Universitas swasta akreditasi A di Bandung saat ini cukup banyak. Akreditasi A yang diperoleh dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menunjukkan bahwa program studi yang ada di universitas tersebut telah memenuhi standar kualitas pendidikan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Sebagai salah satu kota modern di Indonesia, Bandung memang memiliki banyak lembaga pendidikan formal, dari SD hingga perguruan tinggi. Apalagi di kota ini juga terdapat dua PTN terkemuka, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjadjaran (Unpad).

Alasan Kuliah di Bandung

Sebelum membahas tentang universitas swasta akreditasi A di Bandung, sebenarnya apa sih keutamaan atau manfaat kuliah di Bandung? Ternyata ada banyak keutamaan kuliah di Bandung yang dapat menjadi pilihan yang tepat bagi para calon mahasiswa yang ingin memperoleh pendidikan yang berkualitas dan mendapatkan pengalaman yang berharga selama masa kuliah.

Yang menarik, perkembangan dunia pendidikan di kota Bandung memperlihatkan grafik yang menggembirakan. Apalagi mengutip dari Wikipedia, pada tahun 2010, Bandung memiliki IPM tertinggi yaitu mencapai 77.60.

Menuntut ilmu ke perguruan tinggi di Bandung juga memiliki beberapa keutamaan. Nah berikut ini sejumlah alasan kuliah di Bandung yang penting diketahui.

1.Bandung sebagai pusat pendidikan dan riset

Bandung merupakan salah satu kota yang memiliki banyak universitas dan perguruan tinggi ternama di Indonesia. Banyak juga universitas swasta akreditasi A di Bandung yang memiliki fakultas atau departemen yang terkenal dalam bidang riset.

Selain itu, Bandung juga memiliki berbagai fasilitas pendukung seperti laboratorium dan perpustakaan yang lengkap, sehingga mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan secara komprehensif dan memperoleh pengalaman praktis yang berharga.

2.Pilihan program studi yang beragam

Universitas dan perguruan tinggi di Bandung menawarkan program studi yang beragam dan lengkap, baik dari sisi jurusan maupun program pascasarjana. Sebagai pusat pendidikan, Bandung menawarkan banyak pilihan program studi yang sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa.

3.Kehidupan kampus yang aktif

Kampus-kampus di Bandung memiliki kehidupan kampus yang aktif dan dinamis. Banyak kegiatan akademik dan non-akademik yang diadakan, seperti seminar, lokakarya, festival budaya, serta kegiatan olahraga dan seni. Hal ini dapat meningkatkan keterampilan sosial dan soft skills mahasiswa serta memberikan pengalaman yang berharga selama kuliah.

4.Lingkungan belajar yang mendukung

Selain banyak universitas swasta akreditasi A di Bandung, kota ini juga terkenal memiliki lingkungan belajar yang mendukung. Ada banyak tempat yang cocok untuk belajar seperti kafe dan perpustakaan yang nyaman dan tenang. Selain itu, keindahan alam Bandung juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para mahasiswa yang ingin memperoleh suasana belajar yang menenangkan.

5.Kesempatan karir yang baik

Bandung merupakan kota yang berkembang pesat dalam bidang industri dan bisnis. Oleh karena itu, banyak perusahaan besar yang berbasis di Bandung atau memiliki cabang di kota ini. Hal ini membuka kesempatan karir yang lebih luas bagi para lulusan perguruan tinggi di Bandung, terutama bagi mereka yang memiliki keahlian dalam bidang teknik dan teknologi.

Mekanisme Sistem Akreditasi Bagi Perguruan Tinggi Swasta

Sistem akreditasi pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) diberlakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sebagai lembaga yang bertugas untuk melakukan akreditasi dan penjaminan mutu terhadap pendidikan tinggi di Indonesia.

Akreditasi ini dilakukan untuk memastikan bahwa program studi atau perguruan tinggi tersebut memenuhi standar mutu pendidikan yang ditetapkan oleh BAN-PT. Saat ini ada banyak universitas swasta akreditasi A di Bandung dengan reputasi yang baik.

Setidaknya ada empat kriteria utama dalam menentukan akreditasi pada PTS yang dilakukan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yaitu:

1.Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran (VMITS)

Kriteria VMITS berhubungan dengan kejelasan tujuan dan arah kebijakan yang ditempuh oleh perguruan tinggi atau program studi.

