Pilihan jurusan kuliah PTK ada cukup beragam. Sebagian orang mungkin masih asing apa Itu kuliah PTK. PTK merupakan kependekan dari Perguruan Tinggi Kedinasan.  Ada sejumlah kelebihan PTK yang tidak kita temukan pada pendidikan tinggi lainnya, termasuk PTN.

Inilah yang menyebabkan sekolah tinggi kedinasan masih menjadi favorit dan menarik perhatian para lulusan SMA, baik jurusan IPA maupun IPS. Keunggulan utama PTK terutama pada ketersediaan pekerjaan setelah kita lulus.

Apalagi dengan makin sulitnya mencari kerja, maka kuliah di PTK adalah langkah yang tepat. Apalagi ada banyak pilihan jurusan kuliah di lembaga perguruan tinggi kedinasan sesuai minat kita.

Apa Itu Kuliah PTK

Untuk mengenal apa itu kuliah PTK maka kita perlu mengetahuinya dari istilahnya. PTK merupakan istilah untuk menyebut Perguruan Tinggi Kedinasan. Perguruan tinggi ini diselenggarakan dengan tujuan khusus untuk mendapatkan tenaga kerja atau pegawai dalam lembaga pemerintahan. Sehingga status lulusannya otomatis menjadi PNS yang digaji langsung oleh pemerintah. Termasuk untuk biaya kuliahnya juga gratis karena dibiayai oleh pemerintah.

Berdasarkan data terbaru dari Ditjen Dikti bahwasanya jumlah perguruan tinggi di tanah air saat ini mencapai 2.647 buah yang tersebar di berbagai daerah. Dari jumlah itu terbagi ke dalam perguruan tinggi negeri (PTN), perguruan tinggi kedinasan (PTK) dan perguruan tinggi swasta (PTS). Kehadiran perguruan tinggi itu membawa manfaat besar untuk mencerdaskan kehidupan bangsa kita.

apa itu kuliah ptk

Poltekkes Semarang

Lalu apa yang membedakan PTN dan PTS dengan PTK? Perbedaannya terutama terlihat dari lembaga yang menaunginya. Untuk perguruan tinggi negeri dan swasta berada dalam naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Sedangkan pendidikan tinggi kedinasan berada dalam naungan lembaga atau kementerian tertentu.

Baca juga Sekolah Kedinasan di Bandung dan Pendaftarannya

Seperti misalnya IPDN berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) berada dalam pengelolaan Kementerian Keuangan. SISS berada dalam naungan Badan Pusat Statistik (BPS) RI.

Keuntungan Kuliah PTK

Ada sejumlah keuntungan bagi anda yang ingin atau memilih untuk melanjutkan pendidikannya ke PTK. Berikut ini manfaat mengambil pilihan jurusan kuliah PTK yang perlu Anda tahu.

1.Menempuh Pendidikan Tinggi Secara Gratis

Biaya kuliah yang mahal membuat sebagian lulusan SMA dan sederajat berpikir ulang jika jngin kuliah. Namun hal ini tak berlaku bagi mereka yang memilih jurusan kuliah di PTK. Sebab semua biaya kuliah di sekolah tinggi kedinasan dijamin dan dibiayai oleh pemerintah.

2.Disalurkan Bekerja sebagai PNS

Salah satu hal yang dicari oleh calon mahasiswa dalam memilih universitas dan jurusan adalah memilih jurusan yang memberikan masa depan yang menjanjikan. Lembaga pendidikan tinggi yang memberikan masa depan yang menjanjikan adalah perguruan tinggi kedinasan (PTK).

pilihan jurusan kuliah ptk

IPDN

Para lulusannya akan mendapatkan pekerjaan sesudah kuliah. Ia tak perlu pusing lagi mencari kerja seusai kuliah. Mereka akan diberikan pekerjaan dengan gaji yang lumayan besar sebagai PNS.

Jumlah perguruan tinggi kedinasan yang cukup banyak di Indonesia membuat anda lebih banyak pilihan dalam menentukan sekolah tinggi kedinasan yang tepat. Misalkan jika anda berminat mendalami ilmu administrasi maka anda bisa mendaftarkan ke STAN.

