Reaksi asam basa kimia pernah dilontarkan oleh ilmuwan terkemuka bernama Antoine Lavoisier pada tahun 1776. Teori ini lantas diikuti dan dikembangkan oleh GN  Lewis dari Amerika Serikat. Karena itu teori ini disebut juga teori asam basa Lewis.

Teori tersebut menjelaskan bahwasanya  zat yang bernama asam basa bisa menampung basa dan elektron. Ini adalah suatu reaksi kimia yang sangat penting dan populer dalam dunia kimia. Reaksi ini bisa terjadi disebabkan zat basa dan zat asam yang saling bereaksi.

Pada tahun 1776, Antoine Lavoisier menjadi orang pertama atau salah seorang pelopor yang menemukan aktivitas reaksi asam basa dalam dunia kimia. Hal tersebut menggegerkan orang di seluruh dunia.

Pada tahun 1923, Johannes Nicolaus Bronsted serta Thomas Martin Lowry mengembangkan konsep ini dengan menambahkan ion hidrogen untuk terjadinya proses reaksi asam basa.  Kemudian GN Lewis mengembangkan tambahan reaksi kimia ini sebagai melepasnya elektron.  Asam merupakan suatu zat mengandung proton dan elektron hingga menjalin ikatan kovalen.

Asam basa sering dianggap menjadi satu kesatuan. Padahal keduanya adalah hal yang berlainan khususnya dalam soal sifat. Zat asam umumnya terdapat pada Vitamin C, jeruk, dan  cuka dapur. Adapun sifat basa sangat licin apabila disentuh serta mempunyai rasa yang pahit. Salah satu benda yang mengandung basa adalah kapur sirih.

apakah asam dan basa bisa bersatu

Dalam penggunaannya, tingkat kebasaan dan keasaman pada sebuah larutan atau zat bisa diukur menggunakan  pH. Sebuah larutan yang mempunyai keasamaan apabila mempunyai level pH melebihi 7. Sedangkan zat atau larutan disebut basa apabila memiliki tingkat pH kurang dari 7.

Teori dan pengertian reaksi asam basa terus bergulir hingga memunculkan konsep asam basa baru yang lainnya bernama asam basa Lewis yang dibuat oleh Gilbert Newton Lewis. Temuannya pada tahun 1943 ini merupakan pengembangan konsep asam basa kimia Lowry Bronsted yang telah ada.

Konsep reaksi asam basa Lowry Bronsted berkaitan sebatas reaksi proton sebagai penimbul reaksi. Namun pada reaksi asam basa Lewis lebih luas lagi melibatkan pasangan elektron, senyawa dan ion H+serta OH-. Konsep reaksi asam basa kimia Lewis sedikit unik. Asam basa menghasilkan elektron. Hal yang sebelumnya menghasilkan proton.

Reaksi Asam Basa Kimia

Mata pelajaran kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang dinilai paling sulit di sekolah tingkat SMA sama halnya matematika ataupun mata pelajaran fisika. Sehingga banyak dibenci orang dan beberapa siswa sering mendapatkan nilai yang rendah terhadap mata pelajaran kimia. Oleh sebab itu, seringkali untuk meningkatkan tingkat pemahaman siswa terhadap pelajaran kimia mengikuti les privat kimia.

Salah satu materi mata pelajaran kimia adalah reaksi asam basa. Seorang siswa dituntut untuk mengetahui pengertian reaksi asam basa kimia beserta manfaatnya dalam penerapan pada kehidupan sehari-hari.

Sebelum memulai pembahasan tentang reaksi kimia ini maka kita telaah dulu pengertiannya. Asam basa adalah dua hal terpisah dan berbeda sama sekali yaitu zat basa dan zat asam. Setiap zat mempunyai tingkat keasaman masing-masing. Zat yang memiliki tingkat keasaman secara garis besar terbagi dua yakni zat basa dan zat asam.

Pengertian Reaksi Asam Basa

Dalam dunia kimia dikenal beberapa istilah yang sangat asing bagi orang awam. Seperti reaksi asam dan garam, reaksi oksida basa dengan asam dan lain-lain. Salah satunya reaksi yang terpenting dan masuk dalam kurikulum nasional adalah reaksi asam basa kimia yang sudah diajarkan pada siswa siswi SMA kelas 11 pada bidang mata pelajaran kimia.

