Manfaat anak masuk sekolah berbasis agama terutama karena harapan agar anaknya lebih memiliki dasar akhlak yang kuat. Ada banyak orangtua saat ini yang berbondong-bondong memasukkan anak mereka ke sekolah dengan basis agama tersebut. Apalagi makin banyak sekolah berbasis agama yang berdiri di Indonesia. Baik itu sekolah swasta maupun negeri.

Sekarang ini kita segera memasuki tahun ajaran baru. Pengumuman pendaftaran siswa-siswi baru sudah beredar dan menjadi buruan para orang tua. Baik dari sekolah umum maupun sekolah berbasis agama. Tak sedikit orangtua yang mulai sibuk dalam mempersiapkan dan memilih sekolah untuk anak-anaknya.

Pada saat datangnya tahun ajaran baru akan membuat para orangtua menjadi galau. Mereka akan sibuk untuk mencari informasi sebelum memilih sekolah terbaik bagi anak tercinta. Apalagi ada banyak jumlah sekolah yang ada yang membuat orang tua bingung memilih menyekolahkan anaknya ke pesantren, sekolah formal biasa, sekolah swasta terbaik, atau sekolah berbasis agama.

manfaat anak masuk sekolah berbasis agama

Fenomena yang terjadi di masyarakat Indonesia saat ini adalah lebih banyak orangtua yang memilih menyekolahkan anaknya ke sekolah agama. Hal itu tentu saja ada banyak alasannya.  Hal yang utama dari motivasi orang tua memilih sekolah berbasis agama adalah untuk membentuk karakter anak yang baik, soleh dan berakhlak. Minimal sang anak mendapat ilmu agama selain ilmu pengetahuan umum.

Sekolah berbasis agama sekarang ini tidak bisa kita anggap sepele. Beberapa dari jenis sekolah ini bahkan memiliki predikat bertaraf internasional dan mampu bersaing dengan sekolah unggulan lainnya.

Kelebihan, ciri khas, dan manfaat anak masuk sekolah berbasis agama sangat banyak. Seperti dalam kegiatan ekstrakurikuler, program unggulan, fasilitas, dan sistem pembelajarannya. Inilah yang membuat para orangtua banyak yang tertarik menyekolahkan putera puteri mereka ke sekolah berbasis agama.

Manfaat Anak Masuk Sekolah Berbasis Agama

Banyak sekali alasan bagi setiap orang tua untuk menyekolahkan anaknya ke lembaga pendidikan formal berbasis agama. Salah satu alasan yang kuat adalah ingin membentuk anak menjadi pribadi yang berakhlak mulia dan soleh. Karena itu akan menjadi amal jariyah bagi orang tuanya kelak ketika ia meninggal dunia. Sebab percuma dan sangat berbahaya bagi dirinya jika seorang ibu atau ayah yang mempunyai anak jauh dari nilai-nilai agama.

motivasi orang tua memilih sekolah berbasis agama

Manfaat memasukkan anak ke sekolah berbasis agama disamping untuk membentuk karakter anak yang baik dan soleh adalah untuk menjaga lingkungan anak dari pengaruh buruk. Sekarang ini setiap orang tua dituntut untuk berhati-hati dalam mengawasi tumbuh kembang anak.

Baca juga Sekolah Internasional di Jakarta yang Terbaik

Ada banyak pengaruh buruk yang bisa didapatkan oleh sang anak secara mudah di sekitarnya. Pengaruh buruk bisa dimulai dari media sosial maupun teman dekatnya. Iman dan agama yang kuat akan menjadi pencegah hal buruk tersebut. Itulah yang membuat setiap orang tua lebih memilih menyekolahkan anaknya ke sekolah dengan basis agama.

Pergaulan bebas dan perbuatan tak bermoral menjadi ancaman bagi generasi muda saat ini. Sekolah berbasis agama akan mendidik seorang murid agar berperilaku baik dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Setiap orang tua tentu mengharapkan anaknya bisa sukses di dunia dan akhirat.

Salah satu jalannya dengan menyekolahkan anaknya ke sekolah formal berbasis agama maka sang anak akan jauh dari pengaruh buruk. Sekolah ini akan lebih banyak porsi pendidikan agama disamping ilmu umum. Sehingga lebih mendidik anak untuk lebih beradab dan soleh.

Berikut ini beberapa manfaat anak masuk sekolah berbasis agama yang sebaiknya orang tua tahu.

1.Amal Jariyah

Salah satu amal jariyah bagi orang tua adalah mempunyai anak soleh yang mendoakannya saat ia hidup maupun meninggal dunia. Oleh sebab itu, setiap orang tua berupaya keras untuk mendidiknya agar menjadi pribadi yang soleh. Salah satunya dengan memasukkannya ke sekolah berbasis agama atau pesantren.

Mendidik seorang anak menjadi pribadi saleh adalah investasi dunia dan akhirat bagi orang tua. Orang tua akan senang hati mengeluarkan biaya pendidikan anak yang mahal asalkan anaknya bisa mendapatkan pendidikan akhlak dan agama yang baik. Anak yang bersekolah ke sekolah berbasis agama merupakan sebuah investasi. Yang hasilnya akan kita dapatkan setelah sang anak lulus sekolah.

