Satuan berat adalah sebuah kadar ukuran yang dipakai dalam melakukan penghitungan terhadap berat pada sebuah barang. Contohnya pada satuan berat pound, lbs,  gram, ton, kilogram, kwintal dan ons. Itu semua merupakan contoh satuan berat yang familiar dipakai dalam keseharian kehidupan manusia.

Satuan berat terdiri-dari berbagai macam. Baik satuan ukuran berat yang sangat populer dan satuan berat yang tidak populer.

Untuk jenis satuan berat sangat populer di masyarakat. Seperti dalam mengukur penjualan beras menggunakan satuan berat kilogram atau ton.  Sedangkan kategori satuan berat yang tidak populer atau kurang dikenal seperti satu gayung atau juga 1 lbs yang sama dengan 1 pound.

Matematika merupakan bagian dari ilmu yang berkaitan dan mempelajari tentang satuan berat. Pelajaran ini merupakan matematika dasar untuk anak SD yang menantang dan sangat menarik untuk dipelajari.

Seseorang yang belajar satuan berat akan mendapatkan beberapa manfaat dari mempelajari hal tersebut. Seperti dalam memudahkan aktifitas kehidupan manusia sehari-hari. Dengan mengetahui satuan berat adalah akan membuat seseorang mengetahui berat suatu benda atau barang secara akurat. Misalkan berat gula, berat buah-buahan, berat sayur-sayuran, berat air, berat badan manusia dan lain sebagainya.

Mengenal Satuan Berat Adalah

Pengertian satuan berat adalah suatu ukuran yang dipakai dalam melaksanakan kegiatan pengukuran terhadap bobot sebuah barang. Satuan berat kerapkali dijumpai pada beberapa bidang khususnya pada aktifitas manusia dalam pengiriman ataupun perdagangan benda.

satuan berat yang umum digunakan

Menurut istilah, satuan berat adalah satuan yang dipakai pada pengukuran bobot barang. Satuan berat berkaitan dengan berat benda itu sendiri. Sedangkan pengertian berat benda adalah suatu hasil dari pergerakan gaya gravitasi yang berlangsung pada barang itu.

Satuan berat yang dipakai pada awalnya adalah gram sesuai standar. Namun kemudian satuan berat semakin berkembang luas. Sehingga dari gram menghasilkan satuan berat yang lain. Seperti kilogram. Sedangkan dari satu kilogram dapat dilakukan konversi menjadi satu liter air.

Satuan kilogram umumnya dipakai dalam pengukuran benda-benda besar dan berbobot tinggi. Sedangkan ukuran satuan gram seringkali dipakai dalam pengukuran berat benda-benda kecil. Seperti dalam mengukur kadar emas perhiasan.

Dari satuan gram akan bermunculan satuan berat lain seperti kilogram. Kemudian dilanjutkan ton, kwintal, pon, ons, hektogram, dekagram, desigram, sentrigram, miligram dan lain sebagainya.

Pengertian Satuan Berat

Banyak hal yang ditanyakan orang seputar satuan berat adalah. Salah satunya adalah apakah satuan dari berat? Satuan dari berat berbagai macam. Seperti halnya satuan berat baku dan satuan berat tidak baku. Untuk satuan berat yang  baku adalah sesuai standar yang pertamakali dipakai yakni gram.

Dari satuan berat gram berkembang menjadi satuan berat yang lainnya. Seperti satuan berat kilogram yang merupakan satuan berat standar internasional.

Untuk memudahkan penghitungan berat suatu barang bisa menggunakan timbangan atau neraca. Hal tersebut perlu dilanjutkan dengan memilih berdasarkan satuan berat yang dikehendaki.

satuan berat adalah

Pendek kata, alat untuk memudahkan  pengukuran suatu berat barang  secara praktek adalah neraca atau timbangan. Sedangkan untuk proses konversi satuan berat adalah terdapat tangga satuan berat, dan tabel konversi satuan berat.

Setiap benda mempunyai besaran ukuran masing-masing. Ada benda dengan bentuk besar, sedang dan kecil. Untuk menaksir berat dari benda-benda berukuran besar umumnya menggunakan satuan berat kilogram atau kwintal hingga ton. Sedangkan untuk melakukan pengukuran bobot benda-benda berukuran kecil dan ringan seringkali menggunakan satuan berat adalah gram maupun ons.