Beberapa tokoh penemu reaksi asam basa beserta konsepnya adalah Lewis, Arrhenius, dan lain-lain. Reaksi asam basa dikenal juga dengan penetralan atau melepasnya ion hidrogen dari zat asam dengan menambahkan zat basa. Reaksi asam basa akan memproduksi H2O dan garam.

bila asam dan basa direaksikan akan menghasilkan apa

Lantas bila asam dan basa direaksikan akan menghasilkan apa? Reaksi asam basa adalah reaksi yang ditimbulkan dari bersatunya asam dan basa sehingga menghasilkan proses netralisasi. Zat asam adalah unsur kimia yang jika dicampurkan pada air akan memproduksi larutan dengan pH sangat kecil dari angka tujuh. Adapun dalam proses reaksi asam basa maka zat asam akan berguna memasok ion positif atau Proton pada zat basa.

Zat asam dapat disebut juga sebuah rasa yang tersimpan dalam kandungan tomat, lemon, jeruk nipis, dll. Kegunaan terhadap kehidupan manusia sangat besar. Oleh ahli kimia zat asam tersebut dibuat sedemikian rupa hingga menjadikan reaksi asam basa yang menghasilkan banyak manfaat bagi manusia.

Sifat dan Karakteristik Zat Asam

Reaksi asam basa adalah hal berbeda pada dua zat yakni asam dan basa. Zat basa adalah zat yang mempunyai tingkat ph lebih dari tujuh. Adapun zat asam merupakan suatu zat yang mempunyai tingkat ph dibawah angka tujuh.

Dua zat yang terdapat pada reaksi asam basa kimia tersebut terdapat pada beberapa barang yang biasa anda temui sehari-hari. Seperti sabun untuk mencuci pakaian atau tubuh. Sabun memiliki senyawa atau zat basa.

Sedangkan untuk benda yang mengandung zat asam adalah minuman bersoda. Berikut ini ciri atau sifat asam yang perlu Anda ketahui.

  1. Rasanya masam. Seperti yang anda ketahui rasanya zat asam adalah masam. Hal tersebut bisa terdapat pada buah-buahan atau materi zat lainnya yang sifatnya asam.
  2. Menyebabkan korosif. Sifat zat asam bisa mengakibatkan korosif atau karat.
  3. Pengubah lakmus biru jadi merah
  4. Kadar pH kurang dari tujuh
  5. Memberikan ion H+

Sifat dan Karakteristik Zat Basa

Sedangkan zat basa mempunyai ciri-ciri berikut ini, antara lain:

  1. Sebuah zat kimia yang melakukan penyerapan ion hidronium pada air
  2. Kadar pH melebihi angka 7
  3. Mampu menghasilkan reaksi kimia jika digabungkan bersama zat asam. Misalkan garam. Adapun contoh materi mengandung basa adalah obat mag, pupuk, pasta gigi, sampo dan sabun mandi.

Apakah Asam dan Basa Bisa Bersatu?

Mungkin Anda akan bertanya apakah asam dan basa bisa bersatu? Asam dan basa dapat bersatu dan menghasilkan suatu reaksi asam basa. Yang dihasilkan dari bersatunya asam basa akan memunculkan sifat yang unik tersendiri yaitu melahirkan suatu zat yang tidak basa atau juga asam. Keduanya digabungkan memunculkan sifat  dan zat netral yang kelak dibutuhkan dan bermanfaat dalam kehidupan manusia sehari-hari.

pengertian reaksi asam basa

Contohnya dalam pembuatan garam dapur. Garam dapat diperoleh akibat terbentuknya reaksi asam basa kimia sehingga muncul netralisasi. Dengan cara membuat garam mencampurkan antara  zat asam dan zat basa. Seperti mencampurkan soda api atau natrium hiroksida dengan zat asam klorida.

Bila Asam dan Basa Direaksikan Akan Menghasilkan Apa?

Apa yang akan terjadi bila asam dan basa direaksikan akan menghasilkan apa? Jika zat asam dimasukkan pada zat basa direaksikan tentu saja akan menghasilkan yang namanya reaksi yang disebut penetralan yaitu ketiadaan zat asam dan basa. Yang membuat terciptanya garam beserta air.

Berikut ini contohnya asam fosfat bercampur dengan  kalsium hiroksida dengan hasil netral. Rumus reaksi asam basa yaitu asam plus basa akan menghasilkan garam plus air.

