Menghormati orang tua merupakan hal yang wajib dan mesti dilakukan oleh seorang anak. Orang tua yang telah bekerja keras menguras keringat untuk membiayai berbagai kebutuhan hidup anaknya. Baik dalam segi pendidikan dan kehidupan sehari-hari sampai anak dewasa. Oleh sebab itu, sudah seharusnya seorang anak berbakti kepada kedua orang tuanya.

Setiap orang tua berharap anaknya mendapatkan hal yang terbaik dalam segala hal. Seperti pendidikan, ekonomi, sosial, budaya, pemikiran, kecerdasan dan lain sebagainya. Tidak ada orang tua yang mengharapkan anaknya mendapatkan sesuatu hal yang buruk bagi anak.

pengertian menghormati orang tua

Semua kebutuhan dan keinginan anak maka orang tua akan berusaha memenuhinya. Namun pada kenyataannya ada orang tua yang mampu memenuhi keinginan anak dan adapula orang tua yang belum mampu memenuhi keinginan anak. Hal tersebut disebabkan beberapa aspek. Seperti faktor ekonomi.

Menghormati Orang Tua

Tidak ada orang tua yang ingin menyaksikan anaknya tidak bahagia. Setiap orang tua ingin anaknya bahagia. Tak aneh jika dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang tua yang bekerja keras melakukan kegiatan apapun yang menghabiskan seluruh harta, pikiran, tenaga dan waktunya  demi dicurahkan bagi kebahagiaan anak tercinta.

Namun terkadang antara hubungan seorang anak dengan orang tua mengalami situasi kerenggangan, tak harmonis, ataupun toxic parenting. Misalkan disebabkan kesalahpahaman antara orang tua dan anak. Kalau hal itu terjadi, seorang anak mesti tetap bersikap hormat kepada orang tua.

Kasih sayang orang tua kepada anak tanpa batas. Hal itu menjadi kewajiban anak untuk membalasnya dan menghormati orang tua. Orang tua rela menghabiskan seluruh uangnya untuk kebahagiaan anak. Dalam sebuah cerita atau kisah nyata pun sudah banyak kejadian dimana orang tua rela melepaskan nyawanya demi keselamatan dan kebahagiaan anaknya.

Banyak dalil di dalam Al Qur’an yang menyuruh anak untuk bersikap hormat kepada orang tua. Terutama orang tua kandung. Begitu juga dari aspek norma dan etika pun mengharuskan hal yang demikian.

Agama Islam memberikan pedoman yang lurus kepada setiap anak untuk berbakti pada orang tua. Orang tua dalam segala kondisi apapun, bahkan orang tua yang berbeda agama pun, seorang anak mesti menghargai dan berbakti pada kedua orang tuanya.

Pengertian Menghormati Orang Tua

Pengertian menghormati orang tua adalah dengan berlaku baik dan berbakti kepada mereka. Orang tua juga harus diperlakukan secara mulia. Kesuksesan seorang anak maka salah satunya ditentukan oleh orang tuanya.

sikap menghormati orang tua

Allah swt memberikan keistimewaan pada orang tua dengan menjadikan doa orang tua kepada anak sebagai doa yang ijabah atau mudah dikabulkan oleh Allah swt.

Pengertian menghormati orang tua lainnya adalah tidak meremehkan orang tua. Karena kehadiran orang tua sangat penting bagi anak. Bentuk menghargai pada orang tua bisa berbagai macam. Seperti menjaga sikap yang baik terhadap orang tua, tidak mengganggu dan menyakiti perasaan orang tua, bertutur kata yang baik pada orang tua dan lain sebagainya.

Manfaat Menghormati Orang Tua

Seorang ayah yang telah bekerja keras untuk membiayai anaknya agar bisa tumbuh sehat dan pintar sampai dewasa. Kemudian ibunya yang telah bersusah payah mengandung dan menyusui.

Sehingga jika dihitung jasa orang tua pada seorang anak tidak bisa dibalas oleh semua harta benda yang ada di dunia. Oleh sebab itu, sudah menjadi kewajiban bagi seorang anak menghormati kedua orang tuanya.

Adapun manfaat menghormati orang tua, antara lain :

1.Mendapatkan pahala

Manfaat dari sikap menghargai orang tua adalah mendapatkan ganjaran pahala. Hal tersebut disebabkan ajaran agama Islam menyuruh kepada setiap pemeluknya untuk menghormati atau berbakti kepada orang tua.

2.Mendapatkan penilaian baik di masyarakat

Manfaat berikutnya dari menghormati orang tua adalah mendapatkan penilaian baik di masyarakat. Yang berarti anak tersebut berbakti dan berlaku baik dan tidak boleh melawan orang tua.

menghormati orang tua

3.Mendapatkan kesuksesan

Salah satu manfaat menghargai orang tua adalah memudahkan bagi seorang anak untuk hidup sukses di dunia dan akhirat. Seorang anak akan mendapatkan kemudahan dalam menjalani kehidupan berkat doa-doa kebaikan yang dilantunkan oleh orang tua.

Apa Saja Sikap Menghormati Orang Tua?

