IPA SD adalah suatu materi pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang dikhususkan bagi pelajar tingkat sekolah dasar. Ada banyak hal penting bagi seorang anak belajar IPA sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Setiap materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam bagi sekolah dasar tersebut berdasarkan tingkatan kelas mempunyai materi bahasannya masing-masing. Hal tersebut disesuaikan dengan kurikulum pendidikan nasional yang ditetapkan oleh pemerintah.

Pentingnya Pembelajaran IPA di SD

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada jenjang pendidikan sekolah dasar sangat penting. Karena ini merupakan pintu pertama bagi seorang anak mengenal lebih dalam dan lengkap tentang alam yang ada di sekitarnya beserta objek-objek dan sifatnya.

Pentingnya pembelajaran IPA di SD

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lengkapnya, berikut ini beberapa sebab pentingnya pembelajaran IPA di SD bagi anak-anak, antara lain :

1.Berguna dalam menjalani aktifitas kehidupan keseharian

Manfaat seorang anak usia sekolah dasar belajar IPA SD yang pertama adalah membantunya dalam menjalani aktifitas sehari-hari terhadap lingkungan alam sekitarnya. Contohnya sang anak bisa memahami binatang-binatang yang berada di sekitarnya berupa nama dan sifatnya. Anak juga akan mengetahui berbagai jenis tanaman untuk pengobatan atau tanaman untuk dimakan.

2.Berpartisipasi dalam menjaga kelestarian alam

Dengan seorang anak melakukan pembelajaran IPA di SD akan membuat anak mengetahui pentingnya menjaga kelestarian alam. Sehingga turut serta dalam menjaga kehidupan alam yang lestari. Misalkan rajin bertanam pepohonan untuk penghijauan.

3.Jadi pribadi yang pandai bersyukur

Manfaat seorang anak mengikuti pembelajaran IPA SD berikutnya adalah untuk membentuk anak menjadi pribadi yang pandai bersyukur. Sang anak akan menyadari bahwa lingkungan alam di sekitarnya berjalan secara seimbang. Misalkan terjadinya rantai makanan yang seimbang ataupun peredaran bulan, bintang dan matahari yang berjalan pada porosnya masing-masing.

Selain itu, hukum alam turunnya hujan yang seimbang dari langit yang membuat tanaman dan tanah menjadi subur. Oleh sebab itu, atas kekuasaan Allah SWT membuat manusia khususnya kalangan anak-anak SD menjadi lebih bersyukur atas karunia dan rejeki dari Tuhan.

22 IPA SD: Konsep, Modul dan Contoh Soalnya

Konsep Pembelajaran IPA di SD

Adapun yang menjadi konsep pembelajaran IPA di SD atau sekolah dasar meliputi:

1.Empirik

Konsep pertama dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar adalah bersifat empirik. Dalam arti, segala makhluk hidup yang ada di langit dan di bumi dapat dipelajari secara ilmiah.

IPA SD

2.Pengamatan

Konsep pembelajaran IPA pada tingkat sekolah dasar berikutnya adalah berdasarkan pengamatan. Belajar IPA SD dilakukan dengan melakukan riset, percobaan, observasi, dan penelitian yang dilakukan secara ilmiah dan analisa yang rasional serta objektif.

3.Teori dan praktek

Terakhir, konsep dari pembelajaran IPA SD di sekolah dasar mencakup teori di ruangan kelas dan juga praktek di lapangan.

Modul Pembelajaran IPA di SD

Untuk modul pembelajaran IPA di SD menggunakan teori dan percobaan. Sehingga siswa siswi sekolah dasar dapat langsung mempraktekan teorinya yang didapat di bangku sekolah. Contohnya pada materi medan magnet.

Dijelaskan terjadinya teori gaya tarik menarik pada magnet jika kedua kutub yang saling berlainan kutub didekatkan. Sedangkan adanya gaya tolak menolak jika didekatkan pada kutub magnet yang sejenis. Semua konsep teori IPA SD tersebut dipahami secara mudah dengan dilakukan menggunakan percobaan atau praktek langsung di ruangan kelas.

Hasil dari percobaan yang dilakukan siswa siswi di ruangan kelas dituliskan pada buku modul pembelajaran IPA SD. Kemudian guru IPA memberikan penilaian atas hasil dan kesimpulan dari percobaan materi IPA yang telah dilakukannya.

Materi IPA di SD

Materi IPA di SD terdiri dari materi untuk kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6. Setiap tingkatan sekolah dasar tersebut diberikan materi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang berlainan satu sama lain. Dari mulai kelas 1 SD diberikan materi IPA yang relatif lebih mudah dan sederhana. Kemudian diakhiri pada kelas 6 SD yang materi pembelajaran IPA SD yang lebih banyak dan kompleks.

