib dan kehidupan seorang anak di masa mendatang sangat ditentukan oleh didikan yang diberikan  orang tuanya pada anak. Sejumlah bukti menunjukkan bahwasanya kesuksesan seorang anak ditentukan pula oleh didikan yang baik dari orang tua kepada anaknya.

Berikut ini gambaran singkat dan besar dari peran orang tua dalam mendidik anak. Misalkan menciptakan kebiasaan yang baik bagi anak dan memberikan makanan dan minuman yang memiliki kandungan vitamin dan mineral secara lengkap.  Sehingga dengan demikian kesehatan fisik dan kekebalan tubuh anak dapat terjaga dengan baik.

Apa Saja Tugas dan Peran Orang Tua?

Tahukah Anda apa saja tugas dan peran orang tua? Tugas orang tua pada anak adalah memberikan kecukupan terhadap sandang, pangan dan papan. Hal tersebut bersifat materi. Namun ada lagi tugas orang tua pada anak yang lebih penting lagi yakni mendidik anak dengan baik sesuai dengan cara didikan yang baik dan benar sesuai agama dan norma hukum yang berlaku di masyarakat yang beradab.

Sedangkan yang menjadi tugas orang tua pada anak tak terlepas dari peran penting orang tua bagi anak.  Karena anak merupakan titipan dan amanah dari Tuhan. Yang kelak orang tua akan dimintai pertanggungjawaban terhadap anak yang dipimpinnya. Tugas yang diberikan Tuhan kepada orang tua merupakan bentuk tanggung jawab dan peran orang tua sehari-hari dalam mendidik anak.

Sebenarnya banyak hal apa saja yang menjadi tugas dan peran orang tua dalam mendidik anak. Seperti melakukan stimulus yang baik pada anak dari segi perkembangan emosional anak dan sosial anak yang baik.

Berdasarkan suatu riset yang dilakukan oleh lembaga independen terpercaya bahwasanya adanya keterkaitan langsung antara perkembangan emosional anak dan perkembangan sosial anak berhubungan dengan prestasi akademik anak.

Anak yang mempunyai interaksi sosial yang harmonis dengan guru, pengasuh, keluarga dan orang tua maka akan bisa memiliki prestasi akademik di sekolah secara jauh lebih bagus  dibandingkan anak yang lainnya.

Seorang anak yang mampu berkembang secara baik dalam lingkup kemampuan emosional maupun sosial akan membuat mereka tampil lebih percaya diri. Ia akan belajar terhadap ilmu baru secara baik.

Sedangkan untuk mendapatkan kemampuan yang baik dari  seorang anak terhadap perkembangan emosional dan sosial maka seorang anak bersangkutan  sangat ditentukan oleh pengaruh dari orang tuanya dan pengalamannya. Jangan sampai orang tua melakukan kesalahan dalam mendidik anak.

peran orang tua dalam mendidik anak

Disamping dipengaruhi peran orang tua dalam mendidik anak, perkembangan emosional dan sosial anak dipengaruhi juga oleh temperamen atau kebiasaan dan genetik pada anak. Sehingga urutan pertama faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial dan emosional anak ditentukan oleh orang tuanya sendiri. Hal tersebut membuat orang tua mesti memberikan contoh teladan yang baik kepada anaknya.

Sang anak adalah pribadi yang memiliki kebebasan yang hakiki. Sang anak bisa dengan bebas menentukan terhadap nasibnya. Namun  untuk mendapatkan nasib yang baik seorang anak membutuhkan bimbingan dan didikan yang baik dari orang tuanya.

Setiap orang tua dalam menjalankan peranannya menginginkan anaknya memiliki nasib dan jalan hidup yang baik. Salah satu cara yang bisa ditempuh oleh orang tua adalah  memberikan kesempatan pada anak untuk bisa melakukan aktifitas bermain sehari-hari dengan teman-teman sebayanya secara menyenangkan. Termasuk dengan menonton film yang mendidik.

Dengan memberikan kebebasan pada anak dalam melakukan aktifitas bermain dengan anak-anak seumurannya maka secara tak langsung memberikan pelajaran dan pengajaran pada anak tentang bagaimana cara menghargai dan bersosialisasi dengan orang lain serta mampu bertindak secara kooperatif.

Tugas dan peran orang tua dalam mendidik anak berikutnya adalah memperkenalkan terhadap perasaan-perasaan anak yang dirasakannya pada berbagai situasi. Misalkan mengenalkan perasaan sedih, marah, dan senang serta bagaimana cara mengekspresikannya secara baik dan benar.

Tugas dan peran orang tua selanjutnya adalah mendorong kepada anak untuk mencoba melakukan hal-hal yang baik dan baru bagi anak.  Semua itu akan bermanfaat bagi anak dan orang tua dalam mengukur kemampuan anak. Jika sang anak mampu melakukannya akan menimbulkan motivasi dan rasa percaya diri yang tinggi.

