Berpikir kritis merupakan sebuah keterampilan cara berpikir yang rasional, terarah, dan benar sesuai akal pikiran manusia. Pada dasarnya, manusia sudah mendapat akal pikiran dari Allah SWT. Sehingga manusia bisa membedakan pikiran yang salah dan yang benar.

Pemikiran yang kritis tak semua orang memilikinya. Malah tak sedikit orang yang berpikiran pendek dan sempit. Pola pikir yang kritis adalah sebuah cara berpikir yang sifatnya membangun dan bukannya menjatuhkan diri sendiri dan orang lain. Pada saat ia menghadapi masalah maka ia berusaha mencari jalan keluarnya ketimbang mengeluh dan menyesali diri.

Pola pikir kritis mempunyai tingkatannya masing-masing. Ada seseorang yang baru menguasai pemikiran kritis secara mendasar. Ada pula yang mereka sudah mampu memiliki pola pikir yang lebih cerdas. Banyak juga orang yang pandai dalam berpikir secara kritis dari tingkatan dasar sampai level ahli.

Metode Berpikir Kritis

Berpikir secara kritis merupakan metode untuk mendapatkan pengetahuan. Banyak orang yang hidup di dunia ini mengalami kegagalan. Salah satunya karena ketidakmampuan untuk berpikir secara logis. Mereka hanya berpikir secara sederhana seperti orang awam lainnya. Pola pikir yang benar adalah unsur utama untuk meraih kekayaan dan kesejahteraan ekonomi. Itu semua disepakati para ahli finansial dan ekonomi.

berpikir kritis

Berpikir secara kritis adalah perkara mudah yang bisa dipelajari oleh semua orang. Untuk sukses dalam kehidupan di dunia bukan hanya dibutuhkan kemampuan hardskill tapi juga softskill. Contoh kemampuan softskill adalah kemampuan untuk berpikir secara kritis. Segala tindakan dan hasil perbuatan berkat pikiran. Berpikir secara kritis bagian dari pemikiran yang logis, baik, dan benar.

Pemikiran yang kritis dalam mencari pekerjaan akan memudahkannya untuk dapat pekerjaan. Kritis dalam bisnis bagi pengusaha akan memudahkan bisnis berjalan lancar dan menguntungkan.

Baca juga Kenapa Harus Kuliah? Ini Alasan Pentingnya!

Memiliki pemikiran yang kritis dalam kuliah akan membuat ia dengan mudah mendapatkan IPK tertinggi dan nilai ujian yang bagus serta mendapatkan beasiswa. Begitu juga dalam pekerjaan, orang yang kritis akan membuatnya bisa menunjukkan prestasi kerja yang bagus.

Metode pemikiran yang kritis adalah berpikir mendalam. Sebuah pertanyaan yang akan memberikan ilmu-ilmu baru bagaimana mengerjakan suatu pekerjaan dengan lebih baik, lebih cepat dan lebih rapi.

Suatu topik dipelajari secara detail dan ilmiah. Menyikapi pentingnya pemikiran yang logis dalam semua bidang kehidupan membuat beberapa orang mempelajari bagaimana cara meningkatkan kemampuan berpikir logis.

Pengertian Berpikir Kritis

Para ahli dan pakar memberikan definisi dan pengertian berpikir kritis menurut pandangan masing-masing. Ada yang berpendapat bahwa ini adalah suatu proses berpikir seorang intelektual yang bukan berdasarkan mitos. Kritis justru mendasarkan diri karena logika, rasional dan masuk akal secara ilmiah.

cara berpikir kritis

Kelompok masyarakat yang umumnya memiliki kemampuan berpikir semacam ini adalah dari kalangan mahasiswa maupun orang yang pernah mengenyam pendidikan tinggi. Namun ada juga kalangan biasa yang mampu pemikiran yang logis atas dasar pengalaman dan pergaulannya.

Berpikir secara kritis erat kaitannya dengan pola pikir rasional dan sensorik. Pada saat informasi diterima otak maka ia akan melakukan uji coba atas kesahihan informasi itu. Caranya dengan mengamati, menghayati, berpikir ulang, mengkaji dan refleksi diri yang kemudian diseleksi untuk menghasilkan kesimpulan yang baik dan benar.

Unsur-Unsur Berpikir Kritis

Dalam pengertian berpikir kritis, ada sejumlah unsur atau faktor yang terdapat dalam metode ini. Nah, berikut ini unsur-unsur yang terdapat dalam pemikiran yang kritis yang wajib anda tahu.

1.Masuk akal

Selama seorang mampu berpikir secara masuk akal atau logis maka pada saat itu ia sudah berpikir secara kritis

2.Kritis

Anda tentu mengenal dengan pengertian kritis. Kritis adalah kegiatan yang mengecek validitas suatu jawaban atau argumen.

