Pengertian harta lancar perusahaan adalah topik pembahasan yang dipelajari oleh siswa siswi SMA pada kelas 11 dalam mata pelajaran ekonomi. Harta lancar perusahaan memiliki berbagai bentuk dan sifat yang sangat dinamis. Pengetahuan ini sangat penting agar siswa mengetahui seluk beluk lembaga bisnis yang ada.

Berbicara tentang aset ini maka berbicara tentang operasional usaha yang berjalan lancar. Karena adanya harta lancar perusahaan akan membantu sebuah usaha atau perusahaan untuk beroperasi setiap hari hingga detik secara baik dan berkesinambungan.

Pengertian Harta Lancar Perusahaan Adalah

Dalam mata pelajaran ekonomi di SMA kelas 11 terkandung materi-materi penting. Seperti tentang pengertian harta lancar perusahaan. Pengertian harta lancar perusahaan adalah sebuah aset yang dimiliki oleh perusahaan dalam  bentuk barang yang mudah sekali dicairkan. Contohnya dalam wujud uang tunai.

apa itu harta lancar perusahaan

Untuk memudahkan pengertian harta lancar perusahaan adalah perlu dimulai dari pengertian dari harta lancar itu sendiri. Harta lancar adalah sebuah aktiva yang mempunyai umur sekitar satu tahun kurang. Harta lancar sering disebut juga sebagai harta yang memiliki sifat aset dalam periode panjang.  Harta lancar dapat berupa dari sumber pendanaan kas sampai piutang.

Pemahaman yang baik tentang pengertian harta lancar perusahaan adalah hal penting. Terutama bagi pelajar SMA terhadap penguasaan yang baik pada materi mata pelajaran ekonomi di SMA  kelas 11.

Apa Itu Harta Lancar Perusahaan?

Tahukah kamu apa itu harta lancar perusahaan? Ini adalah suatu aset yang terdapat pada perusahaan.  Namun untuk lebih mudah dalam memahaminya bagi pelajar perlu dilakukan pengertian secara singkat.

Secara mudah dipahami, pengertian harta lancar perusahaan adalah sebuah kas yang dapat dilakukan pencairan dalam bentuk uang tunai secara cepat. Jenis harta lancar perusahaan ini dapat dipergunakan oleh perusahaan untuk memenuhi keperluan bagi biaya operasional sehari-hari.

Arti lainnya dari pengertian harta lancar perusahaan adalah sebuah aset yang dikuasai oleh perusahaan yang mempunyai periode waktu sangat cepat.

Harta sama dengan kekayaan. Sehingga pengertian harta lancar perusahaan adalah bisa disamakan dengan kekayaan yang dimiliki dan dikuasai oleh perusahaan sepenuhnya. Harta lancar perusahaan bisa dilakukan menjadi konversi dalam wujud uang tunai secara singkat.

Berdasarkan sudut pandang ilmu akuntansi, pengertian harta lancar perusahaan adalah sebuah aset yang melekat kuat pada perusahaan. Aset tersebut  bisa dilakukan pencairan dalam wujud uang tunai dalam waktu cepat. Adapun waktu pencairannya lebih cepat hingga maksimal satu tahun.

Sebagian ahli ekonomi menilai definisi harta lancar perusahaan adalah kekayaan yang menjadi bagian dari unsur pokok pada kegiatan operasional usaha pada perusahaan.

Untuk contoh harta lancar perusahaan adalah piutang, persediaan, investasi periode pendek, dan uang tunai serta aset lainnya. Dengan pengertian harta lancar perusahaan adalah membuat sifat dari kekayaan ini sangat lancar pada perusahaan.

karakteristik harta lancar perusahaan

Karakteristik Harta Lancar Perusahaan

Adapun yang menjadi ciri khas atau karakteristik harta lancar perusahaan yaitu meliputi:

1.Uang tunai

Ciri khas dari harta lancar perusahaan adalah berwujud dalam bentuk uang tunai ataupun uang kas. Sebuah aset yang dimiliki oleh perusahaan yang hanya berupa uang tunai maka dapat disebut harta lancar perusahaan.

2.Pencairan cepat

Karakteristik harta lancar perusahaan selanjutnya adalah jangka waktu pencairan menjadi uang tunai menjadi relatif lebih cepat. Hal inilah yang membuat pentingnya harta lancar di perusahaan sering dipergunakan untuk keperluan membiayai dana operasional usaha sehari-hari.

3.Kemudahan dalam penyimpanan

Yang tak kalah penting, karakteristik atau ciri harta lancar perusahaan  adalah dari segi penyimpanan yang gampang sekali dilakukan. Sehingga banyak pelaku usaha melakukan transaksi jual beli terhadap harta lancar perusahaan secara simpel.