Materi mata pelajaran IPA SD terbagi ke dalam berbagai tingkatan kelas, yaitu:

  1. IPA bagi kelas 1 SD
  2. IPA bagi kelas 2 SD
  3. IPA bagi kelas 3 SD
  4. IPA bagi kelas 4 SD
  5. IPA bagi jelas 5 SD
  6. IPA bagi kelas 6 SD

IPA Kelas 1 SD

Untuk materi pelajaran IPA pada kelas 1-3 SD masuk dalam pelajaran Tematik. Materi IPA ini betsifat masih sangat sederhana. Hal ini sebagai pengenalan siswa terhadap mata pelajaran IPA yang paling dasar.

Dalam pelajaran tematik materi tentang IPA juga tidak spesifik berdiri sendiri melainkan berbaur dengan bahan tentang aktiviats sehari-hari. Untuk lebih jelas, berikut ini topik IPA yang terdapat dalam pelajaran Tematik.

Tema 7: Benda Hidup dan Tak Hidup

  • Benda Hidup dan Tak Hidup Di Sekitarku
  • Hewan di Sekitarku
  • Tanaman di Sekitarku
  • Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda

Tema 8: Peristiwa Alam

  • Peristiwa Siang dan Malam
  • Kemarau
  • Penghujan
  • Bencana Alam

IPA Kelas 2 SD

Ada beberapa materi pembahasan yang diberikan pada siswa siswi sekolah dasar kelas 2. Materi pokok pembahasan pada bidang studi atau materi IPA SD kelas 2 yaitu tentang memelihara dan merawat hewan dan tumbuhan. Materi ini masuk dalam pelajaran Tematik.

Tema 6: Merawat Hewan dan Tumbuhan

  • Hewan di Sekitarku
  • Merawat Hewan di Sekitarku
  • Tumbuhan di Sekitarku
  • Merawat Tumbuhan di Sekitarku

.

materi IPA di SD

IPA Kelas 3 SD

Materi pelajaran IPA untuk SD kelas tiga membahas tentang hal yang lebih luas yang terdapat di sekitar kita. Berdasarkan ketentuan dari Kurikulum 2013, pelajaran IPA kelas 3 masuk dalam beberapa tema dari pelajaran Tematik.

Pokok bahasan ini bukan hanya tentang makhluk hidup dan tak hidup namun juga telah memasukkan sejumlah materi baru. Seperti perubahan wujud benda, cuaca, energi, dan perkembangan teknologi terkini.

Tema 1: Makhluk Hidup

  • Ciri-ciri Makhluk Hidup
  • Purtumbuhan dan Perkembangan Manusia
  • Pertumbuhan Hewan
  • Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Tema 2: Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

  • Manfaat Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia
  • Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia
  • Menyayangi Tumbuhan
  • Menyayangi Hewan

Tema 3: Benda di Sekitarku

  • Aneka Benda di Sekitarku
  • Wujud Benda
  • Perubahan Wujud Benda
  • Keajaiban Perubahan Wujud Benda di Sekitarku

Tema 5: Cuaca

  • Keadaan Cuaca
  • Perubahan Cuaca
  • Pengaruh Perubahan Cuaca terhadap Kehidupan Manusia
  • Cuaca, Musim, dan Iklim

Tema 6: Energi dan Perubahannya

  • Sumber Energi
  • Perubahan Energi
  • Energi Alternatif
  • Penghematan Energi

Tema 7: Perkembangan Teknologi

  • Perkembangan Teknologi Produksi Pangan
  • Perkembangan Tekonologi Produksi Sandang
  • Perkembangan Teknologi Komunikasi
  • Perkembangan Teknologi Transportasi

modul pembelajaran IPA di SD

IPA Kelas 4 SD

Kurikulum Merdeka mulai memperkenalkan istilah baru pada materi pelajaran IPA SD untuk kelas 4. IPA yang merupakan singkatan dari Ilmu Pengetahuan Alam, pada kurikulum 2022 yang baru ini digabungkan dengan ilmu social menjadi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial atau IPAS.

Materi IPAS mempunyai tingkat bahasan yang lebih komplek lagi dari pelajaran IPA di jenjang sebelumnya. Untuk lebih jelas, berikut ini materi IPA SD kelas 4 menurut Kurikulum Merdeka, yaitu:

IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial)

  1. Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi
  2. Wujud Zat dan Perubahannya
  3. Gaya di Sekitar kita
  4. Mengubah Bentuk Energi
  5. Cerita Tentang Daerahku
  6. Indonesiaku Kaya Budaya
  7. Bagaimana Mendapatkan Semua Keperluan Kita?
  8. Membangun Masyarakat yang Beradab

22 IPA SD: Konsep, Modul dan Contoh Soalnya

IPA SD Kelas 5

Pokok bahasan pada materi IPA SD kelas 5 mempelajari tentang beberapa materi yang lebih lanjut. Selain pada pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial), materi IPA juga masuk dalam pelajaran Tematik. Untuk lebih jelas, berikut ini pokok bahasan pelajaran IUPA untuk SD kelas 5.

IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) – Kurikulum Merdeka

  1. Melihat karena Cahaya, Mendengar karena Bunyi
  2. Harmoni dalam Ekosistem
  3. Magnet, Listrik, dan Teknologi untuk Kehidupan
  4. Ayo Berkenalan dengan Bumi Kita
  5. Bagaimana Kita Hidup dan Bertumbuh
  6. Indonesiaku Kaya Raya
  7. Daerahku Kebanggaanku
  8. Bumiku Sayang, Bumiku Malang

Tematik (Kurikulum 2013 revisi 2018)

  1. Organ Gerak Hewan dan Manusia
  2. Udara Bersih Bagi Kesehatan
  3. Makanan Sehat
  4. Sehat Itu Penting
  5. Ekosistem
  6. Panas dan Perpindahannya
  7. Peristiwa dalam Kehidupan
  8. Lingkungan Sahabat Kita
  9. Benda-Benda di Sekitar Kita

IPA Kelas 6 SD

Terakhir, pembelajaran materi IPA SD di kelas 6 SD. Adapun yang dipelajari pada kelas 6 SD adalah tentang bumi dan alam semesta. Materi tersebut meliputi gerakan bulan dan gerakan bumi yang berputar pada porosnya masing-masing. Untuk gerakan bumi mencakup  gerak rotasi dan gerak revolusi. Yang melahirkan istilah gerhana bulan dan gerhana matahari.

contoh soal ipa di sd

Contoh Soal IPA di SD

Contoh soal IPA untuk siswa SD atau sekolah dasar bisa dalam bentuk pilihan ganda maupun esai. Soal contoh IPA SD yang paling mudah umumnya dalam bentuk pilihan ganda. Berikut ini salah satu contoh soal IPA di SD dalam bentuk pilihan ganda yaitu :

Soal 1

Pelestarian satwa gajah yang dilakukan pada kawasan Taman Nasional Way Kambas memiliki tujuan utama diperuntukkan……..

A.Melestasrikan flora

B.Mengurangi jenis satwa

C.Menjaga habitat alami hewan gajah

D.Mempertahankan populasi gajah

Jawaban yang benar adalah D. Tujuan didirikannya Taman Nasional Way Kambas oleh pemerintah bertujuan untuk mempertahankan populasi gajah agar jangan sampai punah.

Soal 2

Untuk lebih melengkapinya, berikut ini contoh soal IPA SD berikutnya yaitu :

Sebutkan salah satu contoh dari simbiosis mutualisme…..

A.Kerbau bersama burung jalak

B.Tanaman anggkrek bersama pohon besar

C.Gulma bersama tanaman padi

D.Tali putri bersama teh-tehan.

Untuk menjawabnya terlebih dahulu, anda dapat memahami dan mengerti terhadap apa itu pengertian  simbiosis mutualisme. Simbiosis mutualisme adalah suatu kerjasama yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak yang terlibat di dalamnya.

Contoh simbiosis mutualisme berlangsung pada peristiwa kerbau dengan burung jalak.Burung jalak hinggap di tubuh kerbau memakan kutu. Sedangkan kerbau merasa diuntungkan dengan terbebas badannnya dari kutu-kutu. Sehingga jawaban yang benar dari contoh soal IPA di SD di atas adalah A.

Manfaat Contoh Soal SD

Contoh soal IPA SD dan pembahasan jawabannya secara lengkap yang jika dipelajari mempunyai beberapa manfaat. Berikut ini manfaat seorang siswa siswi sekolah dasar (SD) mengerjakan contoh-contoh soal IPA di SD, antara lain:

1.Sarana latihan siswa

Sarana latihan bagi seorang pelajar sekolah dasar untuk menghadapi ujian nasional. Karena seringkali pada ujian nasional  menggunakan standar soal yang hampir mirip  pada soal UN tahun sebelumnya.

konsep pembelajaran IPA di SD

2 Meningkatkan pemahaman siswa

Manfaat lainnya dari seorang siswa diberikan contoh soal IPA SD adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa siswi sekolah dasar terhadap materi ilmu pengetahuan alam yang telah diberikannya di ruangan kelas.

3.Penerapan

Terakhir, manfaat dari adanya contoh soal IPA di SD adalah memudahkannya dalam penerapan dalam kehidupan siswa sehari-hari.

Demikian informasi tentang pelajaran IPA SD, baik tentang konsep, modul pembelajaran hingga pentingnya anak mempelajari bidang ini. Disertakan juga contoh soal IPA sebagai bahan Latihan. Jika membutuhkan layanan les privat SD untuk putra putri Anda, silahkan menghubungi Edumaster Privat yang telah berpengalaman dalam layanan tersebut.

22 IPA SD: Konsep, Modul dan Contoh Soalnya