Para lulusan STAN dapat bekerja di badan pemerintah yang berada di bawah kementrian keuangan seperti Ditjen Pajak atau bea cukai. Kemudian ada lagi perguruan tinggi kedinasan STMKG yang para lulusannya dijamin bekerja di lembaga yang berada dalam naungan BMKG.

Daftar PTK di Indonesia

Sebagai bagian dari sistem pendidikan tinggi, ada cukup banyak PTK yang diselenggarakan instansi dan kementerian. Sebelum menentukan pilihan jurusan kuliah PTK, berikut ini daftar perguruan tinggi kedinasan (PTK) di Indonesia yang sebaiknya Anda tahu.

  1. IPDN yang berada dalam naungan Kemdagri
  2. Sekolah Tinggi Ilmu Akuntansi Negara (STAN) yang berada di bawah naungan Kemenkeu
  3. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik yang berada dalam pengawasan Badan Pusat Statistik (BPS)
  4. Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STE/Akamigaa) yang dbawah pengawasan Kementerian ESDM
  5. Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) yang di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM
  6. Akademi Imigrasi (AI) yang dibawah pengawasan Kementerian Hukum dan HAM

Dengan banyaknya perguruan tinggi kedinasan maka para lulusan SMA dan sederajat bisa memilih melanjutkan pendidikannya pada jurusan kuliah PTK dengan prospek menjanjikan masa depan yang cerah dan gaji besar.

Namun untuk masuk ke PTK ini anda harus mengikuti proses seleksi yang cukup ketat. Seleksi akan mudah dijalani jika anda sudah mengetahui dan mempelajari soal-soal dan materi ujian seleksi masuk PTK.

Pilihan Jurusan Kuliah PTK

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tentunya merupakan dambaan banyak orang. Ada banyak pilihan jurusan kuliah PTK yang tidak kalah ketimbang PTN atau PTS. Jika anda tertarik dengan dunia administrasi maka anda bisa memilih kuliah di Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN) Bandung.

daftar jurusan kuliah ptk

MMTC Yogyakarta

Begitu juga bila anda ingin menjadi polisi, maka bisa mendaftarkan kuliah di Akademi Kepolisian (Akpol). Selanjutnya jika anda berminat tentang teknologi nuklir maka anda bisa daftar kuliah di Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN).

Dengan demikian jelas ada banyak jurusan di PTK yang bisa Anda pilih. Seperti Manajemen Aset atau Kebendaharaan Negara yang termasuk dalam program studi Manajemen Keuangan, Kepabeanan dan cukai dalam prodi Kepabeanan dan cukai, hingga jurusan Akuntansi di STAN.

Baca juga Jurusan Poltekim, Cara Pendaftaran dan Gajinya

Berikut ini beberapa jurusan kuliah PTK yang bisa menjadi pilihan Anda.

  1. Jurusan kimia di Akademi Kimia Analisis yang dibawah pengawasan Kementrian Perindustrian
  2. Jurusan teknologi kimia industri yang berada dalam naungan Kementrian Perindustrian.
  3. Jurusan Multimedia. Bagi anda yang tertarik dengan jurusan multimedia maka anda bisa mengambil pilihan jurusan kuliah PTK di Sekolah Tinggi Multi Media. PTK ini berada dibawah Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
  4. Jurusan teknologi kulit di Akademi Teknologi Kulit yang dibawah naungan Kementrian Perindustrian.
  5. Jurusan TNI AD. Bagi anda yang ingin mengabdi dalam kesatuan TNI Angkatan Darat maka anda bisa mengambil jurusan kuliah di Akademi Militer. Untuk yang mau bekerja di TNI AL  dan AU maka anda bisa mengambil kuliah di Akademi Angkatan Laut atau Akademi Angkatan Udara.
  6. Jurusan Perkeretaapian. Anda bisa kuliah di Akademi Perkeretaapian yang berada dalam naungan Kementrian Perhubungan.

Daftar Jurusan Kuliah PTK

Ada banyak pilihan jurusan kuliah PTK yang bisa Anda tentukan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar jurusan kuliah PTK yang bisa menjadi referensi pertimbangan Anda.