Satuan Berat yang Umum Digunakan

Sebagian orang tentu sudah mengenal betul terhadap satuan berat. Namun untuk memahami satuan berat tidak hanya cukup dengan mengenali pengertian satuan berat, dan berbagai macam satuan berat. Ada yang lebih luas lagi dan lengkap dari satuan berat adalah. Seperti tangga konversi satuan berat, contoh soal satuan berat, penerapan satuan berat, manfaat satuan berat dan lain-lain.

pengertian satuan berat

Satuan berat adalah suatu hal yang sangat mudah untuk dikuasai dan dipahami secara baik. Salah satunya lewat pengertian dan penggunaan tangga satuan berat.  Satuan berat terdiri-dari berbagai jenis satuan. Yang paling terkenal adalah satuan berat standar internasional yakni kg (kilogram).

Disamping standar internasional terdapat satuan berat yang bukan standar secara internasional. Namun satuan besaran berat tersebut standar nasional yang kerapkali dipergunakan pada keseharian kehidupan. Besaran satuan berat tersebut meliputi ton, kwintal, lbs, pound, ons  dan gram.

Sementara itu, setiap satuan berat adalah terbagi ke dalam berbagai kategori. Salah satuya satuan berat diperuntukan untuk benda yang memiliki bobot yang berat maka satuan berat yang dipergunakan secara umum yakni kilogram.

Sedangkan bagi pengukuran berat suatu barang yang ringan dan ukuran kecil dipergunakan satuan berat  gram, ons dan lain sebagainya. Seperti pada  kadar emas, tepung, dll.

Berikut ini yang umum digunakan dalam kehidupan manusia sehari-hari beserta konversinya dari satuan berat adalah sebagai berikut:

  • 1 ton sama dengan 10 kwintal = 1000 kilogram
  • 1 pond sama dengan 5 ons
  • 1 hg sama dengan  satu ons
  • 1 ons sama dengan 28,35 gram
  • 1 kilogram = 10 ons
  • 1 lbs sama dengan satu pound
  • 1 gram sama dengan 1/1000 kilogram
  • 1 ton sama dengan 1000 kilogram
  • 1 kwintal sama dengan 100 kilogram
  • 1 ons sama dengan 100 gram

Demikianlah sejumlah satuan berat yang umum digunakan dalam kehidupan manusia keseharian dalam pengukuran berat. Seperti dalam mengukur berat buah-buahan,  besi, logam, telur, sayur-sayuran, dan lain sebagainya.

Alat Untuk Mengukur Satuan Berat

Untuk mengukur berat suatu barang dalam kehidupan manusia sehari-hari dibuatlah suatu alat yang diberi nama timbangan. Timbangan adalah sebuah alat bantu untuk mengetahui besaran berat atas suatu benda. Timbangan mempunyai berbagai macam jenis. Berikut ini macam-macam alat untuk mengukur satuan berat yang umum digunakan.

1.Timbangan Ohauss

Timbangan Ohauss adalah jenis timbangan yang dipergunakan dalam pengukuran massa barang maupun logam.

2.Timbangan Badan

Timbangan badan adalah timbangan yang berguna untuk mengukur besaran berat tubuh manusia. Proses kerja alat untuk mengukur satuan berat adalah dengan cara dinaiki. Sehingga dapat memperlihatkan besaran berat tubuh seseorang berdasarkan jarum yang bergerak menuju angka tertentu.

alat untuk mengukur satuan berat

3.Timbangan Duduk

Timbangan duduk adalah sejenis timbangan yang sering dipakai bagi kepentigan di dapur. Misalkan untuk pengukuran besaran berat suatu masakan atau bahan-bahan kue.

4.Timbangan Kodok

Timbangan kodok sering juga disebut timbangan bebek adalah suatu macam timbangan yang kerap dijumpai di pasar-pasar  dalam pengukuran berat telur, minyak goreng, gula, beras, buah-buahan ataupun sayur-sayuran.

5.Timbangan Gantung

Macam timbangan yang ada di dunia yaitu timbangan gantung. Timbangan ini sering dijumpai pada Posyandu. Misalkan untuk mengukur berat badan anak balita.

6.Timbangan emas

Alat untuk mengukur satuan berat lainnya adalah timbangan emas. Dari namanya saja jenis timbangan ini diperuntukkan bagi kepentingan mengukur kadar bobot emas. Toko emas dan toko perhiasan sering kali menggunakan jenis timbangan ini.

Perbedaan Berat dan Massa

Istilah massa dan satuan berat adalah istilah yang kerap didengar setiap hari berkaitan berat. Kedua istilah tersebut seakan sama. Akan tetapi, secara hakikat keduanya berbeda dari segi pengertian. Berikut ini beberapa perbedaan berat dan massa yang juga penting dikuasai.

1.Pengertian

Berat adalah suatu ukuran gaya  gravitasi  yang sedang berlangsung atasnya. Sedangkan pengertian  massa merupakan jumlah materi yang terdapat pada suatu benda. Cara mengajarkan anak SD matematika bisa dengan memperlihatkan contoh alat ddan cara mengukurnya.

