Struktur elektron atom tidak kalah pentingnya dibandingkan atom sebagai intinya. Hal ini karena susunan elektron berkaitan dengan fungsi gelombang elektron beserta energi yang berhubungan. Meskipun elektron tak termasuk dalam inti atom, namun tanpa adanya elektron maka sebuah atom tak akan berfungsi dengan baik.

Persoalan susunan elektron merupakan bagian yang sangat penting saat kita akan mempelajari atau meneliti tentang gerak mekanika kuantum sistem molekuler. Komputer modern merupakan peralatan wajib yang sangat penting keberadaannya untuk memecahkan atau menganalisa susunan electron.

Mengenal Struktur Elektron Atom

Pembahasan tentang struktur elektron atom tidak terlepas dari beberapa bagian penting lainnya seperti konfigurasi elektron maupun struktur atom itu sendiri. Electron sebagai unsur yang senantiasa berputar dan mengelilingi inti atom mempunyai sejumlah lapisan kulit atom pada tingkatan energi tertentu.

contoh konfigurasi elektron

Struktur elektron atom, berdasarkan disiplin ilmu kimia kuantum, merupakan kondisi dari pergerakan elektron yang dipicu oleh inti atom yang stasioner dalam suatu medan elektrostatis. Bahkan perhitungan tentang struktur elektron merupakan bagian penting dari tugas komputasi.

Struktur atom mengandung tiga bagian yakni elektron, neutron dan proton. Semua bagian atom itu terdiri dari inti atom dan elektron. Adapun inti atom hanya terdapat dua unsur yakni proton dan neutron. Sedangkan diluar inti atom adalah elektron yang bertugas mengelilingi inti atom.

Struktur atom adalah hal yang paling dasar dari materi. Atom memiliki strukturnya masing-masing. Struktur dari atom yang sangat jelas dan rinci yakni inti atom dan awan elektron. Inti atom dikelilingi oleh partikel elektron. Inti atom bersifat campuran.

Dalam arti mengandung muatan positif yang disebut proton dan mengandung muatan netral yang disebut neutron. Sedangkan elektron memiliki muatan negatif yang bersifat mengelilingi inti atom.

Sangat jelas sudah struktur elektron atom dan atom. Hal tersebut sudah diajarkan pada pelajar di tingkat  SD dan SMP. Setiap benda terkecil yang disebut atom terdiri dari proton dan ekektron serta neutron. Proton mempunyai muatan positif dan bagian dari inti atom.

Sedangkan diluar inti atom adalah elektron. Proton dan neutron berada di dalam inti atom. Proton yang mempunyai muatan positif dapat menarik partikel elektron untuk berada di dekatnya. Sehingga elektron hanya bekerja mengelilingi inti atom yakni proton dan neutron.

Segala materi yang terdapat di dunia mengandung muatan negatif, positif dan netral. Materi yang memiliki muatan positif mampu menarik muatan negatif.

Konsep Struktur Atom

Sebelum membahas lebih jauh tentang struktur elektron atom, kita akan sedikit mengulang tentang susunan atom. Berdasarkan bahasa, atom berasal dari kata atomos. Kata ini terdiri dari a yang artinya tidak, sedangkan tomos artinya terbagi. Dengan demikian secara bahasa pengertian atom adalah suatu materi yang tak bisa dibagi lagi. Hal tersebut sesuai dengan pengertian atom secara istilah.

Hingga sekarang mengenai bentuk atom atau partikel terkecil dari suatu benda belum ada seorang pun yang bisa menyaksikan dengan mata kepala sendiri atau memakai mikroskop ataupun alat bantu yang lainnya. Apalagi menyaksikannya via langsung.  Atas kenyataan itulah, atom menjadi suatu misteri yang tak bisa diketahui secara langsung. Hanya Tuhan saja yang mengetahui bentuk atom itu sendiri.

apa yang dimaksud dengan struktur elektron dari atom

Atom tak bisa dilihat secara langsung. Namun bisa diketahui sifat-sifatnya. Salah satunya sifat atom yang bersifat tunggal atau suka menyendiri. Sifat lainnya dari atom adalah atom tak mempunyai titik leleh, titik didih, daya hantar listrik, massa jenis, wujud dan tak mempunyai warna.

Pada kelas 10 diajarkan materi tentang struktur atom maupun struktur elektron atom yang sudah jadi bagian kurikulum nasional pada mata pelajaran kimia dan fisika. Materi atom kelas 10 mengajarkan berbagai hal tentang atom. Yang dimulai dari pengertian atom dan tokoh-tokoh pencetus teori atom beserta konsep atom yang berhasil ditemukannya.

