Ada banyak universitas terbaik di China dengan reputasi internasional. Bahkan tidak sedikit kampus-kampus tersebut yang menempati rangking sebagai kampus terbaik di dunia. Menariknya, tidak sedikit pula orang Indonesia yang memilih dan kuliah di negerinya Jet Lee tersebut.

Daftar Universitas Terbaik di China

Buat Anda yang tertarik dan ingin melanjutkanpendidikannya ke China, ada banyak pilihan perguruan tinggi dengan reputasi internasional. Nah, berikut ini daftar universitas terbaik di China berdasarkan rangking dari EduRank 2023. Pemeringkatan berdasarkan pada reputasi, kinerja penelitian, maupun pengaruh para alumninya.

1.Tsinghua University

Universitas Tsinghua (Tsinghua University) adalah universitas terkemuka di China, nomor 2 di Asia dan rangking 54 di dunia menurut EduRank. Kampus ini diakui secara internasional untuk keunggulan akademik dan penelitian di berbagai bidang.

Tsinghua University

Dalam beberapa tahun terakhir, Universitas Tsinghua tak hanya menjadi universitas terbaik di China namunjuga mendapatkan peringkat yang semakin tinggi dalam daftar universitas terbaik di dunia. Pada 2021, QS World University Rankings menempatkan Tsinghua sebagai universitas terbaik ke-15 di dunia, sedangkan Times Higher Education World University Rankings menempatkannya sebagai universitas terbaik ke-20 di dunia.

Universitas yang terletak di Beijing, China ini berdiri pada tahun 1911. Kampus ini memiliki 20 sekolah atau fakultas dan departemen akademik, termasuk Sekolah Pascasarjana, Sekolah Bisnis dan Manajemen, Sekolah Ilmu Komputer dan Teknologi, Sekolah Kebijakan Publik dan Manajemen, serta Sekolah Arsitektur.

Selain itu, Tsinghua juga terkenal dengan hubungannya yang kuat dengan perusahaan teknologi terkemuka seperti Huawei dan Baidu, serta sebagai universitas yang diakui sebagai tempat bagi banyak inovator dan pengusaha terkemuka di China dan dunia.

2.Peking University

Universitas Peking (Peking University) adalah universitas terbaik di China ranking 2 dan rangking 4 di Asia menurut EduRank. Kampus ini bahkan menjadi universitas terbaik di dunia rangking 59. Bahkan pada 2021, QS World University Rankings menempatkan Peking University sebagai universitas terbaik ke-23 di dunia, sedangkan Times Higher Education World University Rankings menempatkannya sebagai universitas terbaik ke-16 di dunia.

Peking University dikenal sebagai salah satu universitas terbaik dan terkemuka di China serta diakui secara internasional untuk keunggulan akademik dan penelitian di berbagai bidang.

Peking University

Universitas yang terletak di Beijing, China ini didirikan pada tahun 1898 sebagai Sekolah Tinggi Kekaisaran. Peking University memiliki 30 fakultas dan departemen akademik, termasuk Fakultas Ilmu Pengetahuan, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Selain itu, Peking University juga terkenal dengan hubungannya yang kuat dengan industri dan perusahaan terkemuka di China dan di dunia, serta sebagai universitas yang diakui sebagai tempat bagi banyak inovator dan pengusaha terkemuka di China. Universitas ini juga terkenal dengan program studi bahasa Tiongkoknya, yang terkenal di seluruh dunia dan menarik banyak mahasiswa internasional.

3.Zhejiang University

Universitas Zhejiang atau Zhejiang University merupakan universitas terbaik di China ke 3, rangking 7 Asia dan menempati posisi109 di dunia versi EduRank 2023. Pada 2021, QS World University Rankings menempatkan Universitas Zhejiang sebagai universitas terbaik ke-53 di dunia, sedangkan Times Higher Education World University Rankings menempatkannya sebagai universitas terbaik ke-101-125 di dunia.

Zhejiang University adalah universitas yang terletak di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China. Didirikan pada tahun 1897 sebagai Sekolah Negeri Tinggi (Qiushi Academy), universitas ini merupakan salah satu perguruan tinggi tertua dan terkemuka di China.

universitas terbaik di china

Universitas Zhejiang memiliki 37 fakultas akademik, termasuk Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Sains, dan Fakultas Humaniora. Universitas ini terkenal dengan program-programnya dalam bidang sains, teknologi, kedokteran, dan humaniora, serta dengan program-program studi lintas-budaya dan bahasa asing.