2.Lambang

Adapun satuan berat adalah dengan lambang berupa huruf W besar atau Weight. Sedangkan massa diberikan lambang dengan huruf M besar atau m kecil.

3.Besaran berat dan massa

Satuan massa yaitu kilogram. Sedangkan perhitungannya adalah m = w dibagi percepatan gaya gravitasi. Untuk mendapatkan besaran berat suatu benda diperoleh dari percepatan gaya gravitasi dikali massa.

Satuan Berat Baku dan Tidak Baku

Jenis satuan yang terdapat pada satuan berat adalah terdiri-dari dua kelompok yang penting diketahui, yaitu:

1.Satuan Berat Baku

Satuan berat baku adalah satuan berat yang umumnya dipergunakan dalam menghitung matematis secara resmi dan standar. Contoh satuan berat baku adalah kwintal, pon, ons, ton, gram, dan kilogram.

2.Satuan Berat Tidak Baku

Untuk contoh satuan berat tidak baku yaitu mayan. Misalkan mayan yang mempunyai nilai 1/16  anak timbangan yang dipakai dalam pengukuran emas.

perbedaan berat dan massa

Salah satu sifat dari satuan berat yang baku adalah  tidak akan mengalami perubahan. Satuan berat baku sesuai standar yang ada baik itu standar nasional maupun standar internasional.  Hal tersebut berbeda sekali dengan satuan berat yang tidak baku.

Satuan berat tidak baku sangat mungkin dan bisa mengalami perubahan satuan berat dan memiliki karakteristik tak standar secara nasional atau internasional. Contoh satuan berat tidak baku adalah gayung, kaleng, dan cubit. Sedangkan contoh satuan berat adalah yang baku yaitu gram dan kilogram.

Contoh Soal Satuan Berat

Setelah mengenal materi tentang satuan berat adalah, nah berikut ini beberapa contoh soal satuan berat dan pembahasannya yang bisa untuk kamu latihan.

1.Tulislah dengan jawaban yang benar! Berapakah nilai dari 6 pon +12 kwintal +7200 ons=? dalam satuan kilogram.

Untuk  menjawab contoh soal satuan berat tersebut tidaklah sulit. Dengan melakukan persamaan pada semua ukuran berat pada kilogram. Sehingga didapatkan hasil 6 pon = 3 kg. Kemudian 12 kwintal= 1200 kg. Kemudian 7200 ons=720 kilogram.

Lakukan penjumlahan total  pada semua berat benda tersebut  dalam satuan kilogram. 3 kilogram + 1200 kilogram + 720 kg. Jawabannya adalah 1923 kg.

2.Soal cerita materi satuan berat

Seorang pembantu rumah tangga membikin adonan kue roti unyil dengan bahan mentega 1000 dg, gula 25 dag dan tepung terigu 3 hg. Berapakah gram bobot adonan itu?

Untuk menjawab soal tersebut dapat dilakukan dengan menghitung jumlah takaran adonan dalam satuan gram. Dalam hal ini, mentega sebesar 1000 dg sama dengan 100 gram. Lalu gula sebesar 25 dag =250 gram. Selanjutnya tepung terigu sebanyak 3 hg sama dengan 300 gram.

contoh soal satuan berat

Lakukan penjumlahan bahan adonan kue roti unyil dalam satuan gram. Kemudian dijumlahkan secara total. 300 gram+250 gram+ 100 gram =650 gram.Sehingga diperoleh jumlah berat adonan kue roti unyil tersebut sebesar 650 gram.

3.Contoh soal satuan berat ketiga

Seorang karyawan pada perusahaan di Bandung pergi ke pasar untuk melakukan pembelian ikan laut sebanyak 200 ons, tepung terigu 20 kg, dan beras 3/5 kwintal. Pertanyaannya sekarang adalah berapakah berat dalam satuan kilogram dari seluruh belanjaan tersebut?

Semua belanjaan harus berdasarkan satuan berat kilogram. Sehingga ikan laut 2000 ons sama dengan 20 kg. Tepung terigu sebesar = 20 kg dan beras 60 kg. Dengan demikian, total berat belanjaan karyawan tersebut dalam satuan berat kilogram sebesar 100 kg.

Demikian penjelasan tentang pengertian satuan berat adalah, satuan yang digunakan maupun alat pengukurnya. Ada juga contoh soal satuan berat yang bisa dimanfaatkan untuk kamu latihan mengerjakannya. Jika ingin lebih menguasai pelajaran ini, kamu bisa mengikuti bimbel atau les privat SD yang ada.