Pengertian atom sudah dibahas pertama kali sejak jaman Yunani kuno. Adapun tokoh pencetusnya adalah Democritus. Pada masa ini, pembahasan mengenai struktur atom termasuk bagian dari ilmu filsafat. Namun seiring perkembangan jaman, saat ini ilmu atom jadi bagian ilmu ilmiah yang terus dilakukan sejak jaman John Dalton.

Pembahasan berlanjut kepada teori atom yang dikemukakan oleh JJ Thomson dan Rutherford serta Bohr. Sehingga lahirlah konsep struktur atom yang lebih sempurna yang terdiri dari proton, neutron dan elektron.

Mengenal Struktur Atom

Struktur atom adalah bagian-bagian terkecil dari suatu struktur yang membentuk materi. Penemuan konsep tersebut berawal pada tahun 450  SM oleh dua orang ahli filsafat yang berasal dari Yunani Kuno yakni Democritus dan Leucipus.

Democritus dan Leucipus mengungkapkan bahwasanya bagian-bagian yang tak bisa dibagi-bagi lagi dan  terkecil dari suatu benda dinamakan atom. Hal tersebut membuat penemuan atom di kala itu sangat termasyhur sampai saat ini.

Berkaitan dengan atom tak bisa dilepaskan dari struktur dari atom dan teori-teori yang menyertainya. Struktur atom merupakan sebuah materi dasar yang terbentuk dalam pembagian antara inti atom dan elektron.

Muatan dalam struktur elektron atom yang negatif melingkari inti atom. Pada inti atom itu sendiri memiliki campuran berupa neutron bermuatan netral dan proton bermuatan positif.

Salah satu ilmuwan terkenal dunia dan pelopor dalam bidang eksperimen tentang atom modern adalah John Dalton. Beliau mengemukakan konsep tentang teori atom yang kemudian diberi nama teori Atom Dalton di tahun 1803.

Teori ini berbunyi berdasar atas dua hukum yakni hukum susunan tetap dan hukum kekekalan massa. Penemuan atom yang diungkapkan oleh John Dalton secara luas dan ilmiah membuka mata ilmuwan lainnya untuk melakukan penelitian yang serupa. Hingga melahirkan konsep atom lainnya yang berbeda-beda.

Diantara  penelitian tentang atom yang dilakukan oleh John Dalton terdapat satu kesimpulan, sebagai berikut, antara lain:

  • Atom merupakan benda materi yang sangat kecil dan tak ada yang lebih kecil lagi dari materi atom.
  • Atom terbentuk dari partikel-partikel yang tak bisa dilakukan pembagian lagi
  • Atom yang partikelnya satu jenis memiliki karakteristik sama. Adapun atom yang tak satu jenis mempunyai karakteristik yang berlainan.
  • Atom pun bisa bersatu atau berpisah. Berlangsungnya pemisahan atau penggabungan pada atom disebabkan terjadinya reaksi kimia. Disamping itu, dalam pembentukan molekul baru, suatu atom bisa melakukan penggabungan pada atom yang lain.

Apa Yang Dimaksud dengan Struktur Elektron dari Atom?

Lantas apa yang dimaksud dengan struktur elektron dari atom? Elektron sendiri terpisah dari inti atom. Elektron berputar mengelilingi inti atom. Elektron-elektron dalam struktur elektron atom melakukan pergerakan secara bebas lewat jalur yang sudah ditetapkan.  Dari pergerakan elektron tersebut memunculkan suatu energi dan momentum.

struktur elektron atom

Elektron tak akan mengalami kehilangan energi pada dirinya. Elektron akan bersifat stabil untuk terus bergerak dan mengelilingi inti atom.  Semua itu melewati jalur orbitnya masing-masing laksana planet yang mengitari matahari yang berjalan sesuai orbit lintasannya.

Susunan dalam atom akan jauh lebih mudah dipahami dari teori yang dikembangkan oleh Bohr.  Struktur atom hanya mempunyai tiga macam yakni molekul positif, molekul negatif dan netral. Molekul positif dan partikel netral jadi inti atom.

Adapun muatan partikel negatif yang disebut elektron termasuk bagian luar atom. Namun demikian walaupun elektron tak termasuk inti atom, sebuah atom tak berfungsi baik dengan tanpa adanya struktur elektron atom.

Susunan Elektron Pada Atom

Untuk mengetahui apa saja struktur atom maupun susunan elektron pada atom, maka anda harus dapat melihatnya dari pandangan para ahli yang mengungkapkan teori tentang atom. Salah satunya adalah John Dalton. Yang berlanjut kepada Eugene Goldstein hingga Thomson.

Thomson di tahun 1897 menjelaskan penelitiannya yang menunjukkan bahwa atom memiliki partikel yang memiliki muatan negatif yang kemudian diberi nama elektron. Kemajuan penelitian dengan penemuan elektron oleh Thomson membuat konsep  dan struktur atom semakin sempurna.