3.Membangun

Pemikiran yang kritis adalah pikiran yang membangun dan menggembirakan banyak orang. Bukannya membuat sedih banyak orang.

metode berpikir kritis

Ciri-Ciri Orang Berpikir Kritis

Sikap dan pikiran orang yang kritis berbeda dengan kebanyakan orang. Berikut ini beberapa ciri orang yang kritis yang meliputi:

  1. Mempunyai rasa ingin tahu yang sangat besar terhadap sesuatu hal. Jika mereka menemukan sesuatu objek yang baru maka mereka akan tertarik mempelajarinya.
  2. Selalu meneliti setiap ucapan orang mengenai kebenarannya. Setiap ucapan yang dilontarkan orang belum tentu benar seratus persen dan belum tentu salah. Mereka yang berpikir secara kritis akan menyaring setiap ucapan dan mengukur tingkat kebenarannya. Ia tidak mudah percaya atas setiap perkataan orang lain.

Contoh Berpikir Kritis

Tuhan telah memberikan kepada manusia tubuh dan akal pikiran yang sempurna. Dengan pikiran maka manusia bisa membedakan mana yang salah dan mana yang benar. Dengan pikiran maka manusia bisa berpikir dan melahirkan banyak ilmu-ilmu baru.

Dalam proses berpikir tersebut, manusia terkadang berpikir secara salah. Inilah yang membuat sebagian orang kritis untuk memilah-milah mana saja pikiran yang benar dan salah.

Baca juga Metode Penelitian Sosial, Definisi dan Contohnya

Contoh berpikir kritis sangat banyak. Pemikiran yang kritis bisa dipergunakan dalam bidang sosial, agama, ilmu pengetahuan alam (IPA), ilmu pengetahuan sosial (IPS), ilmu kimia, fisika, biologi, matematika, sosiologi, bahasa Indonesia, filsafat, ekonomi, dan bidang lainnya yang sangat luas.

Setiap agama samawi memerintahkan kepada setiap pemeluknya untuk berpikir secara kritis. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan kebenaran dan pengetahuan yang sejati.

pengertian berpikir kritis

Sebagian ahli bijak menyatakan berpikir logis ebih utama atau lebih baik dua kali lipat ketimbang melakukan perbuatan baik. Berpikir akan mengubah kepribadian orang untuk selamanya. Dengan berpikir membuat lahirnya benda-benda yang berada di sekeliling kita. Seperti kursi, meja, lemari, piring, laptop, sendok, dll.

Pendek kata, segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia di muka bumi ini merupakan hasil buah pikiran. Berupa objek nyata ataupun tak nyata. Seperti musik, barang digital, dan lain-lain. Kemudian hampir semua mata pelajaran dan ilmu pengetahuan mengajarkan kepada manusia untuk berpikir secara kritis.

Seperti matematika, IPA, IPS, dan lain sebagainya. Contoh berpikir kritis lainnya ketika seseorang membaca berita tentang keburukan atau kebaikan orang lain. Maka ia tidak bisa langsung percaya sampai ia melakukan klarifikasi kepada orang yang bersangkutan.

Cara Berpikir Kritis

Kemampuan berpikir secara kritis setiap orang berbeda-beda. Pemikiran kritis adalah proses penyempurnaan diri. Mereka yang sudah bisa berpikir secara kritis maka segala masalah akan mampu dicarikan jalan keluarnya secara cepat dan tepat.

contoh berpikir kritis

Berikut ini cara berpikir kritis dari nol sampai bisa atau salah satu cara meningkatkan kemampuan berpikir secara logis, yaitu dengan selalu bertanya-tanya atas keabsahan sebuah informasi yang diterima.

Ia tidak serta merta mencerna setiap informasi atau fenomena di masyarakat. Berikut ini sejumlah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh mereka yang memiliki pemikiran yang kritis.

  • Apakah informasi yang diterima ini membangun atau tidak?
  • Dari siapa informasi ini berasal?
  • Apakah informasi ini bisa dipercaya dan apakah terbukti kebenarannya?

Latihan Berpikir Kritis

Pemikiran yang kritis adalah sebuah keterampilan yang harus diasah setiap harinya. Terbiasa dengan cara berpikir kritis maka akan bermanfaat bagi kehidupan orang itu sehari-hari. Bagi anda yang ingin mengubah hidup dengan mulai berpikir secara kritis maka berikut latihan-latihan yang harus ditempuh.

  1. Mendapatkan informasi yang diperoleh dari lingkungan sekitar
  2. Pada saat menerima informasi itu tidak diterima secara langsung sebagai sebuah kebenaran
  3. Kesimpulan sama sekali belum dibuat sampai selesai melakukan konfirmasi atau cek status kebenaran kepada orang yang dituju
  4. Berpikir keluar dari batasan. Ini disebut dengan berpikir out of the box.

