Ada sejumlah pelajaran yang tidak disukai para murid. Hal ini bisa dimaklumi karena siswa umumnya memiliki mata pelajaran favorit maupun yang dibencinya. Ada banyak faktor yang bisa memicu maupun menyebabkan hal yang demikian.

Adanya mata pelajaran atau maple yang dibenci akan membuat siswa bersangkutan timbul rasa malas ketika harus mempelajari mata pelajaran tersebut. Padahal pelajaran tersebut merupakan maple pokok yang setiap siswa harus mempelajarinya.

Oleh sebab itu, diperlukan suatu cara agar mengubah pikiran siswa terhadap  mata pelajaran yang tak disukainya menjadi disenangni. Karena dengan cara ini prestasi akademik siswa bisa meningkat pesat.

Pelajaran yang Tidak Disukai

Setiap murid di sekolah umumnya mempunyai mata pelajaran favorit yang disukai masing-masing. Begitu pula ada beberapa mata pelajaran yang tidak disukai oleh murid. Hal tersebut disebabkan beberapa faktor. Faktor yang membuat sebuah mata pelajaran tidak disukai oleh murid sangat banyak.

cara agar menyukai pelajaran yang tidak disukai

Menurut sejumlah hasil observasi, ada beberapa mata pelajaran yang paling tidak disukai siswa di sekolah sekaligus paling dibenci. Seperti mata pelajaran Fisika dan kimia. Sedangkan lainnya adalah matematika, PPKN, akuntansi, sejarah dan Bahasa Indonesia.

Penyebab Pelajar Membenci Suatu Mata Pelajaran

Setelah mengetahui daftar mata pelajaran yang tidak disukai anak sekolah secara umum, lantas timbul pertanyaan kenapa hal ini bisa terjadi dan mata pelajaran mana saja yang paling tidak disukai siswa?

Berikut ini beberapa faktor mendasar yang membuat sejumlah mata pelajaran tidak disukai oleh anak atau  murid sekolah, antara lain :

1.Tingkat kesulitan yang tinggi

Hal pertama yang membuat banyak pelajar di Indonesa tidak menyukai  beberapa mata pelajaran tertentu secara umum adalah faktor tingkat kesulitan yang tinggi untuk memahami mata pelajaran tersebut. Salah satu contohnya matematika, kimia, fisika dll.

Ketika mendengar mata pelajaran tersebut akan berlangung pada pembelajaran selanjutnya di kelas  maka para siswa malas ke sekolah atau menjadi ketakutan. Apalagi ditambah dengan guru mata pelajaran tersebut terkenal judes, cerewet, tegas maupun gampang marah.

2.Guru yang tidak mampu membuat mata pelajaran tersebut menjadi menarik

Hal berikutnya sebuah mata pelajaran yang tidak disukai oleh murid bukan hanya disebabkan oleh faktor tingkat kesulitan tinggi. Akan tetapi bisa juga dipengaruhi oleh guru tersebut yang tidak mamu membuat mata pelajaran tersebut menjadi menarik di hadapan murid.

apa mata pelajaran yang paling tidak disukai siswa

Guru menerangkan pelajaran pada murid dengan suara tak jelas, monoton dan tak gampang dimengerti murid. Yang membuat murid malas untuk mempelajari mata pelajaran tersebut dan tidak menyukainya.

3.Rumit dan banyak rumus

Mata pelajaran tertentu yang berpotensi tinggi menjadi mata pelajaran yang tidak disukai oleh pelajar adalah mata pelajaran yang mengandung banyak rumus dan rumit.

4.Tidak sesuai karakter pembelajaran anak

Faktor selanjutnya yang membuat sebuah mata pelajaran yang tidak disukai oleh murid adalah mata pelajaran tersebut tidak sesuai dengan kepribadian anak. Misalkan kepribadian anak yang sederhana dan lebih suka berbicara atau berbahasa daripada berpikir.

Sehingga anak dengan sendirinya tidak menyukai mata pelajaran yang sifatnya berpikir seperti matamatika, kimia dan fisika. Sebaliknya anak akan lebih menyukai mata pelajaran bahasa Indonesia yang lebih banyak berbicara dan mempelajari tata bahasa tanpa perlu berhitung atau mempersoalkan rumus yang kompleks.

Apa Mata Pelajaran Yang Paling Tidak Disukai Siswa?

Dampak dari tidak menyukai mata pelajaran tertentu  tentu saja sangat berbahaya bagi perkembangan akademik anak.  Terutama membuat siswa malas untuk belajar mata pelajaran tersebut walaupun sangat dibutuhkan.

strategi sukses belajar mapel yang tidak disukai

Untuk lebih jelas tentang apa mata pelajaran yang paling tidak disukai siswa, berikut ini daftarnya yang sebaiknya Anda ketahui.