Peran dan tugas orang tua yang tak kalah penting adalah dalam mendorong anak untuk melakukan imajinasi yang baik. Seperti dengan memberikan perlengkapan permainan peraga, kostum maupun berbagai jenis permainan yang bersifat edukasi.

Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Menurut Islam

Bagaimana peran orang tua dalam mendidik anak menurut islam? Cita-cita yang mulia setiap orang tua beragama Islam adalah melahirkan anak yang soleh, pintar dan berbakti kepada orang tua.

Untuk menciptakan semua itu tentu membutuhkan didikan yang baik pada anak. Didikan yang baik pada anak menurut syariat Islam adalah mengikuti pedoman cara mendidik anak sesuai yang ditentukan pada Al Qur’an dan hadis.

Tugas dan peran orang tua juga melibatkan aspek kemanusiaan dan kebaikan kepada sesama manusia. Orang tua mesti mengajarkan pada anak tentang bagaimana bisa mengenal orang-orang di sekitarnya dan memiliki rasa perhatian pada orang di sekitarnya yang tak mampu atau kurang beruntung. Misalkan dengan berbuat murah hati atau  bertindak baik saat berinteraksi dengan orang tersebut .

Berikut ini beberapa peran penting orang tua dalam mendidik anak menurut Islam yang sebaiknya kalian tahu.

1.Mengikuti jaman

Peran orang tua dalam mendidik anak haruslah disesuaikan dengan perkembangan jaman terbaru. Termasuk saat menghadapi anak yang senang membantah.

2.Pembentukan karakter yang baik

Peran orang tua dalam mendidik anak selanjutnya menurut Islam adalah mengajak anak untuk berbuat adil dan kebaikan dan mencegah anak berbuat kemungkaran dan dosa. Dalam ajaran agama Islam, seorang anak dituntut untuk bersyukur kepada kedua orang tuanya yakni ayah maupun ibu. Karena ayahnya yang telah membiayai kehidupannya sejak kecil sampai dewasa.

tugas orang tua dalam mendidik anak

Rasa syukur anak harus dilakukan pula kepada ibunya. Sebab ibunya yang telah mengandungnya hingga bersusah payah dalam melahirkan dan membesarkannya. Oleh sebab itulah, seorang anak dituntut untuk berbakti kepada kedua orang tuanya terutama ibu.

3.Menciptakan anak yang beriman dan bertakwa

Peran orang tua dalam mendidik anak sangat besar. Termasuk dalam mendidik anak menjadi pribadi yang beriman, produktif, pekerja keras, dan bertakwa kepada Allah swt.  Semua itu dapat diwujudkan dengan orang tua memberikan contoh keteladanan yang baik dan patut diikuti anak.

Cara Orang Tua Mendidik Anak Dengan Baik

Sudah hal yang umum setiap  orang tua bercita-cita bisa mendapatkan anak yang bertanggung jawab, displin, ramah,  sopan,cerdas dan soleh serta yang terangkum pada anak  bisa berkembang secara optimal di masa depan.  Untuk mewujudkan semua itu diperlukan cara mendidik anak dengan baik.

Tanpa panjang lebar, berikut ini beberapa cara orang tua mendidik anak dengan baik yang bisa dilakukan.

1.Menerapkan dan menanamkan pada anak untuk selalu menjaga tindakan dan perkataan jujur

Cara orang tua mendidik anak dengan baik selanjutnya adalah membiasakan anak untuk berlaku dan bersikap serta bertindak ataupun berkata-kata secara jujur. Hal tersebut akan berguna bagi anak  di masa depan dalam hubungannya dengan sesamanya dan agamanya yang merupakan bagian dari pentingnya peran orang tua dalam mendidik anak.

apa saja tugas dan peran orang tua

2.Memunculkan rasa kasih sayang  dalam pribadi anak

Seorang anak sudah diberikan tabiat oleh Tuhan untuk memiliki rasa cinta dan kasih sayang pada sesamanya. Namun hal tersebut perlu didorong dan ditanamkan lebih lanjut oleh orang tua pada anak tercinta.

Salah satunya dengan memberikan  keteladanan tindakan bagaimana bentuk rasa kasih sayang yang harus dimiliki dan diaplikasikan anak serta disampaikan pada orang lain secara baik.

Demikianlah peran orang tua dalam mendidik anak yang sangat penting. Melalui mereka dan lingkungan keluarga-lah anak-anak mengenal dan mengetahui berbagai hal untuk perkembangannya. Orang tua juga perlu memilihkan lembaga bimbel maupun les privat terbaik untuk meningkatkan prestasi belajar anak di sekolah.