Selain itu, Universitas Zhejiang juga terkenal dengan hubungannya yang kuat dengan industri dan perusahaan terkemuka di China dan di seluruh dunia, serta sebagai universitas yang diakui sebagai tempat bagi banyak inovator dan pengusaha terkemuka di China. Universitas ini juga dikenal sebagai pusat penelitian dan inovasi yang penting di wilayah Asia-Pasifik.

4.Shanghai Jiao Tong University

Universitas Jiao Tong Shanghai (Shanghai Jiao Tong University) adalah universitas terbaik di China peringkat 4 atau ke 8 di Asia serta rangking 110 di dunia versi EduRank 2023. QS World University Rankings bahkan menempatkan Universitas Jiao Tong Shanghai sebagai universitas terbaik ke-47 di dunia pada 2021. Sedangkan Times Higher Education World University Rankings menempatkannya sebagai universitas terbaik ke-59 di dunia.

Universitas Jiao Tong Shanghai memiliki 31 fakultas dan departemen akademik, termasuk bidang Teknik, Bisnis, Kedokteran, Ilmu Pengetahuan, dan Desain dan Seni.

Universitas yang terletak di Shanghai, China ini berdiri pada tahun 1896 dan dikenal sebagai universitas terkemuka di China, utamanya program-programnya dalam bidang teknik dan ilmu pengetahuan, serta dengan program studi lintas-budaya dan bahasa asing.

Selain itu, Universitas Jiao Tong Shanghai juga terkenal dengan hubungannya yang kuat dengan industri dan perusahaan terkemuka di China dan di dunia, serta sebagai universitas yang diakui sebagai tempat bagi banyak inovator dan pengusaha terkemuka di China.

 

5.University of Hong Kong

Universitas Hong Kong (University of Hong Kong) menempati peringkat 5 sebagai universitas terbaik di China, rangking 12 di Asia dan 127 di dunia menurut EduRank.  Bahkan QS World University Rankings menempatkan kampus ini sebagai universitas terbaik ke-22 di dunia, dan Times Higher Education World University Rankings menempatkannya sebagai universitas terbaik ke-40 di dunia.

Universitas Hong Kong merupakan universitas riset nasional yang terletak di Hong Kong, China. Didirikan pada tahun 1911, universitas ini dikenal sebagai salah satu universitas terbaik dan terkemuka di Asia serta diakui secara internasional untuk keunggulan akademik dan penelitian di berbagai bidang.

Universitas Hong Kong memiliki 10 fakultas akademik, termasuk Fakultas Seni, Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Fakultas Pendidikan, Fakultas Teknik, dan Fakultas Kedokteran. Universitas ini terkenal dengan program-programnya dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan kedokteran, serta dengan program-program studi lintas-budaya dan bahasa asing.

Selain itu, Universitas Hong Kong juga terkenal dengan hubungannya yang kuat dengan industri dan perusahaan terkemuka di Hong Kong dan di seluruh dunia, serta sebagai universitas yang diakui sebagai tempat bagi banyak inovator dan pengusaha terkemuka di Hong Kong. Universitas ini juga dikenal sebagai pusat penelitian dan inovasi yang penting di wilayah Asia-Pasifik.

6.Chinese University of Hong Kong

Untuk universitas terbaik di China peringkat 6 adalah Universitas Tiongkok Hong Kong (Chinese University of Hong Kong). Kampus ini juga menempati rangking 14 di Asia dan 158 di dunia menurut EduRank. Sedangkan QS World University Rankings menempatkan Universitas Hong Kong sebagai universitas terbaik ke-46 di dunia, dan Times Higher Education World University Rankings menempatkannya sebagai universitas terbaik ke-56 di dunia.

Universitas Hong Kong terletak di Hong Kong, China dan berdiri pada tahun 1963. Kampus ini juga terkenal dengan keunggulannya pada bidang ilmu sosial, humaniora, bisnis, dan kedokteran. Universitas ini juga dikenal sebagai pusat penelitian dan inovasi yang penting di wilayah Asia-Pasifik.

Universitas Tiongkok Hong Kong memiliki 8 fakultas akademik, termasuk Fakultas Seni, Fakultas Bisnis, Fakultas Pendidikan, Fakultas Teknik, dan Fakultas Kedokteran. Universitas ini terkenal dengan program-programnya dalam bidang ilmu sosial, humaniora, bisnis, dan kedokteran, serta dengan program-program studi lintas-budaya dan bahasa asing.

Selain itu, Universitas Tiongkok Hong Kong juga terkenal dengan hubungannya yang kuat dengan industri dan perusahaan terkemuka di Hong Kong dan di seluruh dunia, serta sebagai universitas yang diakui sebagai tempat bagi banyak inovator dan pengusaha terkemuka di Hong Kong.