2.Pendidikan Agama yang Lebih Luas dan Banyak

Manfaat lain anak masuk sekolah berbasis agama adalah mata pelajaran agama yang lebih lengkap dan lebih jelas secara teori maupun praktis. Sehingga sang anak bisa menguasai pelajaran dan pendidikan agama lebih optimal. Baik tentang akhlak, ibadah, sosial kemasyarakatan, belajar sholat wajib dan sunat, sejarah Islam, hafalan doa, menulis arab, mengaji, mengetahui cara menjaga hubungan kepada Allah dan hubungan dengan sesama manusia.

manfaat anak masuk sekolah berbasis agama

Kalau pada sekolah formal umum seperti SD, SMP maupun SMA negeri maka pelajaran pendidikan agama umumnya masih kurang porsinya. Pengjaraan pendidikan agama biasanya hanya satu minggu sekali. Bandingkan dengan sekolah berbasis agama yang lebih banyak mengajarkan pelajaran agama pada anak.

3.Belajar Bersikap Mulia

Sekolah berbasis agama bukan hanya memberikan pendidikan agama secara teoritis, namun juga melalui cara mengaplikasikannya. Hal ini berbeda sangat jauh dengan sekolah formal non agama yang lebih cenderung memberikan pelajaran agama secara teoritis.

Pada sekolah berbasis agama, seorang anak akan mendapat pengajaran secara langsung cara bertutur kata yang baik khususnya kepada orang lebih tua, cara menyambut tamu, dan lainnya. Ada juga praktek hafalan doa setiap melakukan segala sesuatu perkara yang baik.

Lihat juga TK Terbaik di Jakarta, Rekomendasi dari Biaya dan Jenis Sekolah

Selanjutnya melalui pengawasan langsung dari guru, ustadz, atau pembina maka mereka juga belajar bagaimana cara menghormati orang yang lebih tua dengan mencium tangan maupun belajar praktek solat wajib dan sunat beserta bacaan, dan lain sebagainya.

Motivasi Orang Tua Memilih Sekolah Berbasis Agama

Selain manfaat anak masuk sekolah berbasis agama, motivasi orangtua menyekolahkan anak mereka ke sekolah agama juga sangat beragam. Berikut ini beberapa tujuan dan motivasi orang tua memilih sekolah berbasis agama secara umum.

1.Menunaikan Perintah Agama

Salah satu yang menjadi motivasi orangtua memasukkan anaknya ke sekolah agama Islam adalah adanya perintah Allah SWT kepada setiap manusia agar menjaga dirinya dan keluarganya dari api neraka. Misalkan dengan memberikan pendidikan agama yang baik kepada anaknya tentang akidah, akhlak, dan ibadah serta muamalah.

2.Akhlak yang Baik

Tujuan Nabi Muhammad Saw diutus ke dunia adalah menyempurnakan akhlaknya. Dengan memasukkannya ke lembaga pendidikan sekolah berbasis agama diharapkan seorang anak bisa memiliki akhlak yang baik termasuk kepada kedua orangtuanya. Ini merupakan salah satu harapan dan motivasi orang tua memilih sekolah berbasis agama untuk anaknya.

harapan anak sekolah islam

3.Memahami Al Quran dan Fiqh

Bagian yang terakhir yang menjadi motivasi orangtua menyekolahkan anak mereka ke madrasah atau sekolah berbasis agama lainnya adalah supaya anak mereka bisa memahami Al Quran dan fiqh secara baik dan benar. Kemudian ia bisa menyebarluaskannya kepada masyarakat secara luas.

Harapan Anak Sekolah Islam

Seorang anak yang memilih sekolah berbasis agama bisa karena kesadaran dan harapan anak sekolah Islam atau karena keinginan orang tua. Namun yang paling banyak adalah tuntutan dan desakan orang tua. Namun manfaat anak masuk sekolah berbasis agama tentunya akan lebih baik jika mengomunikasikannya dengan anak.

Misalkan sang anak bisa bersikap mandiri dan terbiasa melakukan pekerjaan sehari-hari secara islami. Seperti ketika akan tidur maka ia membaca doa sebelum tidur, ketika hendak makan ia membaca doa sebelum makan dan perbuatan islami lainnya.

Baca juga Cara dan Tips Memilih Playgrup yang Baik

Harapan orang tua untuk mendapatkan anak terbiasa berperilaku sehari-hari secara islami itu dapat terwujud. Salah satunya dengan kehadiran sekolah berbasis agama. Sekarang ini sangat mudah Anda temui berbagai sekolah Islam internasional maupun terpadu yang berada di dekat daerah  anda.

Mereka menjadi sekolah favorit anak-anak jaman ini. Kurikulum yang diberikan bukan hanya kurikulum nasional bahkan ada yang menerapkan kurikulum internasional.

harapan anak sekolah islam

Berikut ini harapan orang tua maupun harapan anak sekolah Islam ketimbang sekolah umum atau jenis lainnya.

1.Mempunyai Pengetahuan Agama yang Kuat

Harapan orang tua adalah anaknya bisa belajar agama dengan baik selama di sekolah Islam. Sehingga mereka bisa menguasai ilmu agama dengan baik dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat orang tua sibuk dengan pekerjaannya hingga tak sempat mengajarkan dan mendidik anak dengan ilmu agama yang benar.

2.Investasi

Harapan orang tua dengan  menyekolahkan anaknya ke sekolah Islam adalah ia mempunyai ladang pahala yang besar dan anaknya bisa mengaplikasikan ilmu agama dengan benar dalam keseharian hidup. Seorang anak yang saleh dan baik hati yang selalu mendoakan kedua orang tuanya sebagai investasi dunia dan akhirat yang tidak ternilai harganya merupakan manfaat anak masuk sekolah berbasis agama.