1.Sejarah

Sejarah menjadi salah satu mata pelajaran yang tidak disukai oleh anak-anak muda masa kini di jaman milenial. Karena hal ini terkait dengan berbagai peristiwa di masa lalu yang harus dihafal. Dari mulai nama peristiwa, tempat berlangsung, tanggal berlangsungnya dan tokoh-tokohnya. Seperti contoh peristiwa Konferensi Asia Afrika yang menghasilkan Dasa Sila Bandung beserta poin-poinnya yang harus dihafal.

Sebagian anak muda menyatakan tidak menyukai mata pelajaran IPS ini yang cenderung membosankan dan hanya bersifat hafalan. Apalagi menurut mereka, pelajaran sejarah cenderung tidak memberikan manfaat bagi kehidupannya saat sekarang secara kasat mata.

2.Bahasa Inggris

Mata pelajaran yang tidak disukai oleh pelajar lainnya adalah mata pelajaran bahasa inggris. Hal tersebut karena bahasa inggris masih asing untuk diucapkan oleh orang-orang Indonesia. Dalam pergaulan sehari-hari kerap menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa daerah.

Sehingga mempelajari bahasa inggris semakin sulit. Apalagi diharuskan mempelajari grammar, tata bahasa inggris yang baik dan benar serta pengucapannya yang tepat berbeda dengan bahasa yang dipergunakan sehari-hari.

strategi belajar pelajaran yang tidak disukai

3.Pelajaran Kimia

Lantas apa mata pelajaran yang paling tidak disukai siswa selanjutnya? Jawabannya adalah kimia. Adapun alasan yang membuat mayoritas pelajar tidak menyukai mata pelajaran kimia, antara lain :

  • Sukar dipahami. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh siswa yang tidak memahami konsep kimia dari dasar.
  • Kemampuan matematika yang mumpuni. Hal berikutnya yang menjadi alasan, siswa siswi tidak suka terhadap mata pelajaran kimia adalah keharusan untuk menguasai matematika secara baik. Banyak perhitungan rumus kimia yang menggunakan konsep angka dan perhitungan berdasarkan matematis. Khususnya dalam ilmu geometri dan aljabar.
  • Dipenuhi rumus kimia dan simbol kimia yang bersifat hafalan

4.Mata Pelajaran Fisika

Berada di urutan keempat, mata pelajaran yang tidak disukai anak sekolah khususnya pada tingkat SMP dan SMA adalah fisika.  Mata pelajaran fisika dipenuhi rumus-rumus dan bunyi gaya yang harus dihafal  dan dipahami dengan baik.

Tak ayal dengan kesulitan untuk memahami materi fisika membuat banyak pelajar yang mendapatkan nilai yang rendah pada ujian mata pelajaran fisika. Ketidakmampuan guru dalam mengemas mata pelajaran fisika menjadi sesuatu hal menarik membuat siswa semakin tidak menyukai terhadap mata pelajaran fisika.

5.Matematika

Diurutan terakhir mata pelajaran yang tidak disukai anak adalah matematika. Pada mulanya mata pelajaran matematika yang saat ini disebut berhitung masih dalam tingkat sangat mudah. Namun semakin jenjang pendidikan meningkat maka mata pelajaran matematika kian sullit ditambah dengan keharusan menghafal setiap rumus matematika yang kian banyak.

bagaimana cara agar menyukai pelajaran yang tidak disukai

Ditambah lagi diperkuat oleh stigma buruk terhadap mapel matematika di kalangan pelajar membuat banyak siswa takut dan tak menyukai mata pelajaran ini. Padahal kalau dipelajari maka mata pelajaran matematika itu  sangat  seru dan menantang.

Bagaimana Cara Agar Menyukai Pelajaran Yang Tidak Disukai?

Cara untuk membuat pembelajaran bagi anak secara efektif dan sukses bagaimanapun juga seorang anak tersebut mesti menyukai mata pelajaran yang akan dipelajarinya.Oleh sebab itu, diperlukan suatu cara agar pelajaran yang tak disukai anak menjadi disukai anak.

Berikut ini beberapa langkah bagaimana cara agar menyukai pelajaran yang tidak disukai.

1.Menyadari karakter dan kesukaan anak berbeda-beda

Hal pertama yang harus disadari oleh orangtua adalah sang anak mempunyai kepribadiannya yang berbeda dengan anak lainnya. Hal tersebut berdampak pula pada kesukaan anak pada mata pelajaran tertentu dan ketidaksukaaan anak pada mata pelajaran tertentu lainnya. Hal itu wajar kalau tidak sukanya hanya pada beberapa mata pelajaran.