7.Fudan University

Fudan University adalah universitas terbaik di China ke 7, nomor 17 di Asia dan rangking 164 di dunia menurut EduRank. Kampus yang terletak di Shanghai ini menawarkan program studi di berbagai bidang, termasuk sains, teknik, kedokteran, dan ilmu sosial.

8.Nanjing University

Nanjing University juga termasuk universitas terbaik di China ke 8, nomor 22 di Asia dan rangking 201 di dunia menurut EduRank 2023. Kampus yang terletak di Nanjing ini adalah salah satu universitas terkemuka di China Selatan. Nanjing University menawarkan program studi di berbagai bidang, termasuk humaniora, sains, teknik, dan ilmu sosial.

9.Wuhan University

Wuhan University merupakan universitas terbaik di China urutan ke 9, nomor 23 di Asia dan rangking 211 di dunia menurut EduRank 2023. Kampus yang terletak di Wuhan ini merupakan salah satu universitas terpopuler di China Tengah. Wuhan University menawarkan program studi di berbagai bidang, termasuk sains, teknik, kedokteran, dan ilmu sosial.

universitas wuhan

10.University of Science and Technology of China

University of Science and Technology of China merupakan universitas terbaik di China urutan ke 10, nomor 24 di Asia dan rangking 220 di dunia menurut EduRank 2023.

Kampus yang letaknya ada di Hefei, China ini juga terkenal sebagai universitas terrkemuka dalam bidang sains dan teknologi. Universitas ini menawarkan program studi di bidang matematika, fisika, kimia, dan teknik.

Universitas China Yang Banyak Orang Indonesia

Tahukah Anda, mana saja universitas China yang banyak orang Indonesia-nya? Ada berbagai alasan mengapa banyak mahasiswa Indonesia yang memilih untuk melanjutkan studi dan kuliah di China. Seperti karena biaya kuliah yang lebih terjangkau, reputasi universitas yang sangat baik, maupun karena keuntungan belajar bahasa Mandarin sebagai bahasa internasional yang semakin diminati.

Nah, berikut ini beberapa universitas di China yang memiliki banyak mahasiswa Indonesia yang meliputi:

1.Universitas Tsinghua (Tsinghua University)

Universitas Tsinghua adalah universitas terbaik di China yang juga menarik minat mahasiswa Indonesia. Universitas ini dikenal karena program studi di bidang teknik dan ilmu pengetahuan, dan menempati peringkat tertinggi di Asia dalam bidang teknik sipil dan teknologi informasi.

2.Universitas Peking (Peking University)

Alasan banyaknya mahasiswa Indonesia yang memilih Universitas Peking adalah karena universitas terbaik di China dan memiliki reputasi yang sangat baik di bidang humaniora, sosial, dan ilmu pengetahuan. Selain itu, Universitas Peking juga menawarkan berbagai program studi dalam bahasa Inggris, sehingga membuatnya menjadi salah satu pilihan yang menarik bagi mahasiswa Indonesia.

3.Universitas Fudan (Fudan University)

Universitas Fudan merupakan universitas terbaik di China dan menawarkan program studi yang sangat beragam di berbagai bidang, seperti ilmu sosial, humaniora, sains, dan teknologi. Banyak mahasiswa Indonesia yang memilih Universitas Fudan karena reputasinya yang sangat baik dalam bidang pendidikan dan penelitian.

universitas fudan

4.Universitas Tongji (Tongji University)

Universitas Tongji adalah universitas terbaik di China yang terletak di Shanghai dan menawarkan program studi di bidang teknik sipil, lingkungan, dan arsitektur. Banyak mahasiswa Indonesia yang memilih Universitas Tongji karena kota Shanghai yang menjadi pusat bisnis dan teknologi di China.

5.Universitas Shanghai Jiao Tong (Shanghai Jiao Tong University)

Universitas Shanghai Jiao Tong juga menjadi pilihan menarik bagi mahasiswa Indonesia karena merupakan universitas terbaik di China. Reputasinya juga sangat baik dalam bidang teknologi dan ilmu pengetahuan. Selain itu, kampusnya yang terletak di pusat kota Shanghai yang bisa menjadi daya tarik tersendiri.

universitas shanghai jiaotong

Demikian informasi tentang daftar universitas terbaik di China yang semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat. Ada banyak orang Indonesia yang kuliah di China dengan berbagai alasan. Namun sebelum memilih universitas di China, penting untuk mempertimbangkan dengan cermat program studi, biaya hidup, fasilitas, dan juga lingkungan akademik yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Termasuk dengan mempersiapkan diri dengan mengikuti les privat terpercaya di Edumaster Privat.