Perbedaan les privat dan bimbel masih sering menjadi pertanyaan yang menggelitik bagi sebagian orang. Walaupun tampaknya sama tapi kedua istilah ini berbeda secara esensial. Lalu bagaimana cara kita membedakan bimbingan belajar dengan les privat? Untuk mengetahui lebih lengkap, silahkan simak terus artikel ini sampai akhir.

Pendidikan merupakan hak asasi manusia yang paing mendasar. Pendidikan akan membuat seseorang yang tidak bisa menjadi bisa dan lebih mampu melakukan berbagai hal. Pendidikan juga bisa membuat kita terbebas dari kemiskinan dan kebodohan. Karena itulah setiap orangtua akan menginginkan anaknya mendapatkan pendidikan yang terbaik.

Pendidikan juga merupakan sebuah investasi yang hasilnya tidak kita rasakan saat ini. Hasil dan manfaatnya baru akan kita rasakan dalam perjalanan hidup anak selanjutnya. Sehingga para orangtua akan berusaha memilih dan menyekolahkan anaknya ke sekolah yang terbaik walaupun biayanya mahal. Mereka berharap dengan sekolah yang terbaik akan memberikan hasil terbaik untuk masa depan anak-anaknya.

les privat

Sistem pendidikan nasional kita terbagi menjadi pendidikan formal, informal dan pendidikan non formal. Untuk pendidikan formal meliputi jenjang sekolah TK, SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi. Sedangkan pendidikan non formal bisa meliputi bimbingan belajar (bimbel), les privat, kursus, pelatihan, seminar, workshop, dan lain sebagainya.

Pengertian les privat dan bimbel secara umum adalah suatu pengajaran yang sifatnya tambahan. Dalam arti, seorang siswa sudah mendapatkan pengajaran di sekolah formal. Namun jika merasakan kurang memenuhi kebutuhan bisa mengikuti les privat dan bimbel di luar jam sekolah formal.

Perbedaan Les Privat dan Bimbel

Bagi orang awam terkadang sangat kesulitan membedakan antara les privat dan bimbel. Padahal keduanya sangat berbeda. Untuk persamaan antara les privat dan bimbel adalah keduanya sama-sama termasuk dalam lembaga pendidikan yang bersifat informal atau tak resmi.

Kursus, les privat dan lembaga Bimbingan Belajar di Indonesia sangat menjamur. Beberapa diantaranya sudah berbentuk waralaba seperti Primagama. Untuk materi yang diberikan pada lembaga bimbel, kursus dan les privat berbeda-beda tergantung ciri khas masing-masing lembaga.

Baca juga Les Privat Kimia dan Guru Online

Ada lembaga kursus yang mengajarkan keterampilan mengemudikan mobil yang disebut kursus Stir. Kemudian ada lembaga pendidikan yang mengajarkan cara mengoperasikan komputer dinamakan lembaga kursus komputer, dan banyak lagi lembaga lainnya yang memberikan pendidikan informal.

perbedaan les privat dan bimbel

Untuk mengetahui perbedaan les privat dan bimbel marilah kita mulai dengan mempelajari dan memahami pengertian masing-masing. Kita mulai dari pengertian Bimbingan Belajar (Bimbel).

Pengertian Bimbel Adalah

Lembaga bimbingan belajar atau bimbel adalah lembaga yang didirikan dengan tujuan untuk memberikan pendidikan, pengajaran, atau pelatihan kepada peserta didik atas suatu mata pelajaran atau topik tertentu. Bimbingan belajar tak jauh beda dalam menggunakan metode pengajaran seperti pada kelas sekolah.

Setiap peserta didik berkumpul dalam suatu ruangan seperti kelas di sekolah. Tenaga pengajar akan memasuki ruangan kelas ketika jam pelajaran sudah dimulai. Pada lembaga bimbel biasanya hanya ada satu tenaga pendidik. Tenaga pendidik ini sangat menguasai terhadap materi yang diajarkan kepada murid.

Kualitas tenaga pengajar pada lembaga bimbingan belajar umumnya lebih baik ketimbang guru sekolah formal. Utamanya dalam penguasaan materi yang diajarkannya. Mereka mampu membangkitkan semangat atau motivasi anak untuk belajar lebih giat lagi. Mereka bahkan bisa mengajarkan pelajaran yang sulit bagi siswa menjadi sesuatu yang mudah. Soal-soal yang rumit dapat dipecahkan dengan penyelesaian yang mudah dan ringkas.

