Memberikan tugas rumah untuk anak TK merupakan bagian penting dalam pendidikan anak. Apalagi pada periode taman kanak-kanak ini merupakan masa yang sangat penting dalam tumbuhkembangnya agar menjadi pribadi yang bertanggung jawab sebagai bekal di kehidupan dewasanya kelak.

Anak merupakan salah satu karunia besar yang diberikan Allah SWT kepada manusia. Apalagi bagi mereka yang mengharapkan kehadiran seorang anak. Dengan adanya anak maka tugas orang tua berikutnya adalah memelihara dan menjaga anak dengan baik. Seperti dengan memberikan pendidikan yang terbaik kepada anak tercinta.

Setiap anak mempunyai jenjang pendidikan berdasarkan batas usia masing-masing. Ada anak yang masih dalam jenjang pendidikan  TK yang disebut anak TK dengan usia sekitar lima atau enam tahun.  Masa taman kanak-kanak adalah proses pendidikan sebelum menempuh pendidikan formal di bangku sekolah dasar (SD).

Siapa sih orang tua yang tidak mau mempunyai anak yang percaya diri dan bertanggung jawab? Setiap orang tua pastinya mengharapkan anaknya bisa tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, bertanggungjawab dan berakhlak mulia. Namun semua itu membutuhkan proses pendidikan terutama pendidikan tentang tanggung jawab pada bisa kita mulai ketika anak duduk di bangku TK.

contoh pemberian tugas untuk anak tk

Lalu kapan seorang anak bisa diberikan daftar tugas pekerjaan rumahnya? Pada prinsipnya setelah anak anda sudah menginjak bangku TK sudah dapat diberikan tugas rumah untuk dikerjakannya secara rutin. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk melatih rasa mandiri dan tanggungjawab pada diri seorang anak.

Walaupun anda sudah memiliki pembantu rumahtangga, sang anak mesti dilatih dan dibiasakan diberikan tanggungjawab untuk mengerjakan tugas rumah tertentu untuk membentuk jiwa mandiri dan meningkatkan rasa tanggungjawab pada anak hingga bermanfaat kelak ketika ia dewasa.

Setiap orang tua tidak bisa berharap akan mendapatkan seorang anak laki-laki atau perempuan. Semua upaya dapat dilakukan oleh orangtua untuk mendapatkan anak laki-laki atau perempuan. Namun semua kembali kepada kehendak Allah swt.  Manusia sekedar berusaha tapi yang menentukan adalah Allah swt.

Sama saja, jikalau diberikan anak laki-laki maupun anak perempuan maka tugas orang tua untuk mendidiknya secara baik. Misalkan memberikan tugas rumah untuk anak TK sebagai pendidikan untuk membangun jiwa dan rasa tanggungjawab pada anak. Apalagi sang anak sudah semakin besar. Supaya sang anak bisa menjalani kehidupan di masa depan dengan baik.

contoh pemberian tugas untuk anak

Pada umumnya, anggapan orang tua jaman sekarang bahwa cara mendidik anak perempuan harus dibedakan dengan cara mendidik pada anak laki-laki. Anak perempuan harus diberikan pekerjaan dan tugas rumah tertentu yang berbeda dengan anak laki-laki.

Misalkan tugas rumah untuk anak wanita adalah seputar dapur seperti memasak, mencuci piring atau membersihkan rumah. Adapun untuk anak pria umumnya diberikan tugas rumah yang berkaitan dengan mesin atau otomotif. Hal itu sah-sah saja tapi tidak bisa menjadi patokan.

Tugas Rumah Untuk Anak TK

Dalam memberikan tugas rumah untuk anak TK harus selektif. Anda sebagai orangtua mesti memberikan tugas rumah pada anak sesuai dengan kemampuan dan umur mereka. Tentu seorang anak TK harus diberikan tugas rumah yang masih dalam skala sangat ringan. Kemudian seiring dengan bertambahnya usia, sang anak bisa diberikan tugas rumah yang dalam tahap skala lebih berat dan lebih banyak.

Bagi sebagian orang mungkin menganggap hal memberian tugas untuk anak yang masih duduk dalam jenjang pendidikan taman kanak-kanak sebagai tidak manusiawi dan membebani. Namun sebaliknya, hal tersebut sangat diperlukan agar anak dapat lebih bersikap mandiri dan bertanggungjawab.

Tugas orang tua adalah mengawasi perkembangan anak secara baik. Segala tugas rumah yang diberikan pada anak usia TK dan sang anak dapat menyelesaikan secara baik dan penuh tanggungjawab maka orangtua bisa memberikan kepadanya hadiah. Hal tersebut dilakukan agar sang anak semakin bersemangat dan mengerti akan tugasnya yang harus diselesaikan secara baik.

contoh tugas untuk anak tk

Setelah tugas rumah dapat dikerjakan oleh anak secara baik maka orangtua bisa mengajarkan juga sikap kebersamaan dan kerjasama. Anda bisa juga memberikan pengarahan pada anak untuk membagi tugas dan pekerjaan rumah dengan adiknya atau kakaknya sehingga bisa melatih jiwa kepemimpinan sang anak sekaligus melatih kemampuan  kerjasama anak dalam satu tim.

Langkah awal untuk menanamkan jiwa rasa tanggungjawab pada anak bisa dimulai dengan memberikan beberapa pekerjaan atau tugas di rumah yang harus dilakukan oleh seorang anak TK dalam skala yang sangat ringan.

Ada banyak bentuk tugas rumah paling dasar yang dapat ditugaskan untuk anak TK dalam rangka membentuk rasa tanggung jawab, melatih kesabaran, dan jiwa mandiri sejak dini. Seperti dengan meminta merapikan tempat tidurnya, membersihkan debu dan kotoran di lantai, dan lainnya.

