Jurusan sastra Korea menjadi salah satu program studi yang makin populer. Hal tersebut tak terlepas dari demam Korea yang melanda dunia seperti K-Pop ataupun drama korea. Popularitas lagu-lagu dan budaya Korea Selatan membuat para pelajar Indonesia tertarik untuk mempelajari sastra Korea. Hingga banyak yang memilih kuliah jurusan ini.

Demam Korea masih terus melanda sebagian besar belahan dunia. Termasuk Indonesia. Inilah yang membuat segala sesuatu yang berbau korea menjadi laris manis. Seperti makanan khas Korea dan juga program studi sastra Korea di sejumlah universitas negeri dan swasta di Indonesia semakin banyak diminati para lulusan SMA.

Apa saja yang dipelajari di dalam jurusan Korea? Mungkin ada bayangan dalam pikiran anda apa saja yang dipelajarinya. Seperti halnya jurusan sastra arab. program studi sastra Korea mempelajari  seputar sastra dan budaya yang berasal dari Korea Selatan. Secara lebih spesifik lagi yang dipelajari adalah bahasa Korea Selatan yang mencakup tulisan, membaca, mendengar, dialek sampai gaya cara bicara.

Mahasiswa sastra korea akan lebih memahami budaya korea Selatan. Yang termasuk mempelajari sejarah, sastra Korea, fonologi, fonetik, dan linguistik Korea Selatan. Mahasiswa jurusan ini pun akan mulai kuliah di semester pertama dengan diberikan penjelasan tentang sejarah korea jaman dulu hingga era modern saat dinasti Jaseon berkuasa.

Jurusan Sastra Korea

Salah satu mata kuliah yang paling populer di jurusan sastra Korea adalah Bahasa Korea yang dinamakan Hangukeo. Hangukeo terdapat beberapa jenis sampai 6 macam. Yang dipelajari dari mata kuliah Hangukeo adalah menulis bahasa Korea atau Sseugi, tatabahasa Korea atau Munbeob, mendengar bahasa Korea atau Deudgi, dan bercakap-cakap menggunakan bahasa Korea atau Malhagi.

budaya dan sastra korea

Untuk para penggemar series drama korea pastinya akan menggemari mata kuliah ini yakni Pengkajian Drama Korea. Mahasiswa program studi sastra Korea akan diwajibkan untuk menyaksikan satu film drama korea. Kemudian diberikan tugas untuk mereview film tersebut setiap pekan sekali.

Sebagai tugas akhir, mahasiswa diberikan tugas untuk menonton salah satu film drama korea. Selanjutnya melakukan analisa terhadap film drakor tersebut, baik dari aspek sastra, psikologi, dan budayanya.

Bagi anda yang berminat untuk mengambil sastra korea, berikut ini universitas di Indonesia terbaik yang membuka program studi sastra Korea, antara lain :

  1. Universitas Indonesia (UI) Jakarta
  2. Universitas Gadjah Mada yang berlokasi di Yogyakarta
  3. Universitas Nasional (UNAS) Jakarta
  4. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)  Bandung

Sastra Korea di Indonesia

Sastra korea menjadi begitu sangat diperhatikan orang saat ini. Mengingat demam Korea yang sudah melanda dunia. Dari mulai K Pop dan drama korea, dll. Bahasa korea mulai banyak diminati orang untuk dipelajari.

sastra korea di jakarta

Walaupun bukan jurusan populer di kampus, tapi beberapa universitas negeri dan swasta membuka jurusan sastra korea di Indonesia, antara lain :

1.UGM (Universitas Gadjah Mada)

Universitas Gadjah Mada membuka jurusan Bahasa Korea dengan jenjang D3. Anda yang mengambil jurusan ini akan mempelajari bahasa korea. Kemudian UGM juga membuka jurusan bahasa Korea untuk jenjang S1. Adapun status akreditasinya mencapai akreditasi A. Semua jurusan kuliah bahasa korea tersebut berada dalam lingkup fakultas Ilmu Budaya.

2.Universitas Indonesia

Untuk mempelajari sastra korea berikutnya bisa di Universitas Indonesia (UI). Status jurusan terakreditasi A dengan nama jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea.

Adapun mata kuliah yang diajarkan pada mahasiswanya, antara lain : Kepercayaan Masyarakat Korea, Sejarah Korea Kontemporer, Pengkajian Drama Korea, Terjemahan Indonesia Korea, Pengkajian Prosa Korea dan Telaah Kesusastraan Korea dll.