2.Program Studi (PS)

Kriteria PS mengevaluasi sejauh mana kurikulum, kegiatan pembelajaran, dan fasilitas yang tersedia dapat menunjang pencapaian tujuan pendidikan. Karena itu dalam memilih kampus adalah dengan memperhatikan universitas swasta akreditasi A di Bandung yang tepat.

3.Sumber Daya Manusia (SDM)

Kriteria SDM meliputi penilaian terhadap dosen dan tenaga kependidikan, kualifikasi, pengalaman, serta dukungan pengembangan profesionalisme.

4.Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Pelayanan pada Masyarakat (P3M)

Kriteria P3M mengevaluasi sejauh mana perguruan tinggi atau program studi memberikan dampak positif terhadap masyarakat melalui kegiatan penelitian, pengabdian, dan layanan.

Setelah melakukan evaluasi berdasarkan keempat kriteria tersebut, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) akan memberikan hasil akreditasi dengan peringkat A, B, C, atau D. Perguruan tinggi atau program studi yang mendapat peringkat A dianggap memenuhi standar mutu yang tinggi dan diakui secara nasional maupun internasional.

Sedangkan perguruan tinggi atau program studi yang mendapat peringkat B, C, atau D dianggap memerlukan perbaikan pada beberapa aspek tertentu agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan pencapaian tujuan pendidikan.

Oleh karena itu PTS yang ingin menjaga kualitas pendidikan mereka harus memperhatikan seluruh kriteria yang diakui oleh BAN-PT dan secara terus-menerus melakukan evaluasi dan peningkatan mutu secara berkelanjutan.

Universitas Swasta Akreditasi A di Bandung

Ada banyak universitas swasta akreditasi A di Bandung maupun yang popular dan telah memiliki reputasi yang baik dalam bidang akademik dan riset. Berikut ini adalah beberapa universitas swasta di Bandung yang telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT):

1.Universitas Islam Bandung (UNISBA)

UNISBA didirikan pada tahun 1957 dan terletak di Jalan Tamansari No. 1, Bandung. UNISBA menawarkan program studi dari tingkat Sarjana hingga Doktor di berbagai bidang seperti Ilmu Komunikasi, Pendidikan, dan Keperawatan. Seluruh program studi di UNISBA telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

universitas swasta di bandung

Unisba

2.Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)

Universitas swasta akreditasi A di Bandung selanjutnya adalah Universitas Kristen Duta Wacana. UKDW berdiri pada tahun 1962 dan terletak di Jalan Dr. Setiabudi No. 193, Bandung. UKDW menawarkan program studi dari tingkat Sarjana hingga Doktor di berbagai bidang seperti Teknik, Ekonomi, dan Ilmu Komunikasi. Seluruh program studi di UKDW telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

3.Universitas Kristen Indonesia (UKI) Bandung

UKI Bandung didirikan pada tahun 1953 dan terletak di Jalan Dipati Ukur No. 112-116, Bandung. UKI Bandung menawarkan program studi dari tingkat Sarjana hingga Doktor di berbagai bidang seperti Teknik, Kedokteran, dan Ilmu Sosial dan Humaniora. Seluruh program studi di UKI Bandung telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

4.Universitas Katolik Parahyangan (Unpar)

Unpar didirikan pada tahun 1955 dan terletak di Jalan Ciumbuleuit No. 94, Bandung. Universitas swasta ini menawarkan program studi dari tingkat Sarjana hingga Doktor di berbagai bidang seperti Teknik, Ekonomi, Hukum, dan Ilmu Sosial dan Humaniora. Unpar merupakan universitas swasta akreditasi A di Bandung untuk semua program studinya.

universitas swasta di Bandung

5.Universitas Kristen Maranatha (UK Maranatha)

UK Maranatha didirikan pada tahun 1965 dan terletak di Jalan Prof. Drg. Surya Sumantri No. 65, Bandung. UK Maranatha menawarkan program studi dari tingkat Sarjana hingga Doktor di berbagai bidang seperti Teknik, Kedokteran, Psikologi, dan Ilmu Sosial dan Humaniora. Seluruh program studi di UK Maranatha telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

universitas swasta di bandung paling diminati

6.Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)

UKSW didirikan pada tahun 1956 dan terletak di Jalan Dipati Ukur No. 73-75, Bandung. UKSW menawarkan program studi dari tingkat Sarjana hingga Doktor di berbagai bidang seperti Teknik, Ekonomi, Psikologi, dan Teologi. Seluruh program studi di UKSW telah mendapatkan akreditasi A sehingga menjadi universitas swasta akreditasi A di Bandung.

