Menjaga kesehatan mental anak sangat penting dilakukan oleh para orang tua disamping menjaga kesehatan fisik anak. Seperti sebuah ungkapan kata mutiara bahwasanya di dalam tubuh yang sehat terdapat kesehatan mental atau kesehatan jiwa yang kuat. Kesehatan mental yang dimiliki oleh anak dapat mempengaruhi kesehatan fisik, emosional, hingga cara bergaul dan bersosialisasi anak.

Salah satu hal yang sering diabaikan oleh orang tua adalah kejiwaan anak. Hal ini karena kesehatan mental pada seorang anak tidak terlihat secara kasat mata. Berbeda dengan kesehatan fisik yang kasat mata dan mudah terlihat oleh orang tua. Sehingga orang tua cenderung lebih memperhatikan kesehatan fisik anak.

Berbagai upaya dilakukan oleh orangtua untuk menjaga kesehatan fisik pada anak. Seperti memberikan nutrisi dan makanan serta minuman bergizi, menjaga pola tidur anak dengan baik dan memberikan waktu istirahat bagi anak yang mencukupi. Misalkan memberikan waktu tidur siang bagi anak. Karena manfaat tidur siang juga sangat besar bagi kesehatan mental dan fisik anak.

menjaga kesehatan mental anak

Hal berikutnya yang biasa dilakukan oleh orangtua untuk memastikan kesehatan fisik pada anak adalah dengan memberikan pakaian yang layak. Fungsi pakaian untuk mencegah anak dari suhu panas maupun dingin. Yang tak kalah penting lainnya, kesehatan fisik anak juga diperhatikan oleh orangtua dengan rutin berobat ke dokter ataupun puskesmas jika anak mengalami gejala penyakit tertentu.

Kesehatan Mental Anak

Memastikan kondisi kesehatan mental anak dalam kondisi baik bisa dilakukan oleh orangtua. Karena anak sendiri pada umumnya belum mengerti betul tentang apa itu kesehatan mental, bentuk dan cara menjaganya.

Oleh sebab itu, orang tua perlu menyempatkan  waktu yang sebentar untuk memperhatikan kondisi kesehatan jiwa anak selalu sehat. Salah satu alasan yang melatarbelakangi pentingnya menjaga kesehatan mental bagi seorang anak yaitu menjaga tumbuh kembang anak secara optimal.

Seorang anak yang dipastikan mempunyai kesehatan mental terjaga dengan baik maka mampu bersosialisasi dengan teman-teman dan orang di sekitarnya secara baik. Anak juga mampu fokus ketika pembelajaran tengah berlangsung di kelas dan anak mampu berpikir lebih jernih.

Yang tak kalah penting sang anak akan mampu melakukan pengembangan diri  yang lebih baik seperti mempelajari keahlian baru secara lebih gampang, tekun  dan komprehensif serta  lain sebagainya.

Apa Itu Kesehatan Mental?

Sebenarnya apa itu kesehatan mental? Kesehatan mental anak terbagi ke dalam dua jenis yakni kesehatan mental yang baik dan kesehatan mental yang terganggu atau sakit. Adapun untuk jenis kesehatan mental  yang baik merupakan suatu situasi kejiwaan seseorang yang sedang dalam situasi yang tenang, bahagia dan sejahtera.

jenis kesehatan mental

Dengan kondisi kesehatan mental yang baik akan membuat seseorang dapat menikmati hidup secara lebih menyenangkan dalam berbagai bidang kehidupan. Utamanya dalam mengelola stres dalam keluarga.

Kesehatan mental meliputi dan mempengaruhi banyak hal. Seperti  kesehatan sosial, kesehatan emosional dan kesehatan psikologis serta kesehatan fisik.  Namun dengan seseorang terkena gangguan kesehatan mental akan membuat aspek psikologis, sosial dan emosional  seseorang tidak berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, orangtua perlu menjaga kesehatan mental yang baik bagi dirinya dan anaknya.

Seorang anak mempunyai tingkat gangguan kesehatan mental yang cukup tinggi jika sang anak mengalami gejala demikian dan tidak ditangani secara baik dan cepat. Gangguan kesehatan mental anak yang kerap dialami umumnya rasa minder dan rendah diri serta suka menyalahkan orang lain dan diri sendiri.