Jumlah peserta didik bimbingan belajar tidaklah terlalu banyak. Hal ini biasanya sudah ditentukan kuota jumlah peserta didik. Jumlahnya dibatasi misalkan lima orang. Tujuannya untuk efektivitas pengajaran di bimbingan belajar. Dengan jumlah murid yang sedikit akan memudahkan tenaga pengajar mengawasi perkembangan setiap siswa dalam memahami mata pelajaran yang diajarkannya.

perbedaan les privat dan bimbel

Sekarang bandingkan jumlah peserta didik di bimbel dengan jumlah peserta didik di sekolah tentunya jauh lebih besar yang sekolah. Satu kelas di sekolah bisa mencapai 40 murid. Sedangkan jumlah siswa di lembaga bimbel tidak sebanyak itu. Kalaupun besar jumlah peminatnya biasanya akan dibagi ke dalam beberapa kelas yang lebih kecil. Lembaga bimbel tentunya ingin pengajaran mereka akan lebih efektif dan setiap peserta bimbel akan mendapat perhatikan yang sama.

Lihat juga Les Privat Vokal, Materi dan Biayanya

Untuk orangtua yang ingin meningkatkan prestasi anaknya terhadap suatu mata pelajaran bisa mengikutkannya ke lembaga bimbel. Ada banyak lembaga bimbingan belajar yang terdapat di daerah anda. Namun untuk mengikuti bimbingan belajar ini ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan. Terutama masalah waktu.

Mendaftarkan dan mengikuti bimbel membuat anda harus pintar memilihkan waktu yang tepat untuk anaknya. Padahal, lembaga bimbel hanya menyediakan waktu pengajaran pada jam-jam tertentu di luar sekolah.

Dengan demikian, setiap calon peserta mesti memperhatikan jam-jam waktu bimbel dengan seksama. Anda mesti memastikan waktu belajar di lembaga bimbel tidak mengganggu aktivitas anak di sekolah. Hal ini mengingat hal yang menjadi kekurangan lembaga bimbingan belajar adalah waktu yang tidak fleksibel.

pengertian bimbel adalah

Kelebihan Mengikuti Bimbel

Untuk lebih memahami perbedaan les privat dan bimbel penting untuk mengeathui apa saja kelebihan mengikuti bimbel. Ada sejumlah kelebihan belajar di lembaga bimbingan belajar yang meliputi:

1.Tenaga Pengajar yang Berkualitas

Guru yang dihadirkan dalam proses belajar di lembaga Bimbel biasanya berjiwa muda dan enerjik. Ia lebih modern ketimbang guru di kelas sekolah formal.

2.Setiap Siswa Diperhatikan dengan Baik

Dengan jumlah murid yang dibatasi maka akan memudahkan guru untuk mengetahui sejauhmana pemahaman siswa terhadap suatu mata pelajaran yang diajarkannya.

3.Pemecahan Soal yang Efektif

Guru di lembaga Bimbel akan proaktif memberikan soal-soal latihan yang tersulit. Kemudian dipecahkan secara bersama-sama dengan para peserta didik.

Pengertian Les Privat

Setelah menjelaskan mengenai pengertian bimbel adalah lembaga bimbingan belajar, sekarang kita akan membahas pengertian les privat. Kedua jenis embaga ini sama-sama memiliki pengertian yang berkaitan dengan dunia pendidikan non formal. Yang menjadi letak perbedaan terutama pada sistem pembelajarannya.

pengertian les privat

Belajar di les privat akan semakin sering belajarnya. Hal ini menjadi tugas seorang tenaga pengajar untuk memastikan setiap pesertanya mendapat pengajaran hingga menjadi tahu. Perbedaan les privat dan bimbel tampak dari jumlah peserta didiknya. Jumlah peserta didik pada bimbel dibatasi sampai lima atau sepuluh orang. Sedangkan pada les privat, jumlah peserta didik lebih kecil lagi. Seorang guru bahkan bisa menangani satu orang murid saja.

Kelebihan Les Privat

Yang menjadi kelebihan les privat cukup banyak dibandingkan dengan belajar pada lembaga bimbel. Berikut ini berbagai kelebihan les privat ketimbang bimbel.

1.Waktu Belajar yang Fleksibel

Kelebihan yang utamanya terletak pada waktu belajar yang fleksibel. Anda bisa memilih waktu belajar les privat sesuai keinginan pada waktu-waktu jam kosong.

2.Pemilihan Tempat Yang Fleksibel

Perbedaan les privat dan bimbel selanjutnya juga pada pemilihan tempat yang fleksibel. Bahkan faktor ini menjadi kelebihan les privat ketimbang bimbel. Namun pengertian les privat tak selalu harus di rumah. Anda bisa menentukan tempat les privat dimanapun yang anda inginkan. Baik itu di rumah, kafe, perpustakaan, di kamar atau ruangan khusus belajar.

les privat online

Namun agar hasilnya optimal sebaiknya pastikan tempat yang nyaman untuk belajar. Salah satu bidang keilmuan yang sering dijadikan les privat adalah bahasa asing seperti bahasa Inggris.

3.Gaji Guru Les Privat Lebih Besar

Gaji guru les privat dapat dikatakan lumayan besar. Bahkan dalam satu bulan seorang pengajar les privat bisa menghasilkan uang hingga Rp 10 juta. Namun yang menjadi tanggungjawabnya juga besar. Ia harus bisa menjamin setiap peserta didik bisa menguasai materi yang diajarkannya dengan baik.