7.Universitas Telkom (Tel-U)

Tel-U didirikan pada tahun 1990 dan terletak di Jalan Telekomunikasi No. 1, Terusan Buah Batu, Bandung. Tel-U menawarkan program studi dari tingkat Sarjana hingga Doktor di berbagai bidang seperti Teknik, Desain, dan Bisnis. Seluruh program studi di Tel-U telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

8.Universitas Pasundan (Unpas)

Unpas yang berdiri sejak tahun 1960 ini merupakan universitas swasta akreditasi A di Bandung. Kampusnya yang terletak di Jalan Setiabudhi No. 193, Bandung ini menawarkan program studi dari tingkat Sarjana hingga Doktor di berbagai bidang. Seperti Teknik, Ekonomi, dan Hukum.

daftar universitas swasta di bandung

9.Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

UPI didirikan pada tahun 1954 dan terletak di Jalan Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung. UPI merupakan universitas yang mengkhususkan diri di bidang pendidikan, baik itu untuk guru maupun tenaga kependidikan lainnya. Seluruh program studi di UPI telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

10.Universitas Widyatama (UTama)

UTama didirikan pada tahun 1985 dan terletak di Jalan Cikutra No. 204A, Bandung. Universitas swasta akreditasi A di Bandung ini menawarkan program studi dari tingkat Sarjana hingga Magister di berbagai bidang seperti Teknik, Ekonomi, dan Ilmu Sosial dan Humaniora.

sistem akreditasi pts

Universitas Swasta Favorit di Bandung

Selain universitas swasta akreditasi A di Bandung, ada banyak juga perguruan tinggi swasta di Bandung yang popular dan banyak diminati para lulusan SMA atau SMTA. Nah, berikut adalah beberapa universitas swasta di Bandung yang paling diminati oleh lulusan SMA.

1.Universitas Islam Bandung (UNISBA)

UNISBA adalah universitas swasta yang memiliki program studi di bidang keagamaan Islam dan sains. Seperti Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Fakultas Sains dan Teknologi, serta Fakultas Psikologi dan Kesehatan. Kampusnya yang terletak di Jalan Tamansari ini juga merupakan universitas swasta akreditasi A di Bandung yang popular.

2.Institut Teknologi Nasional (ITENAS)

ITENAS merupakan universitas swasta yang terkenal dengan program studinya di bidang Teknik. Kampusnya terletak di Jalan PHH. Mustofa, dan memiliki beberapa fakultas, seperti Teknik Sipil dan Lingkungan, Teknik Industri, serta Teknik Elektro dan Informatika.

3.Universitas Telkom (Tel-U)

Tel-U merupakan universitas swasta yang terkenal dengan program studi di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Kampusnya terletak di Jalan Telekomunikasi, dan memiliki beberapa fakultas, seperti Fakultas Informatika, Fakultas Teknik Elektro, serta Fakultas Bisnis dan Ekonomi.

universitas swasta akreditasi A di Bandung

4.Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

UPI merupakan universitas swasta yang terkenal dengan program studinya di bidang pendidikan. Kampusnya terletak di Jalan Dr. Setiabudhi, dan memiliki beberapa fakultas, seperti Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, serta Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

5.Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

Selain merupakan universitas swasta akreditasi A di Bandung, UNPAR juga merupakan PTS paling diminati oleh lulusan SMA di kota ini. Kampusnya terletak di Jalan Ciumbuleuit, dan memiliki program studi yang berkualitas di berbagai bidang, seperti Teknik, Ilmu Sosial dan Humaniora, Bisnis dan Manajemen, serta Ilmu Kesehatan.

6.Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB)

ITHB adalah universitas swasta yang terkenal dengan program studinya di bidang teknologi dan bisnis. Kampusnya terletak di Jalan Dipati Ukur, dan memiliki beberapa fakultas, seperti Fakultas Teknik dan Informatika, Fakultas Bisnis dan Manajemen, serta Fakultas Seni dan Desain.

7.Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

UNIKOM merupakan universitas swasta yang terkenal dengan program studinya di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Kampusnya terletak di Jalan Dipati Ukur, dan memiliki beberapa fakultas, seperti Fakultas Teknik Informatika dan Elektro, Fakultas Rekayasa Industri, serta Fakultas Bisnis dan Manajemen.

Demikian penjelasan mengenai universitas swasta akreditasi A di Bandung yang semoga bisa menjadi referensi buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan. Namun agar bisa kuliah di kampus terbaik idaman tentunya penting mempersiapkan diri. Utamanya dengan mengikuti les privat pada Lembaga yang terpercaya seperti Edumaaster Privat.