Itulah tiga karakteristik atau sifat dari harta lancar perusahaan. Dengan memenuhi tiga kaidah tersebut sebuah aset atau kekayaan pada sebuah perusahaan dapat disebut harta lancar perusahaan. Sedangkan jika aset yang dimiliki oleh perusahaan tidak memenuhi ketiga syarat di atas maka tak bisa disebut sebagai harta lancar perusahaan.

Pentingnya Harta Lancar di Perusahaan

Harta lancar yang terdapat pada suatu perusahaan mempunyai peranan yang sangat besar. Karena suatu usaha dapat berjalan secara lancar dalam operasional sehari-hari mesti didukung oleh harta lancar pada perusahaan.

Terhadap keberadaan harta lancar di perusahaan, sesuai prinsip dasar akuntansi seseorang mesti mengelolanya secara baik dan benar. Sehingga bermanfaat  untuk pengembangan dan operasional usaha secara berkepanjangan.

jenis harta lancar di perusahaan dan contohnya

Untuk lebih detail lengkapnya, berikut ini sejumlah pentingnya harta lancar di perusahaan, antara lain :

1.Membiayai operasional usaha

Hal yang sangat penting dari harta lancar di perusahaan adalah peranannya dalam membayar biaya segala operasional usaha. Tentu sebuah usaha memerlukan modal uang untuk membiayai kegiatan bisnisnya. Seperti pembelian bahan baku, sewa tempat,biaya listrik dll. Semua itu dapat terbayar dengan adanya harta lancar pada perusahaan.

2.Kelangsungan usaha secara berkepanjangan

Salah satu alasan penting lainnya dari harta lancar yang terdapat pada perusahaan adalah untuk menjaga kelangsungan usaha secara berkepanjangan. Tanpa adanya harta lancar di perusahaan maka suatu perusahaan bisa berhenti beroperasi secara mendadak. Karena uang tunai untuk berjalan usaha tidak ada.

Jenis Harta Lancar di Perusahaan dan Contohnya

Pada suatu perusahaan umumnya terdapat harta lancar dan harta tidak lancar. Untuk jenis harta lancar di perusahaan dan contohnya adalah sebagai berikut:

1.Persediaan barang jualan

Jenis dari pengertian harta lancar perusahaan adalah yang pertama adalah persediaan barang jualan. Persediaan barang yang terdapat pada perusahaan dapat berjumlah besar dan sedikit. Harta lancar berupa persediaan barang dapat diperdagangkan kembali kepada konsumen untuk mendapatkan uang.

2.Peralatan dan perlengkapannya

Untuk jenis harta lancar di perusahaan dan contohnya lainnya adalah peralatan dan perlengkapannya.  Peranan peralatan dan perlengkapannya sangat penting dalam membuka dan mengoperasionalkan usaha sehari-hari secara konsisten.

pengertian harta lancar perusahaan adalah

Peralatan dan perlengkapan usaha merupakan bagian modal dan aset yang dimiliki perusahaan dan dapat diperjualbelikan kembali. Hal ini umumnya setelah peralatan dan perlengkapannya sudah  tidak dipergunakan lagi atau habis masa pakai pada periode tertentu.

3.Piutang pembayaran

Contoh jenis harta lancar di perusahaan lainnya adalah piutang pembayaran.  Piutang pembayaran adalah penghasilan tetap yang menjadi sumber penghasilan dari perusahaan. Namun uangnya belum bisa langsung diterima secepatnya.

4.Beban dibayar dimuka

Contoh harta lancar di perusahaan berikutnya adalah beban dibayar dimuka.  Pengertiannya sendiri adalah suatu pembayaran yang dilakukan di muka. Cara ini tak wajib.  Namun sebagian orang melakukannya.

5.Piutang wesel

Jenis harta lancar pada perusahaan yang lainnya adalah piutang wesel . Jenis surat berharga tersebut dapat dicairkan menjadi uang tunai. Piutang wesel adalah suatu surat utang yang dapat ditagih berdasarkan tempo yang disepakati.

6.Piutang dagang

Contoh jenis harta lancar perusahaan adalah piutang dagang. Piutang dagang adalah surat penagihan yang berasal dari perusahaan kepada pihak terkait berdasar atas transaksi  penjualan secara cicilan yang ditentukan bersama.

7.Kas

Jenis harta lancar di perusahaan dan contoh selanjutnya adalah uang kas.  Kas adalah uang yang bisa dipakai dalam periode waktu yang dikehendaki untuk keperluan perusahaan. Kas dapat berfungsi sebagai pembiayai operasional usaha sehari-hari. Uang kas dapat ditempatkan pada rekening perusahaan secara internal maupun lembaga bank.