4.Jenis Pelajaran Lebih Luas

Les privat bukan hanya bisa dilakukan pada mata pelajaran sekolah seperti bahasa Indonesia, matematika, bahasa inggris, kimia, fisika tapi keterampilan atau bidang lain juga dapat diajarkan pada les privat. Seperti keterampilan bermain suatu cabang olahraga, seperti bulutangkis atau catur, les vokal, dan lain sebagainya.

Baca juga Guru Privat Bahasa Inggris Untuk Karyawan

Mengikuti les privat lebih menyenangkan ketimbang bimbingan belajar. Fleksibel soal waktu dan tempat menjadi keunggulan tersendiri. Ditambah lagi guru akan terfokus pada satu siswa sehingga memudahkannya dalam memberikan pelajaran dan arahan secara baik dan benar. Guru yang menyediakan les privat ini mesti guru yang berkualitas bagus dan menguasai benar apa yang diajarkannya.

Jika pada bimbingan belajar terkadang masih ada siswa yang tidak menguasai atau memahami mata pelajaran yang diajarkan dan malu bertanya maka pada les privat hal semacam itu bisa dihindarkan. Seorang siswa akan dipantau dan dibina terus sampai ia bisa menguasai ilmu atau keterampilan yang diajarkannya. Itu merupakan perbedaan les privat dan bimbel lainnya.

Dari penjelasan di atas kita dapat mengetahui bahwasanya yang menjadi persamaan antara bimbel dan les privat adalah dari segi materi yang diajarkan. Umumnya materi yang diajarkan adalah mata pelajaran yang sulit. Sedangkan jika materi yang diajarkan perihal keterampilan seperti keterampilan memasak, stir mobil, service hp dan lain-lain maka itu termasuk ke dalam lembaga kursus.

Persamaan Antara Les Privat dengan Bimbel

Secara umum, perbedaan les privat dan bimbel yang terlihat adalah pada materi pengajarannya. Bimbingan belajar (bimbel) adalah lembaga yang dibentuk dengan tujuan agar siswa dapat lebih memahami suatu mata pelajaran sekolah. Misalkan jika ada seorang siswa mendapatkan nilai yang buruk dari pelajaran matematika di sekolah, maka ia mengambil les tambahan di bimbel untuk mendalami mata pelajaran matematika itu.

pengertian les privat

Materi yang diberikan di bimbel tak jauh beda dengan materi pelajaran sekolah. Sehingga soal-soal yang sulit di sekolah dapat dipelajari jawabannya pada bimbel. Guru bimbel akan memberikan sejumlah trik dan tips menyelesaikan soal-soal sulit menjadi mudah dijawab dengan metode tertentu yang lebih praktis yang tidak diajarkan di sekolah.

Sedangkan les privat adalah teknik pembelajaran secara man to man atau murid dengan guru sendirian. Les privat dinilai lebih efektif dalam pembelajaran karena guru dan siswa bisa lebih fokus tanpa adanya gangguan dari siswa lain. Guru dan murid saling berhadapan. Guru akan memberikan materi sampai sang murid menguasai secara benar.

Secara sekilas, les privat dengan bimbel tampak sama atau serupa. Padahal keduanya berbeda. Ada banyak hal yang membuat les privat dan bimbingan belajar berbeda seperti telah dijelaskan sebelumnya. Sedangkan persamaannya hanya terletak pada tujuan yang sama yakni membimbing dan mengarahkan peserta didik dalam menyelesaikan suatu mata pelajaran. Sehingga mata pelajaran yang diajarkan lebih dikuasai dengan baik dan mendalam.

Persamaan kedua antara les privat dengan bimbel adalah terhadap hasil yang ingin diraih. Kebanyakan orang atau hampir semua peserta didik memilih mengikuti bimbel dan les privat untuk meningkatkan nilai ujian mata pelajaran itu di sekolah. Pembelajaran di sekolah terhadap suatu mata pelajaran seringkali tidak cukup. Dikarenakan waktu yang terbatas dan guru yang kurang mengetahui teknik mengajar yang baik.

Berikut ini persamaan antara les privat dan bimbel yakni terletak pada tenaga guru yang  terkordinasi dalam satu organisasi komersial. Tenaga pendidik bimbel maupun les privat bertujuan untuk mendapatkan pemasukan disamping sosial. Untuk pembayarannya dilakukan setiap minggu bahkan ada yang perjam. Untuk biaya per jam biasanya berlaku di les privat.

Dengan demikian sangat jelas perbedaan les privat dan bimbel. Les privat mempunyai sifat yang pribadi atau privat. Satu orang murid untuk satu orang guru. Sedangkan bimbel mempunyai sifat yang tidak terlalu privat atau perseorangan dam jumlah muridnya bisa mencapai 20 orang.