Tahukah Anda apa saja sikap menghormati orang tua? Orang tua adalah orang yang paling berjasa pada kehidupan seorang anak. Tanpa kehadiran orang tua  tidak akan ada anak sekarang ini.

Namun dalam bahasa Indonesia, pengertian orang tua bisa terdiri dari dua macam yaitu sebagai orang tua kandung yang membuat seorang anak lahir. Ada juga pengertian orang tua yaitu orang yang paling dihormati.

Sikap menghormati adalah sikap yang terpuji. Misalkan menghormati orang lain dan terutama berbakti kepada orang tua. Lalu apa saja sikap menghormati orang tua? Bagaimana pula bentuk menghormati itu? Berikut ni beberapa sikap menghargai orang tua.

1.Menghargai pandangan orang tua

Setiap orang tua pastinya memiliki pendapat dan pandangannya masing-masing terhadap suatu hal.  Salah satu bentuk bakti pada orang tua adalah menghargai pendapatnya walaupun pendapatnya keliru. Apalagi pendapatnya yang benar.

Seorang anak dapat mengetahui suatu pendapat yang salah atau benar. Namun sang anak mesti melihat siapa yang berpendapat tersebut. Jika orang tua maka harus dihargai sebagai bentuk rasa hormat kepada orang tua. Caranya dengan mendengarkan secara baik ketika orang tua mengeluarkan pendapatnya yang kadang tidak sesuai dengan pendapat anak.

2.Berbicara kepada orang tua secara sopan

Sikap menghargai orang tua lainnya adalah dengan berbicara kepada orang tua secara sopan dan tidak mengeluarkan kata-kata yang kasar dan kotor. Berbicara kepada orang tua berbeda ketika berbicara dengan teman. Berbicara kepada orang tua harus sopan dan penuh kelembutan. Itu merupakan salah satu bentuk menghargai orang tua.

cara menghormati orang tua

3.Tak bernada tinggi pada orang tua

Sikap menghormati orang tua berikutnya adalah tidak meninggikan suara ketka berbincang-bincang dengan orang tua.  Intonasi suara yang terucap lebih rendah dari intonasi orang tua.  Jangan pernah meninggikan suara pada orang tua. Misalkan ketika marah. Karena itu merupakan salah satu sikap yang tidak hormat kepada orang tua.

4.Menunaikan amanah yang telah disampaikan orang tua

Salah satu bentuk dari apa saja sikap menghormati orang tua adalah seorang anak menunaikan amanah yang telah dibebankan orang tuanya.

5.Mengikuti apa yang diperintahkan orang tua

Bentuk atau wujud lain dari menghargai orang tua adalah mengikuti apa yang diperintahkan oleh orang tua dan tidak melakukan apa yang dilarang oleh orang tua.  Namun kewajiban mengikuti apa yang diperintahkan oleh orang tua ada batasnya. Segala perintah orang tua yang tidak baik tidak ada keharusan bagi anak untuk mengikutinya.

6.Berkata jujur

Wujud berbakti pada orang tua lainnya adalah berkata-kata secara jujur atau tidak bohong di hadapan orang tua.

Contoh Menghormati Orang Tua

Tak ada agama satu pun di dunia ini yang menyuruh pemeluknya untuk tidak menghargai orang tua. Semua agama di dunia menuntut setiap pemeluknya untuk menghormati orang tua beserta bentuk-bentuknya yang jelas.

contoh menghormati orang tua

Banyak  firman Allah SWT yang menyuruh pemeluk agama Islam untuk senantiasa hormat pada orang tua. Salah satu bentuknya adalah dengan berkata lemah lembut.

Berikut ini sejumlah contoh menghormati orang tua, antara lain :

1.Menjaga nama baik orang tua

Tindakan seorang anak yang mencoreng nama baik orang tua dengan sikap dan tindakannya yang buruk merupakan pertanda seorang anak yang tidak menghormati kedua orang tuanya. Seorang anak yang menghargai orang tua adalah senantiasa menjaga nama baik orang tua dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga, kantor dan masyarakat.

2.Memenuhi keinginan orang tua

Contoh menghormati orang tua adalah dengan memenuhi harapan dan keinginan orang tua dalam bentuk berupa barang fisik maupun non fisik.

3.Bersyukur

Contoh bentuk atau wujud menghargai orang tua berikutnya adalah senantiasa bersyukur kepada orang tua baik secara lisan maupun tingkah laku atau perbuatan.

apa saja sikap menghormati orang tua

4.Mengutamakan orang tua

Contoh menghormati orang tua selanjutnya adalah selalu mengutamakan kepentingan orang tua. Misalkan dalam makan ataupun memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Setelah segala kebutuhan orang tua dapat dipenuhi secara baik maka kebutuhan seorang anak dapat dipenuhi.

5.Berpamitan

Contoh menghargai atau menghormati orang tua lainnya adalah dengan berpamitan ketika hendak bepergian atau keluar rumah. Sehingga keberadaan seorang anak tidak dipertanyakan lagi oleh orang tua. Karena sudah naluri orang tua untuk merasa khawatir ketika anaknya tidak ada pada tempat biasanya.