Manfaat Asam Basa

Adapun manfaat reaksi asam basa dalam kehidupan sehari-hari sangat besar. Seperti untuk senyawa asam, antara lain:

  1. Pada larutan cuka terdapat asam asetat yang mampu mengobati beberapa penyakit pada anak dan orang dewasa.
  2. Asam askorbat yang terkandung pada sayur-sayuran dan tomat serta jeruk berguna untuk meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh seseorang.
  3. Asam laktat yang mampu menghasilkan susu fermentasi
  4. Pembuatan baterai akan dimudahkan dengan adanya asam sulfat
  5. Pengawet makanan yang terdapat pada asam benzoat.
  6. Asam nitrat berguna dalam pembuatan bahan peledak ataupun pupuk.

Sedangkan kandungan senyawa basa tak kalah berguna bagi umat manusia. Seperti berguna bagi pembuatan detergent, bahan sabun, deodoran, bahan kue, dll.

reaksi asam basa kimia

Ciri-Ciri Reaksi Asam Basa

Sedangkan yang menjadi ciri-ciri reaksi asam basa, antara lain:

  1. Terjadinya hubungan unsur asam  kuat dan basa kuat
  2. Hasilnya garam dan air. Semua orang tahu bahwa hasil reaksi asam basa adalah garam dan air. Namun itu adalah hasilnya.
  3. Reaksi asam basa ditandai dengan berpindahnya ion-ion pada larutan basa dan asam
  4. Tidak terjadinya reaksi apapun sebuah zat asam tanpa campur tangan zat basa. Begitupula zat basa tidak akan bereaksi tanpa adanya campur tangan zat asam.

Demikianlah ciri-ciri reaksi asam basa kimia berdasarkan referensi yang ada. Anda bisa menambahkan sendiri.

Materi Pelajaran Reaksi Asam Basa

Larutan asam dan basa yang dicampurkan mampu menghasilkan suatu reaksi kimia. Materi ilmu pengetahuan ini dikhususkan dipelajari bagi anak-anak sekolah tingkat MA ataupun SMA kelas 11 mengingat tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Terkadang seorang pelajar tidak cukup hanya mengandalkan penjelasan guru kimia di sekolah.

Kadangkali materi reaksi asam basa kurang dimengerti siswa siswi. Pelopor yang mengemukakan reaksi asam basa kimia adalah Antoine Lavoiser ahli kimia asal Prancis. Kemudian berlanjut pada Justus von Liebig hingga Arrhenius dan Bronseted Lowry. Teori atau konsep asam basa yang dikemukakannya beserta bukti dan rumusnya . Untuk mengetahui pengertian reaksi asam basa maka kita bisa melihat pendapat para ahli.

Dalam kehidupan manusia tidak terlepas dari reaksi kimia yang terjadi pada sebuah larutan ataupun udara. Misalkan saja anda menemukan tejadinya reaksi kimia antara asam dan basa. Senyawa asam  berada di sejumlah materi seperti detergen atau sabun cuci baju. Namun senyawa basa terkandung pada kapur sirih dan pasta gigi dll yang mempunyai rasa licin jika diraba dan pahit jika dicicipi.

Apakah asam dan basa bisa bersatu? Reaksi kedua unsur kimia ini merupakan penggabungan zat asam dan basa yang bersifat lemah dan kuat. Apabila zat asam kuat disatukan dengan kandungan basa kuat akan menghasilkan reaksi  garam yang asam. Sebaliknya jika senyawa asam lemah digabungkan dengan senyawa basa kuat akan menghasilkan garam biasa.

bila asam dan basa direaksikan

Dengan belajar reaksi asam basa merupakan pelajaran pertama untuk menjadi seorang ahli kimia. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menemukan penemuan baru yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Untuk mendukung prestasi maka lembaga dunia independen memberikan hadiah nobel Kimia kepada orang yang berjasa pada penemuan ilmu kimia terbaru.

Beberapa soal tentang reaksi asam basa kimia seringkali muncul pada ujian-ujian sekolah dan ujian nasional atau SBMPTN pada mata pelajaran kimia. Bagi mereka yang mau memilih kuliah di jurusan kimia mesti memahami betul reaksi asam basa agar mudah dijawab jika terdapat soal pada SNMPTN atau SBMPTN.