Yang menjadi keunggulan belajar bahasa asing, khususnya sastra korea di Universitas Indonesia adalah lokasi yang terletak di Ibukota Jakarta. Berbagai acara atau pentas seni kebudayaan dari berbagai negara seperti budaya korea pastinya akan biasa dilangsungkan. Hal tersebut akan mampu meningkatkan jaringan relasi anda dengan orang-orang korea yang ada di Indonesia.

3.Universitas Pendidikan Indonesia

Jurusan sastra Korea di Indonesia juga dapat anda pelajari di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Program studi sastra korea di UPI bermula dari lembaga UPI yang hanya menyelenggarakan kursus pendidikan bahasa Korea di Balai Bahasanya.

jurusan sastra korea

Karena jumlah peminatnya yang sangat besar membuat UPI memutuskan untuk membuka jurusan baru yakni program studi S1 sastra korea. Lulusan dari sarjana sastra Korea di UPI adalah menjadi seorang ahli bahasa dan pendidik.

4.Universitas Nasional

Terakhir, tempat terbaik untuk belajar bahasa dan sastra korea adalah di Universitas Nasional. Di kampus ini terdapat program studi D3 dan S1 sastra Korea. Sehingga anda bisa memilih berdasarkan kebutuhan anda.

Sastra Korea di Jakarta

Untuk mempelajari sastra dan budaya korea di Jakarta maka anda bisa memilih kuliah pada program studi sastra korea di kampus. Di berbagai kota besar biasanya sudah terdapat perguruan tinggi yang membuka program studi ini. Seperti di Bandung, Yogyakarta dan Jakarta. Untuk sastra Korea di Jakarta sendiri, perguruan tinggi negeri yang membuka jurusan sastra Korea terbaik adalah Universitas Indonesia (UI).

Bagi para pelajar SMA atau sederajat yang hendak lulus sekolah pastinya sudah berencana untuk melanjutkan kuliah ke pendidikan tinggi. Akan tetapi mereka seringkali belum mempunyai pilihan dalam menentukan jurusan kuliah yang hendak diambilnya.

Kalaupun sudah tergambar jelas daftar jurusan kuliah, terkadang seorang pelajar kebingungan dalam memilih jurusan kuliah yang akan dipilihnya. Mereka bertanya-tanya terhadap prospek kerja jurusan tersebut sebelum  mereka harus mengikuti SBMPTN.

Salah satu jurusan kuliah yang layak anda pertimbangkan sebagai pelajar adalah sastra Korea. Apalagi saat ini popularitas budaya Korea Selatan sangat tinggi. Lapangan kerja terbuka luas bagi siapapun lulusan prodi sastra korea. Untuk di Jakarta terdapat Universitas Indonesia yang membuka program studi sastra korea.

Program studi sastra korea merupakan jurusan kuliah yang terbilang masih baru di Indonesia dan belum banyak orang yang mengetahuinya. Sehingga hanya beberapa universitas yang membuka prodi sastra korea yang umumnya sangat cocok dipilih oleh mereka lulusan SMA jurusan IPS atau bahasa.

prospek kerja sastra korea

Untuk jurusan sastra Korea di Jakarta juga dapat dipelajari di Universitas Indonesia. UI membuka program studi sastra korea dengan jenjang pendidikan  S1 Bahasa dan Kebudayaan Korea. Status jurusan sudah sangat baik yakni A.

Mahasiswa S1 Bahasa dan Kebudayaan Korea akan mempelajari sejarah, sastra, budaya, dan bahasa Korea serta perkembangan budaya korea di masyarakat modern. Adapun mata kuliahnya meliputi Pengkajian Drama korea,

Pengkajian Prosa Korea, dan Sejarah Korea Kontemporer. Dengan kuliah pada program studi sastra korea dijamin mahasiswa dapat menguasai bahasa korea secara baik dan benar serta mengetahui sejarah budaya korea dari tempo dulu sampai era modern.

Mata Kuliah Jurusan Sastra Korea

Untuk lebih memudahkan mempelajari sastra Korea maka dilakukan pembagian keilmuan menjadi beberapa mata kuliah. Berikut ini beberapa mata kuliah jurusan sastra Korea, antara lain :

  1. Terjemahan Korea-Indonesia
  2. Percakapan Bahasa Korea
  3. Pengantar Sejarah Korea
  4. Bacaan Bahasa Korea
  5. Hanja
  6. Korean Tourism
  7. Bahasa Korea Bisnis dan Korespondensi

Sastra Korea UNPAD

Perguruan tinggi negeri terbaik dan paling favorit di Bandung adalah Universitas Padjadjaran (UNPAD).  Kampus negeri yang berada di Jalan Dipati Ukur Kota Bandung dan di Jatinangor Sumedang ini menjadi pilihan pertama dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri secara nasional. Walaupun UNPAD tidak termasuk sebagai perguruan tinggi negeri khusus bahasa asing tapi jumlah jurusan bahasa asing di kampus negeri ini terbilang cukup banyak.

sastra korea unpad

Universitas Padjajaran membuka beberapa fakultas. Salah satunya fakultas Ilmu Budaya yang mempunyai beberapa jurusan bahasa asing. Seperti bahasa dan sastra Arab, bahasa dan sastra Jerman, Bahasa dan Sastra Rusia, Bahasa dan Sastra Jepang, Bahasa dan Sastra Perancis, dan Bahasa dan Sastra Inggris. Dengan demikian Universitas Padjadjaran tidak membuka jurusan sastra korea.