Manfaat Memberikan Tugas Rumah pada Anak

Sudahkah anda sebagai orang tua mendidik anak dengan baik? Jika anda merasa belum mampu mendidik anak dengan baik maka anda bisa memulainya secara perlahan-lahan. Dari mulai hal kecil seperti melatih anak untuk bersikap mandiri dan memiliki rasa tanggungjawab dengan memberikan tugas rumah untuk anak TK.

tugas rumah untuk anak tk

Anda dapat memberikan beberapa pekerjaan dan tugas rumah yang sekiranya dapat dikerjakan oleh anak yang masih usia TK. Hal tersebut akan memberikan keuntungan bagi anda selaku orang tua. Berikut ini beberapa manfaat atau keuntungan memberikan tugas rumah kepada anak anda yang masih TK.

1.Terbantu Pekerjaan di Rumah

Pertama anda merasa diringankan dalam tugas pekerjaan di rumah dengan sebagian tugas rumah dapat dilakukan dan diselesaikan secara baik oleh anak anda.

2.Melatih Kemampuan Motorik Anak

Yang kedua pemberian tugas rumah pada anak TK bisa meningkatkan kemampuan motorik pada anak.Sekaligus juga untuk mengisi liburan di rumah saat pandemi Covid-19.

3.Melatih Mandiri dan Rasa Tanggungjawab Anak

Pada dasarnya dalam memberikan tugas rumah pada anak-anak, semua itu bermanfaat dalam  melatih jiwa dan sikap mandiri dan tanggungjawab anak. Anak laki-laki bisa saja diberikan tugas untuk mengurusi urusan dapur atau bersih-bersih rumah. Karena setiap anak tentu sangat senang terhadap rumah yang rapi dan bersih dan berbagai masakan yang lezat.

Hal tersebut tampak sepele. Namun semua pembagian tugas rumah untuk anak TK yang dilakukan sejak dini sangat berguna bagi anak dalam perkembangan  di masa depan. Termasuk mengatasi anak yang hiperaktif.

tugas rumah untuk anak

Misalkan tatkala sang anak kuliah di luar kota dan memilih bertempat tinggal di rumah kontrakan atau kost-kostan maupun asrama maka sang anak sudah terbiasa hidup mandiri dan mengerjakan pekerjaan rumah seperti mencuci pakaian, membersihkan dan merapikan tempat tidur, menata ruangan kamar dll.

Ada banyak manfaat seorang anak dilatih untuk bersikap mandiri dengan mengerjakan berbagai pekerjaan dan tugas di rumah. Misalkan pada saat pembantu rumah tangga anda sedang berlibur di kampung halamannya maka anda bisa mengandalkan anak tercinta untuk mengurusi sebagian tugas dan pekerjaan di rumah tangga.

Sudah menjadi hal yang semestinya seorang anak diberikan keterampilan dan kemampuan dasar dalam bergaul dengan orang lain dan kemampuan dasar dalam kehidupan seluruhnya. Misalkan kemampuan membersihkan rumah, kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, dan kemampuan dasar lainnya.

Contoh Pemberian Tugas Untuk Anak TK

Pemberian sebagian tugas rumah pada anak laki-laki dan perempuan di rumah akan ikut membentuk karakter anak menjadi pribadi yang lebih mandiri dan memiliki kepemimpinan yang baik.  Berikut ini contoh pemberian tugas untuk anak TK, antara lain:

1.Membereskan atau Merapikan Kamar Tidur

Selepas anak bangun tidur maka sang anak bisa disuruh untuk membereskan kamar tidur kembali. Seperti meletakkan bantal dan guling pada tempatnya atau merapikan selimut. Namun terkadang pada saat tugas berhasil diselesaikannya mungkin anda mendapatkan hasilnya kurang baik. Seperti kurang rapi atau kurang bersih.

tugas untuk anak TK

Anda sebagai orangtua tetap mesti memujinya sebagai upaya yang baik. Namun anda juga perlu memberikan contoh yang baik dan benar dalam menyelesaikan pekerjaan dan tugas rumah tersebut agar kualitas hasilnya bisa lebih bagus dari sebelumnya.

2.Menyapu Lantai dan Mengepelnya

Menyapu lantai termasuk pekerjaan rumah yang sangat sepele juga dapat menjadi tugas rumah untuk anak TK, baik laki-laki maupun wanita. Orang tua bisa memberikan hal yang termudah dulu dari mulai menyuruh anak untuk membersihkan atau menyapu lantai kamarnya yang dilanjutkan dengan mengepelnya.

Namun pastikan dalam kegiatan menyapu lantai dan mengepelnya sang anak dalam keadaan gembira. Misalkan sambil mendengarkan musik atau bernyanyi agar melaksanakan tugas rumah terasa menyenangkan.

3.Merapikan Mainan

Contoh pemberian tugas untuk anak TK lainnya adalah menjemur pakaian, mencuci piring makanannya, merapikan pakaian, memberi makan hewan piaraan, menyiram tanaman, merapikan mainan, dan lain-lain.

pemberian tugas untuk anak

Demikianlah berbagai manfaat memberikan tugas rumah untuk anak TK. Ada berbagai jenis tugas dan pekerjaan yang dapat mulai didelegasikan dan diselesaikan oleh seorang anak yang masih usia TK. Sesudah itu orang tua tinggal melakukan pengawasan dan memastikan secara rutin sang anak melakukan pekerjaan dan menyelesaikan tugasnya dengan baik.