Gangguan kesehatan mental pada seorang anak dapat dipicu oleh tersedianya beragam perangkat komputer dan gadget. Kebiasaan anak memainkan game di HP dapat membuat anak kecanduan bermain gadget. Hal tersebut berakibat kesehatan fisik dan mental anak mengalami penurunan secara drastis.

Langkah untuk menjaga kesehatan mental pada anak harus dimulai dari kesadaran orangtua sendiri untuk lebih mempertahankan kesehatan mental anak sama pentingnya menjaga kesehatan badan anak. Bukan hanya orangtua dan anggota keluarga di rumah yang perlu menjaga kesehatan mental. Tapi juga lebih luas lagi seperti kalangan guru di sekolah bersama sahabat dan teman-teman anak itu sendiri di rumah maupun di sekolah.

Dengan kesehatan mental yang baik yang dialami oleh seorang anak maka manfaatnya akan sangat besar dirasakan oleh anak itu sendiri dan orang-orang di dekatnya. Seperti anggota keluarga, sahabat, teman, guru di sekolah dan lain sebagainya. Anak akan tampil penuh percaya diri, berpikir jernih dan memiliki tingkat harga diri yang lebih tinggi.

Berdasarkan data yang diperoleh dari WHO dinyatakan bahwa hampir 20 persen lebih, anak-anak di seluruh dunia menderita gangguan kesehatan mental yang kronis. Misalkan gangguan penyakit degeneratif, terganggunya pola makan, sikap kecanduan, kondisi hati yang buruk, neurotik yang terganggu, psikosis, mengalami kesulitan tidur siang dan tidur malam, anak mengalami stres, cemas, dan rasa ketakutan berlebihan dan lain sebagainya.

Jenis Kesehatan Mental Pada Anak

Setiap orang tua tentunya berharap anaknya senantiasa hidup secara sehat lahir atau fisik dan batin atau mental. Untuk itu perlu dikenali ragam jenis kesehatan mental, khususnya pada anak-anak. Berikut ini beberapa jenis kesehatan mental pada anak yang penting diketahui para orang tua.

1.Tidak menyakiti diri sendiri

Salah satu jenis kesehatan mental pada anak adalah anak tidak menyakiti dirinya sendiri pada saat anak mengalami terkena tekanan batin atau stres ataupun tengah mengalami ketakutan luar biasa ataupun kecemasan mendalam. Anak masih mampu mengontrol diri dengan baik.

jenis kesehatan mental pada anak

2.Tak mengalami gangguan kesehatan secara fisik

Kesehatan mental anak juga dapat dilihat dari tidak adanya gangguan kesehatan fisik pada anak. Seperti sakit perut atau sakit kepala. Karena seorang anak yang cenderung memiliki gangguan kesehatan mental rawan mengalami sakit perut atau mual dan sakit kepala yang terus-terusan.

3.Sang anak bersosialisasi dengan teman-temannya

Anak yang sehat mentalnya tampak juga dari keseharian anak yang mampu bersosialisasi dengan teman-temannya dan orang lain. Anak tidak mengurung diri di rumah. Anak bergaul dan bermain dengan penuh ceria.

4.Tidak mudah marah

Jenis kesehatan mental pada anak berikutnya adalah anak masih dapat mengontrol diri dengan baik. Sang anak tak gampang marah. Anak masih mampu berpikir jernih dan mengendalikan diri secara baik.

Selain itu, anak tak mengalami kesukaran dalam beristirahat atau tidur.  Sebaliknya, seorang anak yang mengalami ganguan kesehatan mental maka akan mudah sekali marah dan emosinya tak bisa dikontrol baik.

Demikianlah jenis-jenis kesehatan mental pada anak. Jika anak anda mengalami ciri-ciri tersebut berarti anak anda mengalami kesehatan mental secara baik. Justru sebaliknya, jika anak anda tak mengalami demikian merupkan tanda bahwa gangguan kesehatan mental pada anak anda. Sebaiknya anda bisa mengajak anak untuk berobat ke dokter jwa atau psikolog terdekat.

Tanda Sakit Jiwa Atau Gangguan Mental Pada Anak

Adapun yang menjadi kebalikan dari kesehatan mental anak yang baik adalah gangguan mental atau kejiwaan pada anak. Orang tua tidak mengharapkan mempunyai anak yang mengalami gangguan mental. Seorang anak yang mengalami gangguan mental berarti kesehatan mentalnya sedang tidak baik.