Walaupun penemuan struktur elektron atom sesudah konsep atom yang dicetuskan oleh John Dalton diperbaiki lagi maka tetap saja nama John Dalton tetap harum. Hal tersebut tak terlepas dari nama John Dalton sebagai salah seorang tokoh pelopor dan Bapak perintis teori atom modern.

Berlanjut kepada eksperimen berikutnya tetang atom dilanjutkan oleh Ernest Rutherford. Beliau seorang pria yang cerdas berasal dari negara Inggris yang juga mitra Thomson.  Apa yang diungkapkan oleh Thomson tentang struktur atom disempurnakan lagi oleh Ernest Rutherford.

Pada tahun 1910, Ernest Rutherford pada hasil eksperimennya mendapatkan inti atom yang mempunyai jari yang berukuran sangat kecil lagi ketimbang jari-jari pada atom secara keseluruhan. Pada tahun 1913, Bohr, seorang ahli fisika dari Denmark melakukan uji coba dan mendapatkan sebuah kesimpulan tentang atom yang diberi nama Teori Atom Bohr.

susunan elektron pada atom

Menurut penelitiannya, elektron mengitari inti atom bagaikan planet mengitari matahari. Elektron mempunyai lintasannya sendiri sehingga bisa mengitari inti atom.  Sesudah elektron mengitari inti atom berupa proton dan neutron maka elektron dapat melakukan perpindahan ke lintasan lainnya lewat pancaran maupun serapan.

Struktur elektron atom dan susunan atom menjadi suatu bagian kajian yang dipelajari oleh pelajar dari mulai tingkat SD dari mata pelajaran kimia dan fisika.  Pemahaman tentang materi ini sangat penting sebagai landasan untuk memahami materi berikutnya.

Pentingnya Konfigurasi Elektron

Mengenai pengertian konfigurasi electron, ini adalah susunan elektron yang terdapat dalam sebuah atom. Susunan ini berkaitan dengan tingkat energi yang dimilikinya. Lapisan yang posisinya terdekat dengan inti akan memiliki energi yang lebih besar.

Pergerakan electron dalam atom ini akan selalu memenuhi aturan hukum dari mekanika kuantum. Bahkan asas larangan Pauli menyebutkan bahwa dalam sebuah orbital atom tidak boleh ada lebih dari dua electron. Karena itulah jika terdapat adanya kekosongan dalam suatu orbital, maka elektron akan meloncat atau berpindah.

Materi tentang struktur elektron atom sudah dipelajari secara singkat di bangku sekolah dasar kelas 4, 5 dan  6  serta kelas 10 atau diperinci lagi pada jenjang pendidikan SMP dan SMA.

Mengenai pentingnya konfigurasi elektron, struktur elektron atom maupun fungsi atom itu sendiri mungkin sebagian dari anda merasa belum jelas sama sekali. Hal itu karena luasnya apa yang dapat dibahas pada materi ini.

Struktur atom terdiri dari dua bagian yakni inti atom dan luar atom. Inti atom terdiri-dari bagian partikel proton dan neutron. Inti atom bermuatan positif diberi nama proton dengan ciri tanda plus. Sedangkan inti atom kedua adalah neutron yang tak ada sama sekali muatan di dalamnya atau netral.

Di dalam inti atom yakni proton terdapat daya saling menarik terhadap muatan negatif yakni elektron. Sehingga muatan partikel elektron yang bermuatan negatif selalu mengitari inti atom.

Pendek kata, struktur atom ada dua yakni bagian inti atom dan bagian luar atom. Bagian luar atom adalah elektron bermuatan negatif. Sedangkan bagian inti atom bermuatan positif yang diberi nama proton dan tanpa muatan yang diberi nama neutron.

Bagian inti atom dan luar atom mempunyai peranan masing-masing yang sangat penting yang membentuk atom. Begitu juga dengan struktur elektron atom dan konfigurasi electron. Atom sendiri adalah materi terkecil dari suatu benda yang tak dapat dibagi lagi saking kecilnya. Disamping inti atom terdapat elektron yang mengelilingi proton dan neutron.

konfigurasi elektron

Adanya elektron yang mengelilingi proton dan neutron sebagai inti atom tak terlepas dari adanya daya tarik akibat muatan positif yang dikandung inti atom berlebih muatan hingga menarik elektron untuk mendekatinya.

Demikian ulasan tentang struktur elektron atom, baik pengertian, konsep, hingga jenisnya. Untuk meningkatkan pemahaman dan prestasi akademik anak taka da salahnya Anda memilihkan layanan jasa les privat SMA terbaik yang bisa membantu anak untuk lebih menguasai mata pelajaran di sekolah.