2.Kemudahan dalam memahami mata pelajaran

Salah satu hal yang membuat seorang anak atau pelajar tidak menyukai mata pelajaran tertentu adalah mata pelajaran tersebut memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi dalam memahaminya dan juga sangat membosankan.

Oleh sebab itu, untuk  menghilangkan rasa tak suka pada mata pelajaran tersebut dan mengubahnya jadi rasa cinta adalah dengan mengajarkan pada anak mata pelajaran tersebut dengan cara profesional yaitu memberikan pengajaran pada mapel tersebut  secara mudah dipahami oleh anak.

pelajaran yang tidak disukai

Cara ini biasanya dapat dilakukan oleh guru les privat terdekat yang berpengalaman. Sehingga seorang anak yang tidak menyukai mata pelajaran tertentu menjadi suka dan tertarik mempelajarinya secara lengkap. Oleh karenanya, orangtua bisa mempertimbangkan untuk mengikutsertakan anak pada sebuah les privat pada mata pelajaran tersebut.

3.Melakukan berbagai teknik pembelajaran

Bagaimana cara agar menyukai pelajaran yang tidak disukai selanjutnya adalah dengan melakukan berbagai teknik dan cara berbeda dalam pembelajaran atas mapel tersebut. Hal tersebut untuk menghindari kebosanan sekaligus melihat mempelajari program studi tersebut dari kacamata yang berbeda.

Contohnya memakai pembelajaran dengan pendekatan penggunaan video pembelajaran. Keesokan hari dengan cara belajar memakai hp dan lain sebagainya.  Di hari selanjutnya bisa menggunakan teknik pembelajaran dengan cara mencatat.

Strategi Sukses Belajar Mapel Yang Tidak Disukai

Salah satu hal yang perlu dilakukan agar kesuksesan diraih oleh seorang siswa dalam menempuh pendidikan di sekolah adalah menyukai semua mata pelajaran di sekolah. Dengan menyukai mata pelajaran maka siswa akan semangat belajar pada mata pelajaran tersebut.

Namun ketika seorang siswa dihadapkan pada suatu mata pelajaran yang tak disukainya maka ada beberapa cara yang bisa dilakukannya. Berikut ini beberapa cara atau strategi sukses belajar mapel yang tidak disukai yang bisa Anda lakukan.

1.Merubah kondisi tempat pembelajaran

Karena anak tak menyukai suatu mapel disebabkan beberapa faktor seperti tingkat kesulitan materi yang tinggi maka siswa tersebut bisa mengatasinya dengan menerapkan berpindah-pindah lokasi belajar ketika pembelajaran atas mata pelajaran yang tak disukai tersebut. Hal ini berguna  untuk mencegah terjadinya kebosanan dan mendapatkan suasana baru. Sehingga siswa dapat melihat mapel yang tak disukai menjadi lebih menarik dan disukai.

Seperti contoh jika anak anda selama ini mempelajari mapel yang tak disukainya didalam kamar maka anak anda bisa mencoba mempelajari mapel yang tak disukai tersebut di sekitar museum, taman, teras rumah dan lain-lain. Kondisi tempat belajar baru akan menambah motivasi  semangat baru dalam belajar.

mata pelajaran yang paling tidak disukai siswa

2.Perlahan

Dalam belajar atas mapel yang tak disukai maka seorang pelajar bisa mempelajari mapel tersebut sedikit demi sedikit secara pelan-pelan.

3.Tak memaksakan diri

Jangan terlalu memaksakan diri untuk mempelajari mata pelajaran yang tidak disukai. Temukan alasan kuat yang membuat seorang siswa harus menyukai mapel tersebut.

4.Santai dan istirahat

Strategi sukses belajar mapel yang tidak disukai selanjutnya adalah seorang siswa harus dapat menerima kenyataan ini. Namun jangan pernah menyerah untuk menyukai mata pelajaran yang tak disukai. Salah satunya dengan menyadari bahwa mapel yang dihadapinya sekarang adalah tak disukai dan berupaya menyukainya. Lalu bersikap santai dalam mempelajari mata pelajaran yang dibenci tersebut dengan sesekali melakukan istirahat sejenak.

Pendek kata, adanya mata pelajaran yang tidak disukai di sekolah bisa menjadi salah satu faktor utama penghambat keberhasilan anak dalam dunia akademik di masa sekarang dan mendatang. Anda sebagai orang tua bisa melakukan berbagai macam cara pembelajaran untuk memastikan anak bisa menyukai semua mata pelajaran di sekolah dari asalnya tidak suka.