Manfaat Berpikir Kritis

Berikut ini beberapa manfaat bagi seseorang yang mau mempunyai cara berpikir kritis yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

1.Segala persoalan menjadi gampang

Manfaat yang utama memiliki kemampuan berpikir logis adalah mampu menyelesaikan segala persoalan hidup dengan gampang. Setiap manusia pastinya memiliki masalah masing-masing. Tak ada manusia yang tak memiliki masalah. Dengan modal pikiran yang kritis akan membuat ia mudah mendapatkan jalan keluar.

contoh berpikir kritis

Contohnya pada masalah penjualan yang menurun drastis pada tahun 2020. Tim penjualan akan berpikir secara kritis untuk mengetahui penyebab angka penjualan yang menurun. Setelah mengetahui penyebabnya maka akan mudah meningkatkan penjualan. Setiap kesalahan penyebab penjualan menurun akan diteliti secara detail dari mulai tenaga penjualan sampai pimpinan perusahaan.

2.Memahami kapabilitas atau kemampuan diri sendiri

Setiap pekerjaan harus diserahkan kepada ahlinya. Barang siapa yang menyerahkan pekerjaan kepada bukan yang ahlinya maka tunggulah kehancurannya. Ungkapan bijak tersebut membuat setiap orang waspada. Tak boleh setiap pekerjaan diserahkan kepada orang yang bukan ahlinya.

Lihat juga Perbedaan Sensorik dan Motorik Anak dengan Contoh

Dengan berpikir secara kritis maka anda akan mengetahui kemampuan diri yang sebenarnya. Sehingga anda dapat mengukur kemampuan atas tawaran pekerjaan. Anda pastinya hanya melakukan apa yang bisa anda lakukan sesuai kemampuan diri.

3.Pikiran terbuka

Dengan kemampuan berpikir secara kritis yang anda miliki maka akan membuat pikiran anda lebih terbuka dan tak sempit. Segala sesuatu masalah selalu disikapi secara objektif dan bijak. Tak memakai emosi negatif.

Kemampuan pemikiran kritis juga berkaitan dengan cara berpikir ilmiah. Berpikir ilmiah harus objektif. Ini pula yang terjadi pada cara berpikir kritis yang mesti objektif dalam menilai segala sesuatu persoalan.

4.Bisa melakukan komunikasi secara baik

Dengan berpikir secara kritis maka akan membuat seseorang mudah berkomunikasi dalam berbagai bidang. Seperti komunikasi antara bawahan dan atasan. Komunikasi adalah ide atau gagasan yang disampaikan secara baik, informatif dan sistematis.

Setelah mengetahui beberapa manfaat berpikir secara kritis maka selanjutnya kita membahas cara meningkatkan kemampuan berpikir logis.

Hubungan Berpikir Kritis Dengan Kesuksesan

Orang-orang yang sukses biasanya adalah mereka yang memiliki pikiran yang kritis. Mereka yang belum mampu berpikir dengan kritis maka akan jauh dari kesuksesan. Orang yang sukses adalah mereka yang memahami apa yang mereka lakukan dan mereka memastikan langkah dan pikiran mereka berada di atas kebenaran.

Pemikiran kritis bukan mata pelajaran yang diajarkan di bangku sekolah formal. Sehingga untuk menguasai pikiran kritis tak bisa dilakukan dengan mudah. Sangat sedikit orang yang bisa menguasai pemikiran kritis. Bangku sekolah kebanyakan memberi materi soal logika dan wawasan. Padahal ada yang lebih baik dari itu yakni pelajaran cara berpikir kritis.

cara berpikir kritis

Berpikir secara kritis pada dasarnya mulai dilatih sejak seseorang menempuh bangku kuliah. Itu juga hanya sebagian kecil mahasiswa yang melatih diri berpikir secara kritis. Caranya dapat dilakukan oleh siapa saja yang bisa merupakan bawaan dan keturunan.

Untuk menerapkan pemikiran yang kritis maka anda bisa menentukan suatu masalah yang anda hadapi. Contohnya anda belum mendapatkan kesuksesan. Anda bisa mengetahui beberapa penyebab anda belum bisa sukses.

Anda bisa meneliti perbuatan dan pola pikir yang mana saja yang dianggap salah dan menjauhkan diri dari kesuksesan. Anda harus menjauhkan sikap demikian dan menggantinya dengan sikap dan pola pikir menuju kesuksesan yang diharapkan.

Pemikiran secara kritis bagaikan pisau yang diasah. Jika diasah terus menerus maka kemampuan metode berpikir ini akan semakin terasah tajam. Untuk menguasai pemikiran ini perlu kemampuan menggunakan logika yang baik, menghilangkan emosi, mengedepankan pikiran rasional, dan menambah wawasan, dan memahami pemikiran yang beraneka ragam.

Dengan melakukan demikian, anda bisa saja menguasai cara berpikir kritis sekaligus kreatif. Adapun yang menghalangi seseorang berpikir secara logis adalah emosi sehingga tak bisa membedakan antara pernyataan yang benar dan salah.