1.Jurusan Penerbangan atau Transportasi Udara terdapat di beberapa perguruan tinggi kedinasan (PTK), antara lain:

  • Poltekbang Jayapura
  • Polteknik Penerbangan Palembang
  • Poltekbang Medan
  • Politeknik Penerbangan Makasar
  • Poltekbang Surabaya
  • Politeknik Penerbangan Indonesia Curug

2.Jurusan Transportasi Laut

Untuk anda yang mau mengambil jurusan transportasi laut, anda bisa mengambil kuliah di Sekolah kedinasan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran(STIP) yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia, seperti : STIP Jakarta, Poltekpel Banten, Poltekpel Malahayati Aceh, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, Surabaya, Makasar, dan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

pilihan jurusan kuliah ptk

Poltekim

3.Jurusan Ilmu Pemasyarakatan dan Imigrasi

Bagi anda yang tertarik mengikuti program studi dan jurusan ilmu pemasyarakatan dan imigrasi maka ada pilihan jurusan kuliah PTK dI Politeknik Imu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim).

Baca juga Persiapan Masuk STAN, Materi Tes, dan Persyaratannya

4.Jurusan Ilmu Pemerintahan

Bagi anda yang tertarik mempelajari ilmu pemerintahan dalam negeri maka anda bisa kuliah di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang berada di Jatinangor Sumedang Jawa Barat. Ada daftar jurusan kuliah PTK ini yang bisa dipilih antara lain:

  • S1 jurusan Kebijakan Pemerintahan
  • D4 Politeknik Pemerintahan
  • D4 Pemberdayaan dan Pembangunan
  • Fakultas Manajemen Pemerintahan yang menyediakan program Strata 1 dan D4. Untuk program S1 dari Fakultas Manajemen Pemerintahan  meliputi jurusan Pembangunan,Keuangan, Sumber Daya Manusia dan Pemerintahan.

5.Jurusan Transportasi Darat yang terdapat di beberapa PTK, antara lain:

  • Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan (Poltrans SDP) Palembang
  • Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun
  • Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal
  • PTDI-STTD Bekasi
  • Politeknik Transportasi Darat Indonesia

6.Jurusan Kesehatan, anda bisa mellihat pilihan jurusan kuliah PTK yang berada dalam naungan Kementerian Kesehatan ini seperti:

  • Poltekkes
  • Akademi Teknik Medik
  • Akademi Keperawatan
  • Akademi Fisioterapi

7.Jurusan Akuntansi, pajak dan keuangan maka anda bisa memilih kuliah di Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN)

8.Jurusan Perikanan, anda dapat mengambil kuliah di sejumlah PTK yang berada dalam naungan Kementerian Kelautan dan Perikanan, antara lain:

  • Akademi Perikanan
  • Sekolah Tinggi Perikanan
  • Badan Administrasi Pelatihan Perikanan Lapangan
  • Sekolah Usaha Perikanan Menengah

9.Jurusan Pariwisata bisa kuliah di Akademi Pariwisata ataupun di Sekolah Tinggi Pariwisata yang terletak di kota Bandung

10.Jurusan imigrasi di Akademi Imigrasi dalam naungan Departemen Kementerian Hukum dan HAM

11.Jurusan Tekstil atau industri, anda bisa menentukan pilihan jurusan kuliah PTK dengan melanjutkan kuliah ke Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil atau Sekolah Tinggi Manajemen Industri maupun Akademi Teknologi Industri.

12.Jurusan Pertahanan Negara maka anda dapat kuliah di Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan) atau Sekolah Tinggi Pertahanan Nasional.

daftar jurusan kuliah ptk

Sekolah Tinggi Intelijen Negara

13.Jurusan Pertanian maka anda bisa kuliah di Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian

14.Jurusan Kesejahteraan Sosial maka anda bisa mengambil kuliah di Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial

15.Jurusan Intelijen

Bagi anda yang suka dunia intelejen maka anda bisa memilih kuliah di Sekolah Tinggi Intelejen Negara (STIN)

16.Jurusan Geofisika dan Meteorologi maka anda bisa kuliah di Akademi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

17.Jurusan Sandi Negara maka anda  dapat kuliah di Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

18.Jurusan Statistik maka anda bisa kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang termasuk salah satu daftar jurusan kuliah PTK.

Itulah daftar jurusan kuliah PTK yang bisa menjadi pilihn para lulusan SMA yang ingin menjadi PNS. Dengan banyaknya pilihan jurusan kuliah PTK tentunya memberikan alternative bagi siapap[un yang ingin melanjutan pendidikannya ke lembaga perguruan tinggi kedinasan.