8.Surat berharga

Terakhir, yang menjadi jenis harta lancar berjalan di perusahaan dan contohnya adalah surat berharga. Seperti obligasi, saham dan lain sebagainya. Surat berharga menunjukkan kepemilikan yang sah dari seseorang terhadap objek benda berharga tertentu.

Manfaat Harta Lancar di Perusahaan

Setelah mengetahui pengertian harta lancar perusahaan adalah yang sangat penting, berikut ini sejumlah manfaat harta lancar di perusahaan yang penting kamu ketahui.

1.Belanja bahan-bahan produksi

Manfaat yang pertama dari harta lancar di perusahaan adalah membantu dalam usaha berjalan. Karena harta yang berjalan dapat dipergunaakan untuk membeli modal yakni melakukan pembelian bahan baku untuk produksi.

manfaat harta lancar di perusahaan

2.Melakukan pembayaran utang

Sebuah perusahaan skala besar, menengah ataupun kecil untuk menjalankan usahanya terkadang melakukan utang. Misalkan utang ke bank, teman, saudara maupun sahabat dll. Dengan adanya harta lancar pada perusahaan maka pembayaran hutang akan berjalan lancar. Disebabkan pembayaran utang menggunanakan harta lancar di perusahaan.

3.Upah tenaga kerja

Manfaat harta lancar di perusahaan selanjutnya adalah untuk membayar upah  tenaga kerja atau karyawan. Karena sifat harta lancar pada perusahaan  yang umumnya sangat  mudah dicairkan dalam waktu singkat dan dapat dalam bentuk uang tunai.

4.Operasional usaha terus bergulir setiap hari

Manfaat yang paling utama dari harta lancar di perusahaan adalah mendukung perusahaan atau bisnis untuk beroperasional terus setiap hari. Karena segala modal dan biaya usaha hingga biaya  investasi  dan biaya operasional ditanggung oleh harta lancar yang berjalan di perusahaan.

5.Membayar biaya sewa

Terakhir, yang menjadi manfaat harta lancar di perusahaan adalah untuk melakukan pembayaran atas biaya sewa yang harus diberikan perusahaan kepada pemilik tempat usaha bersangkutan yang sah.

Itulah manfaat-manfaat yang bisa diperoleh dari seseorang atau perusahaan yang memiliki harta lancar perusahaan.  Sedangkan tata cara untuk menghitung aktiva harta lancar pada perusahaan mempunyai rumus tersendiri.

Rumus dan Cara Menghitung Aktiva Lancar

Salah satu hal yang sangat penting untuk diketahui pada suatu perusahaan setelah mengetahui pengertian harta lancar perusahaan adalah besaran aktiva lancar yang dimiliki oleh perusahaan bersangkutan. Hal ini sangat menentukan suatu perusahaan dalam keadaan sehat tidaknya.

Untuk rumus dan cara menghitung aktiva lancar perusahaan sangat gampang.  Dengan cara mengumpulkan sebanyak-banyaknya dari harta lancar perusahaan. Untuk jenis harta lancar perusahaan tersebut bisa berupa surat biaya dibayar di depan, aset likuid, surat berharga, piutang, persediaan barang, dan kas.

rumus dan cara menghitung aktiva lancar

Untuk cara penghitungan aktiva lancar menjadi hal yang mudah.  Karena hal tersebut terdapat rumusnya tersendiri. Sesuai teori dasar akuntansi, berikut ini rumus dan cara menghitung aktiva lancar perusahaan secara keseluruhan, yaitu:

Kas = surat berharga + piutang + investaris + biaya bayar di muka + aset

Kas ataupun setara kas ditambah surat berharga ditambah piutang ditambah inventaris atau persediaan dan ditambah biaya bayar di muka serta ditambah aset yang likuid yang lain.

Rumus cara menghitung aktiva lancar perusahaan yang begitu mudah dilakukan. Para prinsipnya semua aktiva lancar atau harta lancar pada perusahaan berupa aset dapat dihitung. Semua pengertian harta lancar perusahaan adalah dapat diketahui nominalnya dengan cara menjumlahkan semuanya.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian harta lancar perusahaan adalah, manfaat, jenis, dan contoh serta karakteristik harta lancar perusahaan. Mudah-mudahan  apa yang penulis jelaskan dapat memberikan manfaat kepada para pembaca sekalian khususnya siswa siswi SMA pada kelas 11 dalam belajar mata pelajaran Ekonomi. Kalian juga bisa mengikuti les privat untuk meningkatkan prestasi akademik di sekolah.