Berikut ini beberapa tanda sakit jiwa atau gangguan mental pada seorang anak yang sebaiknya Anda tahu.

1.Rasa cemas berlebihan tanpa sebab

Seorang anak yang mengalami stres dan kecemasan yang berlebihan hingga mengganggu aktivitas sehari-harinya bisa menjadi salah satu tanda adanya gangguan kesehatan mental anak.  Hal tersebut bisa dilihat dari raut mimik muka anak dan sikap perbuatannya serta kecepatan detak jantungnya.

cara menjaga kesehatan mental anak

2.Kesulitan berkonsentrasi

Tanda kecil mengalami gangguan mental pada anak adalah anak sangat sukar untuk berkonsentrasi.  Anak tidak bisa diarahkan dan dibimbing secara baik.

3.Mengganggu orang lain di sekitarnya

Tanda anak mengalami gangguan kesehatasn mental berikut adalah anak suka mengganggu ketenangan orang lain di sekitarnya. Hal ini dipicu oleh sikap anak yang berubah cepat marah, agresif dan suka melanggar aturan yang telah ada.

4.Mengalami berbagai gangguan pada tubuhnya

Terakhir,salah satu pertanda sakit jiwa atau kesehatan mental anak terganggu adalah anak mengalami berbagai macam gangguan pada tubuhnya. Seperti gangguan makan, gangguan eliminasi dan gangguan afektif serta gangguan dalam pembelajaran.

Menjaga Kesehatan Mental Anak

Menjaga kesehatan fisik anak benar-benar perlu diperhatikan secara baik oleh setiap orangtua. Sedangkan menjaga kesehatan mental anak seringkali diabaikan oleh orangtua dan tidak terlihat sama sekali.

Padahal memperhatikan kondisi kesehatan mental pada anak secara konsisten sangat penting bahkan bisa disebut lebih penting agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dalam meraih masa depan yang berkualitas baik.

apa itu kesehatan mental

Hal yang sangat diharapkan oleh setiap orangtua terhadap anaknya adalah sang anak mampu mempunyai kondisi emosional dan kondisi sosial yang sangat sehat, bagus dan positif. Hal tersebut memerlukan peran penting orangtua dalam mendidik anak dan meningkatkan dan mempertahankan kesehatan mental mereka.

Berikut ini sejumlah tips dan trik  yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam menjaga kesehatan mental anak.

1.Pemberian kasih sayang yang tulus orangtua kepada anak

Kesehatan mental anak akan selalu terjaga dalam kondisi baik selama orang tuanya memberikan rasa cinta dan kasih sayangnya kepada anaknya.  Sehingga anak merasakan kenyamanan, dan keamanan selama berada dalam lingkungan keluarga. Ia merasa diterima oleh lingkungan keluarga dan lingkungan terdekatnya.

Segala keluh kesah dan perasaan senang dan sedih anak dapat diterima oleh orang tuanya secara baik. Dengan sang anak dapat tumbuh pada keluarga dan orangtua yang dipenuhi oleh rasa kasih sayang membuat sang anak dapat berkembang sehat secara fisik dan mentalnya.

2.Menyempatkan bermain bersama anak

Bermain adalah kegiatan sehari-hari anak yang sangat menyenangkan. Dengan bermain seorang anak bisa lebih bersosialisasi secara baik, cerdas, kreatif, tangkas menyelesaikan masalah  serta anak dapat mengekspresikan dengan bebas seluruh perasaan dan emosinya. Dari manfaat bermain itulah membuat kesehatan mental anak dapat senantiasa dijaga secara baik.

kesehatan mental anak

Untuk menjaga sekaligus meningkatkan kesehatan jiwa anak maka orangtua perlu memberikan jenis-jenis permainan  yang khusus mampu memicu peningkatan kesehatan mental. Seperti permainan berteriak, berlari, bermain catur dan lainnya.

3.Mengajak anak pergi berlibur

Cara menjaga kesehatan mental anak berikutnya adalah secara rutin mengajak anak untuk pergi liburan ke tempat yang disukai anak. Hal tersebut bermanfaat untuk melepaskan atau menghilangkan rasa lelah dan stres anak dan menggantinya dengan rasa senang dan bahagia.