Walaupun jurusan bahasa dan sastra Korea UNPAD tidak ada namun PTN ini mempunyai fasilitas pusat bahasa dan Kebudayaan Korea. Hal tersebut tak terlepas dari kerjasama antara pihak universitas dengan kedubes Korea di Indonesia serta budaya Korea yang sudah sangat melekat kuat di benak masyarakat dunia. Korea pula menjadi negara dengan kekuatan ekonomi yang cukup besar di dunia.

Pada masa mendatang sangat mungkin bahasa dan sastra Korea UNPAD menjadi salah satu jurusan baru yang dibuka oleh Universitas Padjadjaran. Mengingat peminatnya yang sangat besar seiring dengan budaya K Pop dan drama Korea yang banyak disukai banyak orang di Indonesia dan seluruh dunia.

Biaya Sekolah Sastra Korea di UI

Salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia adalah Universitas Indonesia (UI) Depok yang membuka program studi S1 jurusan bahasa, sastra dan kebudayaan korea. Bagi mahasiswa yang memilih jurusan ini akan diberikan pengajaran bahasa Korea. Sehingga alumni jurusan sastra korea akan mampu berbicara dan menulis dalam bahasa korea.

UI telah meluluskan ribuan alumni sarjana sastra korea yang kini telah bekerja di sejumlah media massa nasional dan internasional, kantor  laboratorium bahasa, kedutaan besar, kementerian luar negeri, kantor keimigrasian, kantor dinas pariwisata,dan lain-lain.

Untuk memaksimalkan dalam perkuliahan di jurusan sastra dan budaya korea, Universitas Indonesia melengkapinya dengan fasilitas laboratorium bahasa, laboratorium Leksikologi, dan laboratorium Fonetik.

Universitas Indonesia membuka program studi sastra Korea dalam dua kelas yakni kelas pararel dan kelas reguler. Kelas reguler hanya dapat dimasuki oleh calon peserta yang mengikuti SNMPTN, SBMPTN atau SIMAK UI. Adapun untuk kelas bagian pararel hanya bisa dimasuki oleh mereka yang melalui PPKB dan SIMAK UI.

prodi sastra korea

Yang menjadi perhatian orang tua dan calon mahasiswa  yang mau daftar ke jurusan sastra korea di Universitas Indonesia adalah berapa besar biaya sekolah sastra Korea di UI? Yang namanya perguruan tinggi negeri mendapatkan bantuan subsisi dari pemerintah. Sehingga biaya pendidikan bisa lebih murah dibandingkan biaya kuliah di perguruan tinggi swasta.

Untuk kelas S1 reguler di Universitas Indonesia, biaya sekolah disebut juga Biaya Operasional Pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan bayar keluarga mahasiswa bersangkutan. Adapun biaya sekolah sastra Korea di UI untuk S1 reguler sebesar Rp 100 ribu sampai Rp 5 juta. Sedangkan biaya pendidikan kuliah S1 kelas pararel dikenakan biaya Rp 6,5 juta.

Prospek Kerja Sastra Korea

Salah satu yang sangat diperhatikan oleh mereka yang mau mengambil program studi sastra korea adalah bagaimana prospek kerjanya. Berdasarkan analisis, prospek kerja sastra Korea sangat bagus. Lulusan sastra Korea bisa berkarier di perusahaan besar Korea Selatan di Korea maupun di Indonesia dan dunia yang tersebar luas di berbagai negara di dunia.

sastra korea di indonesia

Adapun berbagai profesi pekerjaan yang bisa dipilih sebagai prospek kerja sastra Korea, antara lain :

  1. Novelis korea
  2. Penulis travel
  3. Wartawan korea
  4. Penulis teknis
  5. Penerjemah
  6. Pemandu wisata korea
  7. Content Creator budaya Korea

Jurusan sastra korea yang terdapat di sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia bukan hanya mempelajari sastra Korea. Tapi juga mempelajari budaya dan kepercayaan masyarakat korea. Mereka yang lulusan sastra korea dijamin akan bisa berbincang-bincang dan menulis dalam bahasa korea.